Geeky   

10 Film Horor yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup

 
Author
Iruna Ireuna
17 October 2016

Menonton film adalah salah satu bentuk hiburan terhadap diri sendiri. Biasanya, orang-orang nonton film karena lagi PDKT sama gebetan (yang ditonton pasti film romantis), lagi kumpul sama teman-teman, atau emang kepengen nonton aja. Tapi, buat pencinta film alias movie freaks, nonton film adalah kewajiban.

Di antara sekian banyak genre film, salah satu yang mungkin sering dipandang sebelah mata adalah film horor. Kenapa dianaktirikan? Ya mungkin karena banyak yang ngerasa enggak penting aja nonton film yang cuma bikin takut, bukannya bikin senang atau sedih menguras emosi kayak film-film romantis. Padahal, kalo ditelusuri, ada juga loh film horor yang cerita dan tokoh-tokohnya ikonik banget dan menuai pujian. Buat lo yang masih memandang sebelah mata film horor, Viki bikinin list film horor yang wajib banget lo tontong minimal sekali seumur hidup.

1. The Ring (1998)

The Ring yang Viki maksud di sini adalah yang pertama banget. Kalo martabak, ini namanya yang original. The Ring awalnya adalah novel karya Koji Suzuki yang kemudian diangkat menjadi film pada 1998 oleh Hideo Nakata. Dalam sekejap The Ring langsung menjadi ikon film horor Jepang dengan Sadako sebagai maskotnya. Hampir 20 tahun berlalu dan The Ring masih menjadi salah satu film horor Jepang terseram sepanjang masa.

Ide tentang video tape yang terkutuk benar-benar out of the box. Selain itu, telepon yang berdering setelah menonton video tersebut yang mengatakan bahwa 7 hari lagi lo bakal mati Viki jamin bikin lo enggak mau nerima telepon beberapa jam setelah nonton filmnya. Film ini memang merasuk banget di jiwa. Ditambah lagi, video terkutuk itu benar-benar dibuat kelam, menggambarkan kehidupan masyarakat Jepang yang gelap dan penuh dengan hal-hal mistis. Makanya, biarpun udah banyak sekuel, bahkan spin-off-nya, The Ring yang ini enggak pernah tergantikan.

2. Constantine (2005)

Viki yakin, di antara sekian banyak kaum hawa di luar sana, enggak ada yang bilang Keanu Reeves enggak ganteng! Pesona Mz yang satu ini emang enggak bisa dilawan, harus dilemesin aja. Sebetulnya film ini horornya enggak terlalu banyak. Malah bisa dibilang film ini enggak ada setannya sama sekali. Mengangkat kisah tentang John Constantine yang punya kekuatan khusus, yaitu bisa melihat setan dan berhubungan dengan hal-hal gaib lainnya, film ini fokus kepada batas antara kehidupan dan kematian. Di film ini, sosok yang ada dalam kitab, kayak Gabriel dan Lucifer, muncul. Film ini tentang kepercayaan dan pengorbanan, tapi dari sudut pandang yang berlawanan. Pokoknya keren, apalagi ada si cantik Rachel Weisz juga yang jadi lawan main Mz Keanu.

3. Poltergeist (1982)

Ini adalah film horor pertama yang jadi salah satu masterpiece-nya Steven Spielberg sebagai produser. Disutradarai oleh Tobe Hopper, film yang dirilis pada tahun yang sama dengan E.T. The Extra-Terrestrial ini bisa dibilang menunjukkan kepiawaian Spielberg sebagai sutradara serbabisa. Ia juga bisa menulis naskah film yang enggak biasa. Bahkan, mengangkat genre horor ke layar lebar pun hasilnya tetap memuaskan. Bersama Mengisahkan tentang keluarga yang mengalami berbagai kejadian aneh di rumah mereka. Puncaknya, anak perempuan mereka, Carol Anne, menghilang. Nyatanya, Carol Anne sebenarnya ada bersama mereka, tapi di dimensi yang berbeda. Meski film horor, bukan Spielberg namanya kalo enggak memasukkan unsur yang bikin hati tersentuh. Makanya, lo wajib banget nonton film ini daripada nonton remake-nya yang rilis 2015 lalu.

4. Shutter (2004)

Film horor Thailand itu punya ciri khasnya tersendiri. Biasanya lo bakal lihat hal-hal yang menjijikan atau terlalu mengerikan untuk bisa lo bayangkan. Kelam banget pokoknya. Tapi, beda sama Shutter ini. Sebagai film horor Thailand, bisa dibilang film ini cukup melankolis. Kenapa? Karena film ini berkisah tentang cowok yang enggak bisa move on, khususnya dari rasa bersalah. Bahkan setelah bertahun-tahun berlalu, sampai cowok bernama Tun ini udah punya istri, dia tetap dihantui masa lalu yang kelam. Sama kayak The Ring di Jepang, Shutter juga jadi film horor Thailand yang ikonik. Twist-nya benar-benar bikin jantung lemas! Tonton aja sendiri kalo berani!

5. The Others (2001)

Film tentang rumah yang berhantu itu udah biasa. Tapi, film dengan twist semacam yang disajikan di The Others ini sangat enggak biasa. Dibintangi oleh Mb Nicole Kidman yang berperan sebagai Grace, film ini benar-benar bikin bergidik, bahkan sampai filmnya selesai. Wajar aja, soalnya sejak awal lo bakal dimanja sama kenyataan bahwa Grace, si pemilik rumah itu, sering diganggu sama “Yang Lain” yang bikin Grace enggak betah. Nyatanya, saat lo tau siapa “Yang Lain” yang dimaksud di sini, lo bakal kaget banget. Lo wajib banget nonton film ini kalo suka sama plot twist yang enggak terduga.

6. One Missed Call (2003)

Jepang bisa dibilang merupakan negara yang punya banyak kisah mistis. Masyarakat Jepang, sama kayak masyarakat di Asia lainnya, juga masih percaya banget sama mitos dan legenda. Mitos dan legenda hidup di masyarakatnya sampai-sampai film horor Jepang pun banyak yang mengerikan. Makanya, enggak heran kalo Jepang punya segudang film horor yang enggak sedikit jadi fenomena di dunia. Selain The Ring, One Missed Call adalah salah satu film horor Jepang yang jadi fenomena, khususnya karena nada deringnya yang suram dan bikin merinding. Ide tentang telepon terkutuk memang original banget. Meski formulanya terkesan hampir sama kayak The Ring (tujuh hari setelah nerima telepon itu, penerima telepon bakal mati), One Missed Call tampil dengan kisah yang cukup menyedihkan. Enggak banyak film horor yang klimaksnya kayak One Missed Call.

7. Drag Me to Hell (2009)

Satu kata buat film ini. Gila! Gila karena nenek-neneknya serem banget, bahkan saat masih hidup, gila karena tokoh ceweknya perkasa banget karena terus berjuang sampai akhir, gila karena kenyataan yang harus dihadapi tokoh ceweknya mengerikan banget. Christine Brown, seorang pegawai bank biasa, harus menghadapi kenyataan bahwa ia dikutuk oleh seorang gipsi yang datang kepadanya untuk meminta keringanan pembayaran pinjaman. Merasa dipermalukan, gipsi bernama Ganush tersebut merasa perlu membalas dendam dengan mengutuk Christine melalui kancing bajunya. Sesuai judulnya, siapa pun yang menerima kutukan tersebut bakal ditarik Lamia (nama iblisnya) ke neraka. Perjuangan Christine yang enggak mau menyerah menerima kutukan itu luar biasa banget. Di sisi lain, lo bakal berharap si Nenek Ganush ini menerima balasan atas kutukannya itu. Pokoknya, film ini benar-benar bikin kesel!

8. Insidious (2011)

Bisa dibilang Insidious adalah film yang membuat nama James Wan dikenal luas. Kesuksesan Insidious yang mengisahkan tentang dunia paralel antara orang hidup dan orang mati benar-benar membuka pandangan baru di genre horor. Biarpun memulai debutnya di film Saw, menurut Viki James Wan mulai menemukan passion-nya di film ini. Enggak harus sadis, enggak harus penuh kejar-kejaran atau lari-larian, Insidious berhasil jadi film horor yang modern, tapi juga penuh misteri. Kepingan teka-teki sengaja dijajarkan satu demi satu dengan enggak terburu-buru, bikin lo bisa menikmati film ini dengan asyik. Rasanya enggak ada menit yang terbuang sia-sia, tapi lo juga enggak dipaksa untuk terus-terusan tegang. Pokoknya ini film horor yang asyik banget.

9. The Conjuring (2013)

Masih garapan James Wan, kali ini ada film yang diangkat dari kisah nyata yang langsung jadi hits pada tahunnya. The Conjuring mengisahkan tentang pasangan demonologis alias peneliti alam gaib, Ed dan Lorraine Warren, yang diminta untuk menangani kejadian aneh di rumah Keluarga Perron. Rumah yang dineli dengan harga murah dari hasil lelang bank itu ternyata menyimpan masa lalu yang sangat gelap. Ada pembunuhan dan hal-hal mengerikan lainnya yang terjadi di rumah itu. Film ini menjadi populer salah satunya adalah karena pasangan Ed dan Lorraine Warren adalah pasangan yang cukup sensasional mengingat banyak yang menuduh kisah-kisah gaib mereka adalah kebohongan belaka. Nah, bisa dibilang The Conjuring ini adalah film dari sudut pandang Ed dan Lorraine Warren. Kelam, penuh misteri, tapi juga enggak manja. Viki yakin lo semua pasti udah pernah nonton film ini dan sekuelnya yang enggak kalah fenomenal.

10. The Exorcist (1973)

Ada yang bilang film ini terlalu mengerikan sampai-sampai ada banyak bagian yang dipotong. Film garapan William Friedkin ini adalah film horor klasik yang enggak bakal terlupakan. Biarpun dibilang klasik, sebenarnya film ini membuka babak baru bagi film horor setelahnya. Kerasukan adalah hal yang bagi sebagian orang, khususnya yang terbiasa berpikiran rasional, sebagai hal yang enggak masuk akal. Tapi, bagi mereka yang percaya Tuhan, keberadaan setan dan iblis enggak bisa dimungkiri. Makanya pemutihan perlu dilakukan, bukan cuma untuk mengusir setan, melainkan juga untuk menyelamatkan jiwa tak berdosa yang bakal melayang kalo dibiarkan. Di film ini, lo bakal menemukan sisi gelap yang beda dari film-film horor sekarang. Dijamin bikin mual!

***

Gimana, adakah dari daftar film di atas yang udah pernah lo tonton? Kalo belum, segera tonton deh karena lo enggak bakal nyesel nontonnya. Dijamin bakal bikin dahi lo berkerut karena enggak habis pikir sama jalan ceritanya.