Geeky  Character   

10 Robot Gundam dengan Desain Konyol

 
Author
Tanri Raafani
10 August 2017

Kalau ngomongin Gundam, pastinya lo bakal ngebayangin robot berteknologi canggih yang superkuat. Gundam sendiri saat ini udah berusia hampir 40 tahun. Artinya, udah ada ratusan robot Gundam dengan desain yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

via GIPHY

Banyak robot Gundam yang punya desain keren dan selalu jadi langganan kolektor Gunpla. Sayangnya, ada juga sebagian kecil yang terlupakan karena desainnya yang konyol. Bahkan, kita enggan mengakui mereka sebagai robot Gundam.

Nah, Viki bakal bahas sejumlah robot Gundam yang punya desain konyol (meski Gundam ini canggih atau kuat banget). BTW, daftar ini enggak termasuk mobile suit selain Gundam kayak Zogok atau Big Zam, yak. Langsung aja kepoin, deh!

 

1. Gundam Zeta-Zaku

Zeta dengan kepala Zaku? Jangan pikir bahwa Gundam ini cuma bisa lo lihat dalam bentuk kitbash (gabung-gabungin satu bagian Gunpla dengan Gunpla lain). Zeta-Zaku muncul dalam seri anime Gundam Mobile Suit ZZ Gundam. Dalam pertarungan melawan pasukan Neo Zeon, Gundam ini tertembak sehingga kepalanya hancur. Sayangnya, A.E.U.G kekurangan suku cadang buat memperbaiki kepala Zeta. Pada akhirnya, kepala Zaku digunain sementara sebagai kepala Zeta. Entah kenapa, kepala Zaku yang dipilih berwarna hijau. Jadinya enggak cocok banget, ‘kan?

 

2. Gundam Turn-A

Gundam ini punya reputasi sebagai salah satu yang paling kuat. Bayangin aja, Gundam ini diperkuat generator DHGCP yang bekerja layaknya black hole. Gundam Turn-A juga bisa menggunakan bom nuklir dan ngeluarin sayap yang bikin Gundam ini jadi makin kuat. Sayangnya, tampang Gundam Turn-A malah kebalikan dari kekuatan hebatnya. Sebenarnya, enggak ada yang salah dari penampilan Gundam ini, asalkan kepalanya enggak menggunakan kumis raksasa. Kumis besi ini malah membuatnya terlihat seperti Edward Newgate alias Shirohige dalam komik One Piece. Selain itu, desain kokpit yang ada di bagian bawah perut juga membuatnya makin konyol.

 

3. Gundam Gusion

10 Robot Gundam dengan Desain Konyol

Di antara Gundam konyol lainnya, Gundam Gusion termasuk yang paling baru. Dia baru muncul dalam seri Gundam terbaru Gundam Iron-Blooded Orphans. Gusion awalnya hanya berbentuk kerangka yang hancur setelah perang Calamity. Sebuah grup bajak laut yang dipimpin sama Kudal Cadel menemukannya dan memperbaiki Gusion dengan menambahkan baju tempur dan perisai tebal. Sayangnya, di saat Gundam ini punya daya bertahan yang kuat, kostum dan perisai tebalnya malah bikin Gusion terlihat jadi mirip kura-kura. Kalau lo perhatiin lagi, desain kepalanya juga lebih mirip kepala kodok.

 

4. Gundam Jester

Sesuai namanya, Gundam yang muncul dalam seri anime Mobile Fighter G Gundam ini punya wujud kayak badut. Sayangnya, ide buat bikin Gundam yang desainnya terinspirasi dari badut ini bukanlah ide bagus. Gundam Jester malah terlihat konyol dengan tangan dan kaki yang elastis. Lebih anehnya lagi, Gundam ini bisa bertransformasi menjadi "Top Mode" yang membuatnya terlihat seperti gasing. Enggak cuma berubah wujud, mode ini juga bikin Gundam Jester mampu ngeluarin kemampuan berputar ala gasing yang bikin musuhnya jadi bingung.

 

5. Gundam Hurricane

Negeri Belanda selalu identik dengan kincir angin. Mungkin hal inilah yang jadi inspirasi kreator Mobile Fighter G Gundam buat bikin Gundam dari Belanda dengan desain yang berbentuk kincir angin. Yap, beneran, guys. Gundam ini punya wujud yang enggak lebih dari kincir angin dengan tambahan kepala, tangan, dan kaki robot. Kincir yang terletak di dada Gundam ini berfungsi buat ngumpulin energi buat nembakin meriam. Enggak hanya itu, kincir ini juga berfungsi bikin Gundam ini bisa terbang dengan diletakkan di bawah kaki. Wow banget!

 

6. Gundam Mandala

Lagi-lagi, Mobile Fighter G Gundam punya Gundam dengan desain aneh nan konyol. Gundam ini diceritain sebagai wakil dari negara Nepal. Entah kenapa, desain Gundam ini berbentuk seperti lonceng dengan tangan berbentuk bola berwarna merah (yang sebenarnya enggak ada hubungannya sama negara Nepal). Gundam ini juga enggak punya kaki sehingga bikin dia enggak gesit meski punya daya tahan yang cukup kuat.

 

7. Gundam Zebra

Mobile Fighter G Gundam ini bercerita tentang dunia baru yang diisi kompetisi pertarungan Gundam antarnegara. Makanya, robot-robot Gundam yang ada di seri anime ini punya desain yang identik dengan ciri khas negaranya masing-masing. Salah satu contohnya adalah Gundam Zebra dari negeri Kenya yang diidentikkan dengan zebra. Desain Gundam ini juga terinspirasi dari pakaian adat suku Afrika, lengkap dengan motif belang-belangnya. Gundam ini sebenarnya lebih pas dibilang unik dibanding konyol. Sayangnya, penggunaan perisai bahu berbentuk kepala zebra lengkap dengan kupingnya ini patut dipertanyakan.

 

8. Gundam Tequila

Meksiko sering kali diidentikkan dengan sombrero, gurun berpasir yang dihuni kaktus, dan minuman keras. Makanya, Gundam perwakilan Meksiko dalam Mobile Fighter G Gundam punya nama Tequila dengan wujud seperti orang Meksiko bertopi sombrero. Sebenarnya, dari segi desain, Gundam ini kelihatan sangar dengan duri-duri ala kaktus. Sayangnya, penggunaan sombrero serta mulut bergaris seperti kumisnya malah bikin Gundam ini terlihat konyol.

 

9. Gundam Toro

Lo enggak perlu heran kalau robot-robot Gundam dari Mobile Fighter G Gundam ini dominan banget di daftar Gundam bertampang konyol. Ide buat bikin Gundam berdesain ciri khas negara-negara di dunia sebenarnya unik dan kreatif. Sayangnya, alih-alih terlihat keren dan sangar, kebanyakan desain Gundam dalam anime ini malah jadi terlihat konyol. Contoh Gundam konyol dari Mobile Fighter G Gundam lainnya adalah Toro atau Matador Gundam. Yap, sesuai namanya, Gundam ini berwujud seperti kepala banteng yang punya kepala Gundam, tangan, dan kaki. Sebenarnya, desain kepala banteng ini bikin Gundam Matador terlihat sangar. Sayangnya, cincin di hidung banteng serta tambahan ekor bikin Gundam ini terlihat aneh. Pastinya, lo tahu, dong, Gundam ini jadi perwakilan negeri apa.

 

10. Gundam Mermaid

Yap, Mobile Fighter G Gundam juara banget dalam soal kekonyolan. Di antara robot-robot Gundam konyol lainnya, Gundam Mermaid adalah yang paling konyol dan terlihat paling mengerikan. Gundam ini enggak lebih dari Gundam yang memakai kostum ikan dengan kaki selam. Belum lagi aksesoris berbentuk sirip yang menghiasi Gundam ini. Lebih buruknya lagi, Gundam ini juga lemah, terutama jika dia enggak berada di air.

***

Di antara robot-robot Gundam berwujud konyol ini, mana menurut lo yang paling konyol dan enggak pantas mengemban nama Gundam? Atau, adakah Gundam konyol lainnya yang Viki lewatin di daftar ini? Bagi pendapat lo di kolom komentar, ya!