Geeky   

10 Karakter Anime yang Cocok jadi Gubernur DKI

 
Author
Iruna Ireuna
15 October 2016

Pemilihan Gubernur DKI bakal berlangsung 2017 mendatang. Saat ini lo tentu udah tau siapa aja kandidat yang bakal maju sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Aroma persaingan sudah terasa dari sekarang. Setiap calon, baik orang lama maupun baru, sudah memulai pergerakan dari sekarang. Akan tetapi, Viki enggak mau bahas lebih jauh soal perpolitikan.

Yang menarik dari suatu pemilihan pemimpin adalah, siapa pun yang bakal kepilih, lo harus terima hasilnya, entah sesuai atau enggak sama pilihan lo. Nah, tapi gimana kalo lo bisa milih pemimpin yang lo mau? Misalnya aja, karakter anime favorit lo ngikut pemilihan juga? Kalo kayak gitu, siapa menurut lo karakter anime yang paling pas memimpin DKI Jakarta?

Nah, kali ini Viki bakal kasih analisis Viki berdasarkan keadaan Jakarta saat ini dan kemampuan para karakter anime ini dalam memimpin sesuai kepribadian mereka di anime-nya. Biarkan imajinasi liar menuntun lo menemukan karakter anime yang paling pas jadi orang nomor satu di DKI Jakarta nanti.

 

 

1. Light Yagami (Death Note)

Viki rasa kandidat nomor satu yang cocok banget jadi Gubernur DKI adalah Light. Kenapa? Karena Light punya Death Note dan menginginkan dunia baru yang sama sekali bebas dari para pelaku kriminal. Berangkat dari DKI 1, Light juga cocok banget jadi RI 1. Untungnya Light cuma karakter anime ya. Kalo benar-benar ada, mungkin para koruptor bakalan kalang kabut cari perlindungan. Mereka langsung ganti akte kelahiran mungkin ya. Tapi seru juga kalo Light jadi gubernur. Misalnya, Light lagi mampir ke kelurahan untuk memantau petugas yang lagi ngurusin pembuatan KTP elektronik. Kalo ada yang ngelantur kerjanya, sama Light bukan cuma cipecat lagi, tapi langsung tulis nama mereka di Death Note. Niscaya semua petugas pemerintahan bakalan kerja dengan benar karena takut ditulis di Death Note. Kekuasaan Light adalah mutlak! Hidup Light!

 

2. Kurapika (Hunter X Hunter)

Sebagai satu-satunya suku Kuruta yang masih hidup, Kurapika memiliki tekad yang kuat untuk mengumpulkan semua mata teman-temannya yang beredar di pasar lelang gelap. Tekad ini pula yang membawa dia selalu fokus pada tujuannya sampai tujuannya benar-benar tercapai. Kurapika yang udah menempa diri dengan pelatihan panjang adalah sosok yang cerdas, tenang, dan dapat diandalkan. Makanya, kalo Kurapika jadi Gubernur DKI, bisa jadi Kurapika bakal menemukan jalan keluar untuk berbagai permasalahan di Jakarta. Dia bakal memecahkan semuanya dengan kepala dingin.

 

3. Tsunade (Naruto)

Sesekali bolehlah kita punya pemimpin yang gede… hayo pikirannya jangan ke mana-mana dulu. Gede pemikirannya maksud Viki. Think big! Tsunade adalah bukti bahwa cewek juga bisa jadi pemimpin yang kuat. Buat memimpin DKI Jakarta, Tsunade yang tegas, galak, dan jago adu taktik cocok banget jadi penggerak untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi ibukota. Selain itu, Tsunade juga adalah ninja medis paling hebat. Nah, bisa jadi, kalo Tsunade jadi Gubernur DKI Jakarta, fasilitas kesehatan bisa gratis! #ngarep

 

4. Chi-Chi (Dragon Ball)

Yang dibutuhkan warga Jakarta adalah sosok pemimpin yang tegas, betul enggak? Nah, kalo soal tegas, Viki yakin lo bakal setuju sama kandidat yang satu ini. Yap, Chi-chi, istrinya Goku. Eh, jangan naikin alis dulu dan memandang Chi-chi sebelah mata. Lo tau enggak, Son Goku, makhluk paling kuat di Bumi (mungkin saingannya sama Saitama) aja bisa tunduk di hadapan Chi-chi. Sebagai emak-emak, Chi-Chi adalah sosok yang suka ngomel, overprotective, tapi juga sangat peduli pada keluarganya. Di samping itu, Chi-Chi juga adalah salah satu perempuan terkuat di dunia. Untuk kursi DKI 1, Chi-Chi cocok banget karena Goku aja bisa tunduk sama dia, warga DKI mah enggak ada apa-apanya! Kalo berani macem-macem, Chi-Chi bisa langsung ngeluarin omelannya dan pasti lebih galak dari Ahok!

 

5. Erwin Smith (Attack on Titan)

Kalo soal pemimpin yang punya jiwa kepemimpinan yang bagus, tampang menawan, dan pemikiran yang visioner, Erwin Smith pasti ada di urutan teratas. Saat tau ada yang enggak beres, Erwin bakal langsung menganalisis, melihat keadaan dari berbagai sudut pandang. Erwin juga petarung yang ulung, jadi dia bukan tipe yang cuma bisa ngomong doank, tapi enggak kelihatan kerjanya. Erwin juga adalah sosok yang serius dan pikirannya enggak mudah ditebak. Erwin juga bisa dibilang jenius dengan daya analisis yang jauh di atas orang-orang kebanyakan. Buktinya, dialah yang pertama kali tau bahwa ada mata-mata di dalam Survey Corps. Nah, dengan kata lain, buat menduduki kursi DKI 1, Erwin udah punya bekal yang lebih dari cukup. Ditambah lagi, dia juga lumayan ganteng. Tapi masih lebih ganteng Light, sih. :p

 

6. Mitsuyoshi Anzai (Slam Dunk)

Jakarta juga butuh sosok yang kebapakan, berwibawa, berkarisma, dan bijaksana. Pak Anzai yang merupakan pelatih tim basket SMA Shohoku bisa jadi sosok yang tepat. Dia enggak mudah terpengaruh sama berbagai ledekan Sakuragi. Dia juga bisa tetap tenang di saat-saat genting dan bisa mengambil keputusan yang tepat untuk Tim Shohoku. Dia, tanpa banyak bicara, bisa membangkitkan semangat yang terpendam dari setiap anak didiknya. Biarpun kelihatannya lemah dan bully-able banget, Anzai juga bisa tegas, misalnya saat Mitsui, Rukawa, Sakuragi, dan Miyagi ketangkap basah berkelahi. Saat itu Anzai dengan tegas menghukum mereka tanpa perlu teriak-teriak dan marah-marah. Sosoknya kayak Budha. Bisa jadi kehadiran dia sebagai Gubernur DKI bakal jadi tamparan buat warga Jakarta yang mungkin masih ada yang anarkis dan berkepala panas kayak Sakuragi.

 

7. Genryusai Shigekuni Yamamoto (Bleach)

Kapten Divisi 1 sekaligus komandan Gotei 13 ini kelihatannya memang terlahir untuk menjadi pemimpin. Dia rela mengorbankan dirinya, bahkan Gotei 13, demi keberlangsungan Soul Society. Buat si tua Genryusai ini, Soul Society harga mati! Apa pun harus dilakukan demi menjaga keseimbangan di Soul Society. Loyalitasnya enggak perlu diragukan lagi. Makanya enggak heran kalo dia rela melakukan apa aja buat Soul Society. Tentu hal yang sama juga bakal dia lakukan buat Jakarta kalo dia jadi gubernur. Loyalitas tanpa batas adalah yang utama!

 

8. Minamino Suichi (Yu Yu Hakusho)

Kalo lo penggemar Hunter X Hunter, lo pasti tau manga yang satu ini. Karya Yoshihiro Togashi sebelum Hunter X Hunter ini juga fenomenal pada masanya. Mengisahkan tentang Detektif Dunia Arwah, Urameshi Yuusuke yang harus menjaga keseimbangan antara dunia manusia dan dunia arwah, anime –nya pun langsung disambut dengan meriah. Salah satu karakter yang paling populer adalah Minamino Suichi alias reinkarnasinya Yoko Kurama. Dia adalah karakter yang flamboyan, sopan, pintar, dan idola para cewek. Pokoknya sempurna, deh. Suichi alias Kurama juga ahli tumbuh-tumbuhan. Jadi, kalo dia jadi Gubernur DKI Jakarta, program “Go Green” pasti bakal langsung dicanangkan. Jakarta bakal jadi lahan hijau dengan banyaknya hutan kota. Kalo bisa, sih, Suichi ini sekalian aja jadi presiden, ya. Biar hutan-hutan Indonesia yang sudah gundul bisa dihijaukan lagi.

 

9. Saitama (One Punch Man)

Seperti yang lo tau, Saitama adalah manusia yang bisa mengalahkan musuh-musuhnya cuma dalam satu pukulan. Terlepas dari seberapa kuatnya dia, Saitama sebetulnya adalah sosok yang enggak menoleransi kejahatan sama sekali. Kalo Saitama jadi Gubernur DKI, dijamin enggak bakal ada yang berani berbuat kriminal di Jakarta. Angka kriminalitas bakal berkurang karena para penjahat jelas takut sama Saitama. Ya gimana enggak, monster yang kuat banget aja bisa dikalahin kayak lagi bunuh serangga, gimana penjahat kelas teri di Jakarta? Tapi, Saitama enggak bakal membunuh manusia, sebagaimana dia membunuh monster. Dia juga enggak bakal asal menghukum para pelaku kriminal karena dia bakal nanyain motif mereka melakukan kejahatan. Kenyataan bahwa dia kuat banget pasti bakal bikin para penjahat di Jakarta langsung ciut nyalinya.

 

10. Doraemon (Doraemon)

Jakarta butuh pemberi solusi, bukan pengumbar janji! Cuma Doraemon yang punya berbagai alat yang bisa jadi solusi berbagai masalah Nobita. Kalo Doraemon jadi Gubernur DKI, jelas dia bakal bisa menyelesaikan berbagai masalah yang ada. Kemang banjir? Ada alat penyedot air! Penggusuran? Bisa aja pakai Pintu ke Mana Saja untuk balikin para pendatang yang digusur ke kampung asalnya gratis! Dan masih banyak lagi alat canggih lainnya yang Viki yakin bakal disediakan Doraemon untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di Jakarta. Kalo mau berharap Jakarta bebas macet juga bisa. Kan Doraemon punya Kotak Pengandaian yang bisa bikin semua yang diandaikan menjadi nyata! Percaya, kan, bahwa Doraemon adalah solusi segala masalah, termasuk buat Jakarta?

***

Kalo menurut lo, dari semua karakter di atas, siapa yang paling cocok jadi Gubernur DKI? Atau lo punya kandidat sendiri. Berbagi sama pembaca Viral Kincir lainnya yuk lewat kolom komentar.