Geeky  Movie & TV Series   

10 Mobil Ikonis dalam Film dan Serial TV

 
Author
Tanri Raafani
28 July 2017

Sering kali kita dengar istilah “mobil impian”. Istilah ini sendiri sebenarnya bisa punya dua makna. Pertama adalah mobil keren yang selalu jadi impian kita sejak kecil dan masih ada peluang bagi kita buat memilikinya. Misalnya Rolls Royce, Lamborghini Veneno, atau Bugatti Chiron. Mobil impian juga bisa bermakna mobil yang cuma jadi impian alias cuma bisa didapat dalam angan-angan. Biasanya, imajinasi dan kreativitas bermain di sini.

Pastinya, lo pernah berimajinasi punya mobil terbang atau mobil yang bisa menyelam. Nah, ada segelintir orang yang punya kreativitas tinggi dan nyalurin imajinasi akan mobil impiannya ke dalam film, serial TV, atau pun game. Hasilnya, imajinasi mereka akan mobil impian disukai banyak orang dan terus diingat hingga jadi legenda.

Di antara banyak mobil fiksi yang ada di film atau serial TV, Viki bakal pilih 10 mobil fiksi yang paling ikonis dan punya tempat di hati pencinta mobil atau pun film dan serial TV. Cekidot.

1. Lightning McQueen (Cars)

Lo pastinya tahu betul sama Lightning McQueen kalau suka nonton film animasi. Enggak diraguin lagi kalau mobil ini adalah mobil terbaik di semua film animasi. Yap, Lightning McQueen adalah si mobil merah yang bisa berbicara dan ikon film animasi buatan Pixar, Cars. Karakter ini sendiri terinspirasi dari gabungan tiga mobil, yakni mobil balap NASCAR, Chevrolet Corvette, dan Dodge Viper.

via GIPHY

2. Flintmobile (Flintstones)

via GIPHY

Sebenarnya, Flintmobile enggak pantas masuk daftar ini karena mobil ini bukanlah mobil sungguhan. Akan tetapi, hal ini jadi enggak masalah karena mobil ini digambarin berada di zaman batu. Yap, mobil yang sering digunain keluarga Flintstones ini enggak digerakin sama mesin atau pun binatang. Flintmobile digerakin sama kaki orang yang mengendarainya. Bayangin aja, deh, jalan aja udah capek, apalagi jalan ditambah sambil nenteng mobil yang beroda batu ini?

via GIPHY

3. Herbie – (The Love Bug, Herbie: Fully Loaded)

Buat lo yang lahir di era 1990/2000-an, lo mungkin kenal mobil ini dari filmnya Lindsay Lohan, Herbie: Fully Loaded. Aslinya, Herbie pertama kali muncul sebagai ikon dalam film The Love Bug. Mobil ini juga digambarin bisa jalan sendiri dan lebih ngebut dibanding mobil-mobil balap. Tetap aja, sih, harus diakuin kalau pesona VW Kodok alias Volkswagen Beetle ini jadi faktor utama kenapa semua orang kenal sama Herbie.

via GIPHY

4. Optimus Prime (Transformers)

Siapa, sih, yang enggak kenal sama Optimus Prime? Meski aslinya dia bukan mobil dan selalu berubah-ubah model, pencinta film, khususnya penggemar Transformers, pasti enggak bisa lepas dari truk yang jadi wujud mobilnya Optimus Prime. Coba aja lo tanya penggemar Transformers. Sebagian dari mereka enggak tahu sama model asli truk yang selalu berwarna biru dengan motif api berwarna merah ini.

via GIPHY

5. Bumblebee (Transformers)

Thanks to Michael Bay, Transformers sukses masukin dua mobil ke daftar yang Viki buat ini. Yap, selain Optimus Prime, Transformers punya karakter robot kesayangan lainnya. Enggak lain dan enggak bukan ialah Bumblebee. Harus diakuin, karakter Bumblebee punya hal yang bikin dia lebih disukain penggemar Transformers. Bumblebee yang selalu jadi sosok pelindung karakter utama manusia di film Transformers bikin sosoknya selalu diingat. Akan tetapi, hal yang selalu diingat adalah transformasi dari robot menjadi mobil yang kece abis, yaitu Chevrolet Camaro berwarna kuning.

via GIPHY

6. The Tumbler (The Dark Knight)

As you know, The Tumbler adalah salah satu dari banyak Batmobile yang ada di film Batman. Namun, The Tumblr ini punya pesona yang bikin mobil ini jadi satu-satunya Batmobile yang masuk ke daftar ini. Pertama, The Tumbler adalah Batmobile yang muncul di trilogi Batman superepik garapan Christopher Nolan. Kedua, The Tumbler punya sosok yang lebih garang dan terkesan lebih "cowok" dibanding Batmobile lainnya.

via GIPHY

7. The Mystery Machine (Scooby Doo)

Kalau Lightning McQueen jadi mobil film animasi paling ikonis, The Mystery Machine jadi yang terbaik di serial animasi. Yap, buat yang lahir di zaman 1990/2000-an, mobil ini pastinya jadi mobil impian lo banget. Selain karena Scooby Doo-nya yang legendaris, The Mystery Machine juga punya pesona istimewa lewat warnanya yang hippies abis. Selain itu, mobil ini juga bisa muat banyak orang. Pastinya lo kece banget pas nyetir mobil ini buat hang out bareng sohib lo.

via GIPHY

8. Aston Martin DB5 "007" (Goldfinger, GoldenEye, Tomorrow Never Dies, Casino Royale)

Meski jadul, enggak salah lagi, Aston Martin DB5 adalah mobilnya James Bond yang paling legendaris dan selalu diingat penggemarnya. Memang, sih, mobil ini sebenarnya ada dan bisa lo miliki di dunia nyata. Sayangnya, DB5 versi 007 ini cuma bisa lo idamkan pas nonton film James Bond. Dalam filmnya, mobil ini dilengkapin senapan mesin, kaca antipeluru, pengganti plat nomor otomatis, radar, dan kursi pelontar yang cocok buat nutup mulut pacar lo pas lagi berantem.

via GIPHY

9. Ecto-1 (Ghostbusters)

Mobil ini punya pesona geeks yang sama kayak The Mystery Machines. Sekalipun mobil ini enggak terlalu terlihat kece dari segi desain, Ecto-1 punya beragam senjata rahasia di dalamnya, mulai dari radar, sensor inframerah, dan jaringan satelit. Tentunya, senjata ini cuma bisa buat memburu hantu.

via GIPHY

10. DeLorean DMC-12 (Back to the Future)

Enggak ada yang bisa ngalahin pesona mesin waktu yang digunakan sama Marty McFly ini. Sama kayak Aston Martin DB5-nya James Bond, DeLorean DMC-12 juga diproduksi secara terbatas di dunia nyata. DMC-12 jadi satu-satunya yang diproduksi sama DeLorean, pabrikan mobil asal Irlandia Utara. Siapa yang enggak mau punya mobil yang bisa menjelajahi ruang waktu? Selain karena keren dan terlihat futuristik dengan pintu guilwing-nya, mobil ini juga enggak bisa lepas dari sneakers superkece yang dipakai oleh Marty, yaitu Nike Air Mag. Lo udah dijamin bakal jadi cowok geeks idaman kalau bisa punya mobil dan sneakers ini.

via GIPHY

***

Di antara 10 mobil fiksi yang udah Viki jabarin, mana yang jadi impian lo?