Geeky   

4 Komik Creepy Ini Bakal Bikin Lo Dihantui Kegelisahan

 
Penulis
Intan Kirana
09 March 2017

Komik biasanya lekat sama dunia anak-anak. Maklum, komik lebih didominasi oleh gambar ketimbang tulisan, makanya media itu cocok buat hiburan anak-anak yang baru belajar membaca atau belum punya kosa kata beragam. Akan tetapi, siapa bilang komik itu cuma buat anak-anak? Banyak komik yang disukai orang dewasa dan banyak juga komik yang memang khusus dibuat untuk orang dewasa. Bukan cuma manga hentai, loh. Komik bernuansa gelap (noir, bahasa kerennya) dan cenderung bersifat surealis juga ditujukan buat pembaca dewasa.

Alih-alih bahagia, setelah baca komik bernuansa gelap ini, lo akan merasa kosong, bingung, (mungkin) jijik, dan menganggap kalau hidup lo selama ini lebih baik. Lantas, apa aja komik-komik surealis dengan kenyataan yang enggak biasa dan dikhususkan buat orang yang punya mental kuat?

 

1. Deep Dark Fears

Komik yang dibuat oleh Fran Krause ini memang punya gambar-gambar yang manis. Sekilas, terlihat cocok banget buat pendidikan anak-anak. Sayangnya, anak-anak histeris dan mentalnya bisa terguncang kalau baca komik ini.

Komik ini berisi tentang ketakutan-ketakutan terbesar manusia yang bisa terjadi saat melakukan kehidupan sehari-hari. Analoginya begini. Pernah enggak waktu lo lagi membersihkan telinga pakai cotton bud, lo berpikir bagaimana kalau lo enggak sengaja dikagetin sama orang dan cotton bud-nya memecahkan gendang telinga lo? Atau waktu lo lagi motong bawang, lo takut pisaunya malah memotong jari lo. Kayak gitu deh kira-kira yang mau disampaikan sama komik ini.

Nah, salah satu panel komik paling terkenal dari Fran Krause adalah panel lidah yang terpotong. Ada seorang anak yang ketakutan kalau dia terpeleset, enggak sengaja lidahnya kemudian kegigit lalu terpotong. Pas mau menelepon polisi, pihak tersebut tak dapat memahami apa yang sedang terjadi padanya karena bicaranya jadi enggak jelas. Males banget kan? Enggak cuma itu aja, masih ada panel-panel lain yang enggak kalah menjijikkan dan bikin kita kadang-kadang ketakutan sendiri.

 

2. Sir Joan Cornella

Lelaki tanpa nama yang sering jadi tokoh utama di komik-komik Sir Joan Cornella ini memang senantiasa tersenyum di setiap penampilannya. Tapi kalau lo lihat lebih dalam lagi, niscaya lo akan menemukan bahwa senyuman lelaki ini tuh creepy.

Keanehan lelaki ini pun juga serupa dengan keanehan setiap kejadian dari panel-panel komik besutan Sir Joan Cornella, yang berasal dari Spanyol ini. Keanehannya banyak didominasi sama cerita yang berkaitan dengan kelamin atau rusaknya bagian tubuh tertentu. Hampir sama kayak Happy Tree Friends dengan bola mata yang lepas dan menggelinding entah ke mana, serta menyebabkan kekacauan besar. Anyway, sedikit panel komik Joan Cornella ini bisa lo nikmati di Isatagram @sirjoancornella.

 

3. Hideo Yamamoto - Homonculus

Hideo Yamamoto adalah komikus yang terkenal dengan serial komik Ichi The Killer. Seperti judulnya, Ichi The Killer memang punya nuansa yang gelap dan cenderung dipenuhi darah. Maklum, komik ini menceritakan sesosok mesin pembunuh.

Namun, jangan salah. Ichi The Killer bukan komik Yamamoto yang paling creepy. Homonculus lah yang paling creepy. Gimana enggak. Komik ini bercerita tentang seseorang yang tengkoraknya dibor dan setelah itu dia bisa punya extrasensory perception alias indra keenam: melihat berbagai makhluk halus, memindahkan objek dan hal-hal lain sebahainya. Kenapa kok Susumu Nakoshi, tokoh di film ini bersedia otaknya dibor? Rupanya dia dapat iming-iming uang yang besar dan juga rayuan kalau setelah otak dibor, maka aliran darah pun bisa lebih lancar dan dia akan punya kemampuan lebih.

Karena berkaitan dengan makhluk halus dan hal-hal lain yang berada di luar jangkauan mata orang normal, wajar sih kalau suasana komik ini jadi creepy banget. Menurut Viki, bacalah komik ini kalau lo memang doyan sama cerita-cerita model begini atau pas lo lagi punya suasana hati yang bagus.

 

4. Semua komik di “Friday: Forbidden Tales”

Komik-komik yang ada di LINE memang beragam. Salah satunya adalah kumpulan komik yang ada dalam grup Friday: Forbidden Tales. Sesuai dengan namanya, komik-komik ini diterbitkan pada hari Jumat di LINE.

Dan masih sesuai dengan namanya, komik-komik ini memang bercerita tentang kisah-kisah yang malesin abis. Kata creepy kayaknya enggak cukup buat menggambarkan komik-komik ini. Horor juga enggak cukup. Gimana ya. Kumpulan komik ini enggak cuma bercerita tentang hantu-hantu atau kejadian supranatural di dunia kita. Tapi juga tentang pikiran terburuk umat manusia, kebanyakan tentang kegelisahan eksistensial mereka di dunia ini, juga tentang cara-cara terjahat yang bisa mereka lakukan untuk bertahan hidjp.

Oh ya, kebanyakan tokoh utama di komik-komik ini adalah mereka yang putus asa, ataupun yang enggak pernah puas sama hidup mereka. Itulah alasan kenapa mereka akhirnya "dikerjain" sama hidup. Anyway, komik-komik di grup ini memang bagus banget. Akan tetapi, mungkin abis baca, lo akan merasa kayak ada sesuatu yang ngikutin lo dari belakang.

***

Komik-komik di atas merupakan komik berkualitas. Komik di atas enggak Viki rekomendasiin kalau lo abis patah hati, gagal ujian, gagal meraih apa yang lo inginkan, atau abis berantem sama teman dekat. Kenapa? Karena jiwa lo bisa terguncang dan lo bakal semakin merasa bahwa hidup ini amatlah keja