Geeky   

5 Kreasi Penggemar Stranger Things Paling Keren

 
Penulis
Anestya Pramana
22 December 2016

Sebagai serial Netflix dengan jumlah rata-rata penonton terbanyak ketiga setelah Fuller House dan Orange is the New Black, angka yang diperoleh oleh Stranger Things sebenarnya fantastis banget untuk ukuran mini series baru. Bisa dibilang, penampilan perdana ini sangat menjanjikan untuk kelanjutan serial ini ke depannya. Jadi, para penggemar Stranger Things pun bisa bergembira. Apalagi, season 2 sudah dikonfirmasi akan ada dan akan dimulai produksinya sebentar lagi. Gimana, reaksi lo? Pasti sudah enggak sabar ya lihat kelanjutan serial ini? Daripada KZL karena nunggu kelamaan, mendingan sambil simak 5 Tribute to Stranger Things yang keren-keren di bawah ini.

 

1. Stranger Things - 8 Bit Cinema by CineFix

Sebagai channel tentang dunia perfilman dengan jumlah subscriber hampir mencapai dua juta pengguna, bisa dibilang CineFix adalah salah satu Youtube channel paling aktif dalam pembahasan mengenai film dan serial yang lagi hot. Tentu aja, mereka enggak mau ketinggalan membahas serial Netflix yang lagi booming ini. Di video dengan konsep 8-bit yang mereka unggah, delapan episode Season 1 Stranger Things dirangkum dalam cerita berdurasi empat menit dan dikemas dalam bentuk game retro. Cara mereka menggambarkan kejadian-kejadian di serialnya lucu dan detail, ditambah dengan konsep visual yang terinspirasi sama grafik 8-bit game-game jadul, cocok banget sama latar waktu di serial ini. Sambil nonton, pasti lo langsung nostalgia zaman-zaman suka main Mario Bros di Nintendo dulu.

 

2. Stranger Things demo/tribute game by Infamous Quests

Kalau yang tadi bentuknya video, ternyata ada juga loh developer game independen yang terilhami untuk bikin game dari kisahnya Eleven dkk. Dengan konsep yang tentu saja enggak jauh-jauh dari nuansa retro, developer Infamous Quests mengembangkan sebuah demo game dari episode pertama di season 1, yaitu scene dimana kepala polisi Jim Hopper bersama para bawahannya dan guru fisika dari Hawkins Middle School, Mr. Clarke pergi ke hutan untuk mencari kemana perginya Will Byers. Game ini berbentuk point-and-click, dimana kita bisa menginvestigasi benda-benda disekitar Hopper dan berinteraksi dengan karakter lainnya. Game ini juga mengadopsi sistem dialog alternatif, yaitu tersedia banyak pilihan kalimat yang bisa kita pakai untuk bertanya pada karakter lain dan akan diberikan respon-respon untuk dianalisis dan bakal berguna di stage selanjutnya. Sayang, namanya juga cuma demo, jadi baru satu secene ini aja yang sudah diangkat ke gamenya. Doain aja, respon positif yang didapat oleh Infamous Quests bakalan membuat mereka bisa produksi full game!

 

3. Hernameiseleven.com

Sebagai bukti rasa cintanya terhadap serial yang sukses bikin Eggo Waffle jadi makanan ikonik, seorang desainer grafis terkenal bernama Nigel Evan Dennis bikin tribute online yang bisa diakses di alamat di atas menggunakan nama sang protagonis dengan kemampuan telekinesis, hernameiseleven.com. Situs tersebut berisi trivia-trivia menarik mengenai hal-hal yang ada di Stranger Things, mulai dari fakta tentang program MKUltra yang ternyata dijalankan oleh CIA dan betulan pernah ada, sampai penjelasan tentang Upside Down kalau lo belum paham pas Mr. Clarke jelasin tentang dunia paralel tersebut ke Mike, Dustin, dan Lucas. Tapi, itu bahkan bukan fokus utama dari situs ini. Dennis mengemas tulisan-tulisan tersebut dengan visual yang simpel, tapi menarik dan mudah diingat. Desainnya yang lucu-lucu di situs tersebut juga doi buat ke bentuk poster dan dijual langsung disitu lho! Masing-masing poster dihargai 75 dolar AS. Hmm, selain kreatif ternyata bakat bisnis juga ya si Mz Dennis ini.

 

4. R.I.P Barb - A Stranger Things Tribute by Dr.Chorizo

(Awas Spoiler!) Video di bawah ini memang konyol dan bakal bikin lo geleng-geleng kepala keheranan sambil berpikir, kok banyak ya hal random yang terjadi di internet. Dari judulnya aja, sudah ketebak kan siapa tokoh yang dibahas di video ini. Barbara Holland, atau biasa dipanggil Barb di serial ini. Dia adalah salah satu karakter pendukung yang—meskipun nasibnya berujung tragis di season 1—tanpa disangka menuai banyak banget tanggapan positif dari netizen. Menurut statistik yang dikeluarkan oleh vocativ.com, Barb adalah karakter yang paling banyak di-tweet kedua setelah Eleven. Kenapa, sih, dia bisa populer banget? Bahkan, tagar #WeAreAllBarb sempat jadi trending topic di Amerika Serikat.

Barb adalah sahabat dari Nancy Wheeler. Dialah yang selalu mengingatkan kalau Nancy enggak perlu berhenti jadi dirinya sendiri untuk pacaran sama si berandalan, Steve. Dia jugalah yang setia menemani Nancy. Bahkan, setelah berantem dan ditinggal pergi karena Nancy lebih milih buat pacaran dibanding dengerin nasihat sahabatnya, Barb tetap setia. Kebaikan hatinya akhirnya menuntun Barb ke ajalnya setelah ditarik oleh si monster ke Upside Down. Jadi, meskipun Barb orang yang baik, dunia enggak adil sama dia, dan netizen merasa karakter Barb lebih mewakili kehidupan orang banyak dibanding karakter yang lainnya. Dari situlah akhirnya orang-orang sayang banget sama dia sampe channel Youtube dengan nama Dr.Chorizo mengunggah lagu khusus untuk mengenang cewek ini. Sambil nonton videonya, mungkin perasaan lo bakal nano-nano. Pengen sedih kalau ingat scene di serialnya, tapi juga pengen KZL dan di saat bersamaan geli sama tingkah duo rapper yang menyanyikan lagu ini. Akan tetapi, yang paling penting lo tetap harus mendoakan dia juga; Rest in Peace, Barb.

 

5. Instalasi Stranger Things di Pekan Misteri oleh Toko Misteri x Manual Jakarta

Tinggal DUA hari lagi untuk menyaksikan PEKAN MISTERI, sebuah pameran yang dipersembahkan oleh Toko Misteri dan @manualjakarta. Yang belum mampir, silakan sambangi markas Toko Misteri mulai dari jam 11 siang hingga 6 sore. Anda bisa melihat inspirasi berbusana ala lima karakter ikonik dari film dan acara televisi populer yang disajikan dalam bentuk instalasi kurasi antar brand-brand lokal pilihan. Simak aksi kolaborasi antara @argyleandoxford serta @havehad dalam mewujudkan sosok misterius Eleven dari serial televisi Stranger Things melalui perpaduan antara terusan pendek dan jaket serta sepatu putih, dan tidak ketinggalan tentunya Eggo Waffles kesukaannya Eleven! #tokomisteri #blokm #melawai #argyleandoxford #havehad #elevenstrangerthings

A photo posted by Toko misteri (@tokomisteri) on

Nggak ketinggalan dengan bule-bule di luar sana, para penggemar Stranger Things basis ibukota tentu enggak mau ketinggalan dong. Hal ini salah satunya diekspresikan di kegiatan Pekan Misteri yang diadakan oleh Toko Misteri bekerjasama dengan Manual Jakarta. Seperti dikutip dari Instagram resmi Toko Misteri, acara ini diadakan di ‘markas’ Toko Misteri yang terletak di Melawai sebagai tribute kepada beberapa karakter yang dianggap ikonik dari film dan serial televisi populer. Salah satu dari beberapa karakter itu, siapa lagi kalau bukan favorit para penggemar, yaitu Eleven yang dimainkan oleh aktris cilik Millie Bobby Brown.

Pada instalasi Stranger Things di pameran yang dilangsungkan pada tanggal 29 Oktober sampai 6 November lalu, dipajang benda-benda yang identik sama Eleven. Disana dipajang pakaian dari brand-brand lokal ternama yang terinspirasi oleh pakaian Eleven di layar kaca. Jaket biru dan gaun pendek putih dari brand pakaian Argyle & Oxford serta sneakers putih dari brand sepatu Havehad bisa jadi inspirasi buat lo yang pengen banget menunjukkan jati diri asli lo, yaitu seorang psikokinesis cilik. Tapi, setelah semua itu, masih merasa kurang mirip juga sama Eleven? Mungkin instalasi ini bisa menginspirasi lo buat hunting Eggo, produk waffle beku cepat saji favoritnya si El biar maksimal usaha lo buat kelihatan kayak dia.

***

List diatas baru sedikit dari banyak banget kreasi para penggemar Stranger Things yang keren-keren, dan jelas mereka semua nasibnya pasti sama kayak lo yang enggak sabar nunggu season 2 keluar. Nomor berapa karya favorit lo?