Geeky   

5 Princess Disney Terkuat yang Pernah Ada

 
Author
Iruna Ireuna
06 December 2016

Menurut lo, apa aja, sih kriteria untuk menjadi “Princess”? Kalau lihat dari film-filmnya Disney, princess alias Tuan Putri adalah gadis yang menikah sama pangeran, diselamatkan oleh pangeran, putri raja yang dijodohkan dengan pangeran tampan, dicium sama pangeran, dan… eits! Tunggu dulu. Itu cuma ada di cerita-cerita klasik, kok. Nyatanya, enggak semua Disney Princess adalah cewek-cewek yang lemah dan menunggu pangeran tampan berkuda putih datang menyelamatkan mereka. So last year banget!

Ada juga Disney Princess yang mandiri, kuat, dan punya pendirian kuat. Mereka ini enggak menunggu pangeran menyelamatkan dirinya, malah mereka yang menyelamatkan orang-orang di sekitar mereka. Dari semua Princess Disney yang pernah ada, Viki bakal kasih lima teratas Disney Princess terkuat, dilihat dari jasmani dan rohaninya. Maksud Viki, Disney Princess yang bakal Viki sebutin ini adalah karakter yang enggak cuma kuat fisiknya, tapi juga punya otak yang cerdas dan berhati besar.

 

1. Belle

Yang pertama adalah Belle dari Beauty and the Beast yang live-action-nya bakal tayang 2017 mendatang. Belle adalah gadis yang gemar membaca dan cukup kritis pada masanya. Dia bosan sama kehidupan yang biasa banget di desanya dan mau melakukan petualangan seperti dalam buku-buku yang dibacanya. Suatu hari, sang ayah, Maurice, yang mau ikut pekan raya terjebak di sebuah istana yang dihuni oleh “monster”. Maurice pun dipenjara oleh monster itu.

Belle adalah cewek yang kuat karena dia berani menyerahkan diri kepada monster itu supaya ayahnya selamat. Dia juga tampil sebagai gadis yang cerdas dan bisa dengan tegas menolak lamaran Gaston karena Gaston enggak paham kenapa Belle suka banget membaca. Belle membuka pandangan semua orang bahwa seseorang enggak bisa dinilai dari yang terlihat aja. Belle melihat kebaikan hati Beast dan akhirnya jatuh cinta. Dia adalah sosok feminis pertama dalam sejarah Disney Princess karena berani menolak seorang cowok dengan tegas, berani mengorbankan dirinya demi orang yang disayanginya, dan kritis terhadap situasi di sekitarnya.

 

2. Pocahontas

Berikutnya ada Pocahontas. Pocahontas adalah karakter dalam film Pocahontas yang dirilis pada 1995. Mengisahkan tentang seorang anak kepala suku yang merupakan penduduk asli Amerika (suku Indian). Pocahontas adalah keturunan ningrat. Meski begitu, dia sama sekali enggak sombong, berjiwa bebas, mandiri, dan menghormati arwah para leluhurnya. Pocahontas adalah pencinta alam yang senang berpetualang. Di samping itu, dia juga punya kekuatan “supranatural” yang bisa membuatnya berkomunikasi dengan alam, hewan, dan arwah.

Pocahontas adalah Disney Princess yang kuat lahir dan batin karena dia mandiri dan senang berpetualang. Dia menghormati dan mendengarkan alam. Meski jatuh cinta pada John Smith, dia tetap bisa merelakan kepergian kekasihnya itu. Pocahontas adalah Disney Princess pertama yang enggak keberatan kisah romantisnya enggak berlanjut. Dia bahkan rela mengorbankan dirinya demi John Smith. Makanya wajar kalau Pocahontas masuk dalam daftar Disney Princess terkuat dari Viki.

 

3. Mulan

Mulan adalah gadis biasa asal China. Ayahnya adalah mantan prajurit yang kakinya terluka dalam perang. Sebagai anak satu-satunya, Mulan merawat dan menjaga ayahnya dengan sangat baik. Sampai suatu ketika, datang perintah dari kerajaan untuk semua laki-laki agar bertarung demi melindungi kekaisaran dari serangan Para Hun.

Mulan yang enggak tega ayahnya ikut berperang memutuskan untuk memotong rambutnya dan pergi berperang menggantikan ayahnya. Di kamp pelatihan, Mulan bisa mengikuti porsi latihan prajurit lainnya yang semuanya laki-laki. Dengan kata lain, kekuatan Mulan enggak bisa dipandang remeh. Kekuatan Mulan enggak cuma di fisiknya aja, melainkan juga hatinya. Mulan juga bisa mengambil keputusan dalam keadaan terdesak. Pokoknya, Mulan benar-benar cewek kuat dan perkasa yang berhasil menjadi pahlawan bagi kekaisaran.

 

4. Merida

Disney Princess yang kuat berikutnya adalah Merida. Meski merupakan putri dari Kerajaan DunBroch di Skotlandia, Merida sama sekali enggak berkelakuan seperti seorang putri. Rambut keritingnya berantakan kayak enggak pernah disisir. Dia juga lebih senang berlatih memanah daripada berlatih untuk bersikap seperti seorang putri. Pokoknya, Merida sama sekali jauh dari bayangan lo terhadap seorang putri.

Merida menolak mentah-mentah saat tau dirinya akan dijodohkan dengan laki-laki dari tiga klan yang bakal bertamu ke kerajaannya. Dia ungkapkan semua pendapatnya meski itu menentang semua hal yang lumrah pada masanya. Merida membuktikan dirinya kuat melebihi laki-laki karena berhasil mengalahkan semua laki-laki dalam kompetisi memanah. Selain itu, dia juga cewek yang bertanggung jawab. Saat enggak sengaja mengubah ibu dan tiga adik laki-lakinya menjadi beruang (yang ternyata akibat dari kue yang diberikan oleh penyihir), dia bersikeras berusaha mematahkan kutukan itu.

Merida adalah salah satu Disney Princess yang enggak berakhir dengan kisah yang romantis. Dia menunjukkan bahwa setiap orang punya keunikannya sendiri. Cuma karena dia tomboy, bukan berarti dia bukan perempuan seutuhnya. Merida mengajarkan kepada kita semua bahwa menjadi diri sendiri bukanlah suatu kesalahan, meski berbeda dengan yang lainnya. Jago memanah, berani menyampaikan pendapat, dan kritis terhadap keadaan membuat Merida layak dinobatkan sebagai Disney Princess terkuat.

 

5. Moana

Save the best for the last. Meski belum resmi menjadi bagian dari Disney Princess, Moana sudah mencuri perhatian banyak orang, sama kayak Elsa. Ditambah lagi kesuksesan filmnya bisa jadi faktor penentu yang bakal bikin Moana Waialiki jadi bagian dari Disney Princess. Moana adalah cewek 16 tahun yang bersemangat, penuh rasa ingin tau, dan penasaran sama peran yang mesti dia jalani. Dia bukan tipikal cewek yang mempermasalah soal pernikahan. Sebagai anak kepala suku, sejak awal dia sudah mengemban tanggung jawab besar sebagai pewaris tahta. Jadi, dia cukup bijaksana untuk menyelesaikan berbagai masalah di sukunya.

Selain pemikirannya yang bijaksana, Moana juga punya jiwa petualangan yang berasal dari nenek moyangnya. Moana merasa dirinya memang seharusnya berada di laut, sebagai penjelajah samudra dan pencari jalan. Akan tetapi, untuk membuktikan itu, dia harus melalui perjalanan yang penuh rintangan bersama Maui.

Moana sejak awal enggak mau dirinya dipanggi “Tuan Putri”. Dia juga sama sekali enggak menunjukkan ketertarikan terhadap lawan jenis, sama kayak Merida. Selain itu, dia adalah pemimpin bagi sukunya, orang pertama yang membuka kembali jalan bagi sukunya untuk kembali menjadi penjelajah. Moana menjalankan perannya di masyarakat dan keluarganya dengan sangat baik. Dia adalah figur cewek yang mandiri, enggak gampang menyerah, mampu bertahan di berbagai situasi sulit, dan punya pendirian kuat. Jadi, enggak salah, donk, kalau Moana Viki nobatkan sebagai Disney Princess terkuat?

***

Belakangan, rasanya Disney enggak mau menampilkan karakter heroine (karakter utama cewek) yang cuma bermodalkan kecantikan. Lihat aja Merida yang ahli memanah, Mulan yang bertarung demi ayahnya, dan Moana yang berani mengarungi samudra demi menolong warganya sekaligu mencari jati dirinya. Nah, kalau menurut lo, masih ada lagi enggak karakter Disney Princess lainnya yang cukup kuat lahir dan batin untuk dimasukkan ke dalam daftar Viki? Berbagi sama Viki, ya!