Geeky  Hip   

5 Selebritas Amerika yang Muncul di Komik

 
Penulis
Dimas Satrio Sudewo
10 June 2017

Para selebritas punya “panggung” buat nunjukin keahlian mereka di bidangnya masing-masing. Media punya andil dalam nunjukin sepak terjang dari para selebritas ini. Orang-orang keren ini enggak cuma hadir di televisi dan surat kabar, loh. Mereka juga muncul di komik-komik sebagai media budaya pop yang diminatin banyak orang. Siapa aja, sih, mereka? Yuk, bahas sama Viki.

 

1. Muhammad Ali

Muhammad Ali atau Cassius Clay adalah petinju kelas berat yang punya segudang prestasi. Selain dikenal sebagai petinju yang sangar, Ali adalah seorang aktivis antirasisme, loh. Petinju keren ini berkesempatan buat duet sama Superman menghadapi invasi alien jahat. Komik ini terbit pada 1978 dengan judul “Superman vs Muhammad Ali” di All-New Collector’s Edition #C-56.

Pertemuan Superman dengan Ali berawal dari Clark Kent dan rekan-rekannya dari Daily Planet yang sedang berusaha untuk mewawancara Ali yang sedang berada di Metropolis. Sebelum mulai wawancara, tiba-tiba alien datang nyerang Bumi. Singkat cerita, alien ini ngadain gelar tinju antara Superman melawan Ali buat nunjukin siapakah petinju terbaik dari planet Bumi. Menarik, ‘kan? Lebih dari itu, dalam komik ini muncul deretan para selebritas 1970-an. Di antaranya ada Frank Sinatra, The Jackson Five, dan Tony Orlando.

 

2. Eminem

Sebagai salah satu artis paling ngetop, rapper kulit putih bernama Marshall Bruce Mathers III alias Eminem sering nongol di berbagai media. Nah, di komik juga, loh. Pada 2009, Eminem nongol di komik Marvel Limited Series: Eminem/Punisher. Kisahnya, sih, tentang seorang villain bernama Barracuda yang berusaha balas dendam ke Frank Castle alias Punisher.

Di komik itu, Eminem dan rombongannya dicegat sama Punisher di tengah perjalanan pulang habis konser. Punisher secara membabi buta nembakin para kru. Eminem yang ketakutan tiba-tiba ketemu sama Barracuda yang dianggep sebagai penyelamat hidupnya. Ternyata, Punisher enggak ngincar nyawa Eminem. Mereka berdua pun berusaha nyelametin diri dari ancaman Barracuda.

 

3. John Travolta

John Travolta pernah main serial komedi sitkom yang berjudul Welcome Back,Kotter. Serial sitkom ini bercerita tentang kehidupan para siswa di sebuah kelas yang isinya beragam etnis dan ras. Welcome Back, Kotter sempet tayang di ABC-TV pada 1975. Travolta berperan sebagai seorang murid bernama Vincent “Vinnie” Barbarino.

Serial ini juga pernah diangkat ke komik, loh. Welcome Back, Kotter masuk ke DC Comics dan terbit pada November 1976 sampai dengan April 1978. Beberapa sampul dari komik ini menghadirkan karakter Vinnie yang diperanin sama Travolta. Komik ini terbit sebanyak 10 issue.

 

4. Presiden Kennedy

John Fitzgerald “Jack” Kennedy atau biasa dipanggil JFK adalah presiden ke-35 Amerika Serikat. Presiden Amerika yang dulu sempat akrab sama Presiden Soekarno ini pernah muncul di komik DC barengan sama Superman. Presiden Kennedy muncul di komik Superman #170 dalam cerita “Superman’s Mission for President Kennedy” yang terbit pada Juli 1964.

Dalam cerita yang terdiri dari 10 halaman ini, Presiden Kennedy meminta Superman buat jadi duta kesehatan jasmani bagi masyarakat Amerika, khususnya generasi muda. Gambar orisinal dari komik ini bisa ditemuin di John F. Kennedy Memorial Library yang ada di Universitas Harvard.

 

5. David Letterman

David Michael Letterman adalah pembawa acara dan komedian di Amerika. David terkenal dengan acara Late Night with David Letterman yang tayang di NBC sejak 1 Februari 1982 sampai akhirnya acara ini berakhir dengan judul Late Show with David Letterman di saluran CBS. Letterman pernah nongol di komik Avengers #239 dengan judul “The Avengers on Late Night with David Letterman”. Komik ini terbit pada Januari 1984.

Awal kisah, Wonder Man minta beberapa anggota Avengers buat ngebantuin kariernya sebagai aktor dengan ikut tampil di acara Letterman. Dalam acara tersebut, para Avengers harus berhadapan dengan musuh mereka yang bernama Fabian Stankowicz yang berusaha ngerusak acara tersebut. Mau enggak mau, Letterman bekerja sama dengan para Avengers buat ngalahin Stankowicz.

***

Kemunculan para selebritas di komik enggak hanya bikin mereka makin terkenal. Penggemar justru jadi ngerasa makin dekat sama jalan cerita. Soalnya, tokoh-tokoh yang ada di dunia nyata masuk ke fiksi favorit mereka. Nah, dari semua penampilan para selebritas di komik yang udah Viki sebutin, mana yang jadi favorit lo?