Geeky   

10 Film Dokumenter yang Asyik Buat Ditonton!

 
Penulis
Tuah Sebak
06 January 2017

Film Dokumenter adalah sebuah film yang mendokumentasikan kenyataan. Film dokumenter enggak kalah menarik dari film-film biasanya. Lebih menceritakan kejadian sehari-hari. Bagi penikmatnya, film dokumenter mempunyai daya tarik sendiri. Biar lebih yakin, simak daftar 10 film dokumenter terbaik versi Viki dulu, deh!

 

1. I Can’t Do This But I Can Do That

Sebuah film pendek dokumenter yang menceritakan penderita disleksia, serta fim untuk keluarga bagi mereka yang mempunyai gangguan dalam belajar. Film pendek yang mengisahkan beberapa anak ini mengalahkan dan menemukan passion mereka yang sesungguhnya. Banyak dari kita yang merasa saat melakukan sesuatu, kita enggak bisa dan enggak mampu. Tapi, ketika sudah menemukan hal yang kita sukai, kita bisa melakukannya. Ini yang coba disuguhkan bagi para penonton oleh sang sutradara, Ellen Goosenberg.

 

2. Enchanted Kingdom

Diawali oleh narasi dari Idris Elba dan gemuruh hujan di perkotaan, tergambarkan betapa pentingnya air. Kemudian, kita diajak berkelana ke Afrika. Menyusuri keindahan Afrika. Enchanted Kingdom terlihat bagaimana imajinasi sutradara Patrick Morris dan Neil Nightingale yang luar biasa menyatukan berbagai elemen sumber daya manusia, teknologi, penokohan, serta adegan per adegan.

 

3. Home

Home dirilis pada 2009. Film ini berkisah tentang rumah seluruh mahluk hidup yaitu Bumi. Bagaimana Bumi menjadi tempat tinggal kita, bagaimana manusia tinggal di Bumi. Saling ketergantungan antar mahluk hidup, telah membuat manusia mengganggu keseimbangan yang terjadi di inti Bumi.

 

4. HONG

Hong merupakan sebuah komunitas yang mengajak kita untuk kembali ke permainan tradisional. Nama Hong diambil dari kata singkat sama yang biasa diucapkan ketika sedang melakukan permainan petak umpet yang berasal dari Jawa Barat. Yoyo Sutarya dan Esa Hari yang mengangkat kisah komunitas ini menjadi sebuah film dokumenter.

 

5. Sekolah Master Anak Jalanan

Film dokumenter ini mengisahkan Sekolah Master yang terletak di Depok, Jawa Barat. Sekolah ini di dirikan untuk anak-anak yang kurang mampu. Sekolah Master didirikan 2000 silam oleh seorang pria bernama Nurrohim.

 

6. March of The Penguins

March of the Penguins (La Marche de l'empereur) adalah sebuah film dokumenter karya Luc Jacquet yang memenangkan piala Oscar dalam kategori Film Dokumenter Terbaik. Film ini merekam perjalanan tahunan Penguin Kaisar di Antartika. Film yang berdurasi 85 menit ini sangat menarik loh untuk ditonton!

 

7. Earth

Film ini mendokumentasikan perjalanan mengunjungi keragaman habitat hewan liar di berbagai penjuru dunia. Film yang berdurasi 1 jam 35 menit ini mempunyai alur yang indah. Earth dirilis pada 2007 lalu.

 

8. Oceans

Oceans adalah film Perancis yang dibuat pada 2009. Jacques Perrin adalah sutradara, narator, serta produser dari film Oceans. Film bawah laut ini bisa dibilang film yang sangat indah dan mengagumkan untuk ditonton.

 

9. Born Into Brothels

Sebuah dokumenter berdasarkan Zana, wanita fotografer Amerika, yang datang ke lokalisasi pekerja seks komersial di Sonagachi, Kolkata, India. Ia mengajari mereka memotret dan menyusun film ini dari banyak potongan kehidupan sehari-hari para penghuni lokalisasi.

 

10. The Cove

Film ini bisa bikin kita nangis dan marah. Film yang dibuat pada 2009 dan dirilis 2010 ini mendokumentasikan pembantaian lumba-lumba dan paus di Jepang. Film ini cukup menggemparkan dunia, karena selama ini Jepang sudah menutupi bisnis kotor ini dari dunia luar. Ric O’Barry adalah pencetus ide untuk mendokumentasikan hal tersebut. Hal itu untuk memberantas dan melindungi lumba-lumba dan paus di Jepang dari tangan-tangan yang enggak bertanggung jawab.

***

Itu dia 10 film dokumenter yang bisa bikin kita terenyuh ketika menontonnya. Pastikan lo sempat menonton minimal 2 dari 10 daftar film di atas. Kalau enggak, dijamin lo bakal menyesal seumur hidup.