Geeky   

5 Hal yang Bikin The Crown Patut Ditonton

 
Penulis
Iruna Ireuna
12 January 2017

Kehidupan The Royal alias keluarga Kerajaan Inggris memang selalu seru untuk diperhatikan. Bahkan, bisa jadi pamornya mengalahkan pamor The Kardashian yang drama banget. Saking populernya mereka, pernikahan Kate Middleton dan Pangeran William bahkan jadi sorotan seluruh Dunia. Sebelumnya, pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles juga menjadi sasaran jutaan pasang mata.

Film dan novel yang menyebutkan Kerajaan Inggris pun ada banyak banget. Yang belum lama ini tayang di bioskop adalah The BFG alias “Big Friendly Giant” yang diadaptasi dari novel Roald Dahl. Keluarga Kerajaan Inggris memang begitu dicintai oleh rakyatnya. Makanya, saat ada serial televisi yang membahas kisah The Royal, wajar aja kalau serial itu langsung jadi hits. Ya, yang Viki maksud enggak lain adalah serial The Crown.

Dibintangi oleh Claire Foy sebagai Ratu Elizabeth dan Matt Smith sebagai Pangeran Philip, serial The Crown ditayangkan di Netflix pada 4 November 2016 lalu. Terdapat 10 episode, masing-masing 1 jam, yang semuanya tayang pada hari yang sama. Hasilnya, The Crown benar-benar jadi pusat perhatian banyak orang, bahkan menuai komentar positif dari banyak pengamat film.

The Crown sudah dipastikan bakal punya 60 episode yang bakal dibagi dalam 6 season. Season 1-nya sudah selesai, lo masih bisa melihat season berikutnya sampai selesai yang tentunya bakal menampilkan pasangan Kate Middleton dan Pangeran William. Ya, The Crown dikabarkan memang bakal menyorot kehidupan Ratu Elizabeth sejak 1947—sekarang. Season 1-nya baru mengisahkan dari 1947—1955, jadi masih banyak yang belum diungkapkan!

The Crown ini memang keren banget, sih. Buat lo yang belum nonton, lo harus nonton segera. Viki kasih tau aja alasannya kenapa lo wajib banget nonton serial ini.

 

1. Semua hal tentang Kerajaan Inggris

Seperti yang sudah Viki bilang sebelumnya, film ini memang menyoroti kisah kehidupan Ratu Elizabeth II dari 1947—sekarang. Namun, lebih jauh lagi, sebenarnya The Crown ini benar-benar mengisahkan semua kisah yang terjadi di Kerajaan Inggris, loh. Serial ini ngasih lo informasi baru yang belum pernah lo lihat sebelumnya dari keluarga kerajaan. Kalau selama ini yang lo lihat adalah keluarga kerajaan yang kelihatannya sempurna, di serial ini lo bakal lihat bahwa mereka juga manusia. Mereka enggak tanpa cacat seperti yang selama ini lo lihat. Tapi, ini bukan hal yang buruk karena lo bakal diajak untuk melihat keluarga kerajaan sebagai manusia biasa yang merasakan emosi, cinta, dan intrik dalam keluarga.

 

2. Kisah cinta Ratu Inggris? Siapa yang enggak mau tau?

Kisah cinta antara putri dan pangeran mungkin selama ini cuma ada dalam dongeng, padahal ada Ratu Inggris yang kisah cintanya bisa dibilang romantis. Pernikahan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip bertahan sampai 69 tahun, loh. Lo pasti membayangkan gimana caranya pernikahan mereka bisa awet banget. Nah, di The Crown benar-benar ditampilkan momen yang manis antara Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. Bahkan, kesulitan mereka sebelum Putri Elizabeth jadi ratu juga ditunjukkan di film ini. Enggak ketinggalan, ada juga hubungan rahasia Putri Margaret (Vanessa Kirby) dan Kapten Peter Townsend. Semuanya enggak luput ditampilkan apa adanya, dengan sedikit bumbu drama. Lagi pula, siapa yang enggak suka drama percintaan?

 

3. Keluarga kerajaan selalu fashionable

Kate Middleton bukan satu-satunya anggota keluarga Kerajaan Inggris yang fashionable. Di serial ini, lo benar-benar bakal dimanjakan sama mahkota penuh pertama, berlian, dan gaun sutra penuh renda. Pokoknya, benar-benar khas keluarga kerajaan banget. Selain itu, bukan cuma Ratu Elizabeth II yang tampil gemerlap dengan gaun putih indah saat pesta pernikahannya. Lo juga bisa melihat Putri Margaret memakai gaun yang indah banget cuma untuk makan malam keluarga atau acara sosial. Buat lo yang suka fashion, serial ini bakal memanjakan mata lo. Viki juga yakin lo bakal ternganga kalau tau budget untuk serial 10 episode ini sampai 100juta Poundsterling atau sekitar Rp1,6 triliun!

 

4. Penuh peristiwa bersejarah

Kalau lo mau belajar sejarah Kerajaan Inggris mulai dari masa Ratu Elizabeth II, lo bisa dapatkan di serial ini. The Crown memang berusaha sebisa mungkin memberikan drama dokumentasi tentang Kerajaan Inggris pascaperang dunia kedua. The Crown menjanjikan serial yang mampu mengungkapkan detail kehidupan Kerajaan Inggris, yang selama ini mungkin cuma diketahui sebagian orang, menjadi sebuah drama yang menarik.

Lo enggak cuma bisa melihat megahnya pernikahan Ratu Elizabeth II (saat itu masih bergelar Putri) dengan Pangeran Philip. Di serial ini, lo benar-benar bisa melihat “bagian dalam” dari tempat paling populer di Dunia, yaitu Buckingham Palace. Enggak cuma itu, di serial ini juga digambarkan berbagai intrik, kisah cinta orang-orang kerajaan, dan peristiwa-peristiwa besar yang terjadi dalam paruh kedua abad ke-20 di Inggris.

 

5. Karya sutradara kece

Peter Morgan bukan orang baru di dunia perfilman, khususnya di Inggris. Dia menyutradarai banyak film dan juga serial televisi. Hal ini membuatnya ditempatkan oleh The Telegraph di urutan ke-28 dalam “The 100 Most Powerful People in British Culture”. Pada 2006, dia menyoroti kisah kematian Putri Diana yang menempatkannya dalam nominasi Academy Award dan membuatnya memenangkan Golden Globe. Bisa dibilang The Crown memang bukan karya pertamanya yang mengisahkan tentang keluarga Kerajaan Inggris. Selain itu, ini juga bukan film biografi pertamanya sehingga wajar kalau The Crown jadi hits banget dan menuai banyak kritikan positif. Keren!

***

Semoga season berikutnya segera tayang, ya. Yang pasti lo bakal belajar banyak tentang sejarah Kerajaan Inggris pascaperang dunia kedua dari serial ini. Sekali lagi Viki tanya, siapa yang enggak suka kehidupan Kerajaan Inggris? Everybody loves it!