Chillax  Books   

Jangan Ngaku Ngerti Cewek Sebelum Baca Buku Ini

 
Author
Ezra Caya
18 June 2017

Ada yang bilang kalau cowok itu dari Mars, sedangkan cewek itu datang dari Venus. Kalau karakternya aja udah jauh beda, lantas bagaimana caranya hubungan bisa berjalan lancar?

Nah, untuk yang satu ini, Viki punya jawabannya: baca buku. Pasalnya, cewek itu kayak alam semesta, guys. Banyak misteri! Dan, buku adalah jendela dunia. Jadi, biar paham dunia cewek dan segala rahasia yang tersimpan di dalamnya, lo harus baca buku-buku ini.

Berikut tujuh buku yang lo mesti baca kalau mau ngertiin seluk-beluk soal cewek.

1. Gone Girl (Gillian Flynn)

Mungkin lo udah pernah nonton filmnya. Namun, percayalah bahwa novelnya jauh lebih "dalam" daripada filmnya. Bergenre thriller, Gone Girl ngangkat kisah tentang gelapnya hubungan pernikahan di antara pasangan Amy dan Nick. Keseruan dimulai tatkala Nick sadar kalau istrinya menghilang. Jauh lebih seru dari cerita detektif, Gone Girl bisa ngasih gambaran soal kerasnya tekanan yang bisa dialamin cewek buat selalu tampil sempurna.

2. Text Appeal (Michael Masters)

Sering bingung kenapa chat lo yang udah panjang banget itu cuma dibales emoji “:)”? Atau, mungkin lo ingin banget bisa ngajak gebetan jalan, tapi bingung harus mulai dari mana? Nah, buku ini bakal ngajarin lo banyak trik PDKT lewat mobile chat tanpa bikin si dia merasa jengah atau terganggu. Buat yang udah pacaran, buku ini juga bermanfaat banget buat bikin lo paham bagaimana cara ngejalin komunikasi yang baik dalam pacaran.

3. Fangirl (Rainbow Rowell)

“Masa sekolah adalah masa yang paling indah.” Inilah petuah yang paling sering kita dengar di media sosial atau pun di kehidupan nyata. Nah, buku yang satu ini pas banget buat lo baca. Ngangkat kisah dua orang pelajar yang saling suka, Fangirl dijamin bikin lo senyum-senyum sendiri karena keingat sama gebetan di sekolah. Namun, dari situ lo justru bisa dapat banyak info soal pemikiran cewek serta alasan di balik berbagai tindakan mereka.

4. Dilan (Pidi Baiq)

Dilan suka sama Milea. Milea juga suka sama Dilan.Tapi memang kalau saling suka, kisah cintanya bisa berjalan selancar itu?

Karya penulis nyentrik, Pidi Baiq, ini ngangkat kisah percintaan dua remaja, Dilan dan Milea, dengan Bandung zaman dulu sebagai latarnya. Banyak yang bilang kalau buku ini adalah “kitab suci” para cowok buat tahu suara hati para cewek. Soalnya, di sini Pidi Baiq ngupas habis pandangan cewek soal kenakalan yang biasa cowok lakukan saat masa-masa remaja, mulai dari bolos sekolah, ikutan geng motor, sampai tawuran. Siap-siap pegal ketawa kalau baca buku ini. Oh, ya. Kabarnya, Pidi Baiq lagi nyiapin pembuatan film dari kisah Dilan dan Milea ini. Wah, patut ditunggu, nih, buat bahan nonton bareng sama si dia!

5. The Handmaid’s Tale (Margaret Atwood)

Mungkin beberapa tahun belakangan ini lo sering dengar aktivis di berbagai negara gencar menyuarakan hilangnya hak perempuan atas tubuhnya. Nah, buku yang satu ini bisa memberikan lo sedikit gambaran mengenai penderitaan yang dialami perempuan, saat mereka enggak punya kontrol atas tubuhnya sendiri. Topik yang relevan banget, nih, hingga sekarang! Padahal, buku ini sendiri udah ditulis lebih dari 40 tahun yang lalu, loh. Yakin, deh, sehabis baca The Handmaid’s Tale, lo pasti jadi lebih bisa menghargai para perempuan yang ada di sekitar lo, bahkan juga menghargai diri lo sendiri.

6. The Group (Mary McCarthy)

Sering pusing kenapa cewek selalu nempel sama teman-temannya? Belanja bareng, jalan-jalan bareng, nonton bareng, bahkan pergi ke WC juga bareng-bareng. Buku ini bisa jadi awalan yang tepat buat memasuki dunia mereka. Penulis Mary McCarthy mengupas tuntas perihal kebiasaan cewek yang cenderung susah lepas satu sama lain, menggunakan pendekatan psikologi. Membaca The Group bisa bikin lo tahu bagaimana cara menghadapi cewek lo dan girl squad mereka dengan tenang hingga akhirnya lo bisa ngerasa enggak tersaingi lagi sama kehadiran mereka. The Group ini enggak terasa berat buat dibaca dan dipahami, kok. Jadi, lo yang enggak begitu suka baca pun bakal bisa nikmatin isi buku ini dengan baik.

7. The Age of Innocence (Edith Wharton)

Viki, sih, percaya kalau lo adalah cowok baik hati yang selalu berusaha bersikap baik ke semua orang, termasuk cewek lo sendiri. Namun, enggak ada salahnya, ‘kan, buat tahu sifat cowok kayak apa, sih, yang dibenci banget sama para cewek? Nah, lo bisa memulainya dengan membaca The Age of Innocence yang membahas keberadaan nice guys di dunia sekitar kita. Nice guys adalah sebutan buat para cowok yang merasa mereka itu udah cukup baik, pengertian, santun, dan menyenangkan, padahal tanpa sadar perilaku mereka nunjukin hal yang sebaliknya. Nah, pastikan lo enggak termasuk sebagai nice guys yang Edith Wharton maksud!

***

Cewek memang makhluk yang kompleks, guys. Mencoba memahami cewek itu bukan hal yang mudah. Kalau enggak mencoba memperkaya diri dengan bacaan-bacaan kayak di atas, lo bakal sulit jadi cowok yang baik buat cewek lo.

Di antara buku-buku di atas, ada yang lo udah pernah baca? Atau, lo punya buku favorit lain yang lo baca demi memahami seluk-beluk cewek? Boleh, loh, ceritain di sini.