Sex & Relationship   

4 Cara Berkilah Saat DItanya “Kapan Nikah?” Pas Lebaran

 
Author
Intan Kirana
30 June 2016

Enggak semua hal yang kita temukan dalam lebaran itu menyenangkan. Contohnya, ketemu temen atau kerabat yang rese-nya setengah mati. Enggak cuma mau tau kabar aja, mereka kadang suka mempertanyakan hal-hal yang cukup pribadi dan enggak penting seperti "Kapan nikah?"

Meskipun pertanyaan itu biasa aja, sesungguhnya pertanyaan itu bisa menyebabkan baper yang luar biasa. Apalagi kalo lo masih aja jomblo dari lahir. Para penanya tersebut seolah enggak memahami betapa sulitnya nyari jodoh yang setia. Akan tetapi, kita enggak bisa menghindari serbuan pertanyaan seperti itu. Daripada terhanyut dalam kebaperan, kepoin cara ngelesnya yuk!

 

1. "Mau fokus kuliah sampai tingkat doktoral!”

Pendidikan adalah hal yang cukup penting. Kerabat lo juga semestinya paham tentang hal itu. So, kalau mereka rese mempertanyakan kenapa lo nggak segera nyusul si Ani atau si Budi yang baru menikah, lo bisa menjawab kalo lo masih fokus sama pendidikan. Jelaskan juga kepada mereka tentang bagaimana sulitnya rakyat Indonesia mengenyam pendidikan di jaman penjajahan. Dengan begitu lo akan terlihat intelek, sekaligus bikin mereka malas bertanya lagi.

 

2. "Mau jagain Ibu Bapak dulu"

Ortu adalah orang yang paling penting dalam hidup kita. Sebagai anak, kita wajib membahagiakan ortu karena mereka pun telah mengurus kita sedari kecil. Jadi, kalau kerabat lo terus menerus bertanya kapan lo menikah, bilang aja kalau prioritas lo sekarang adalah membahagiakan orangtua lo dan berbakti kepada mereka. Mereka nggak mungkin menyanggah hal ini, kecuali kalau emang mau dibilang kurang ajar.

 

3. “Lo Ada Calon Enggak?”

Apabila kerabat rese masih terus menerus mempertanyakan hal ini, lo bisa memanfaatkannya untuk mencari jodoh! Iya, ngaku aja sama mereka bahwa memang susah mencari orang yang mau sama lo, dan gantian tanyakan kepada mereka apakah mereka punya anak atau kenalan yang bisa dijodohkan sama lo.

 

4. Ngumpet!

Kalo pertanyaan ini sangat menyinggung hati lo dan membuat lo merasa minder, mungkin lebih baik menghindar kalo kerabat rese ini bertamu ke rumah lo. Umumnya, yang bakal bertanya seperti itu adalah kerabat yang itu-itu aja. Daripada lebaran lo ternodai sama tangisan karena enggak kuat meratapi kejombloan, mending lo ngumpet aja.

***

Percayalah kawan, jodoh itu enggak akan tertukar dan pasti datang di waktu yang tepat. So, pertanyaan semacam "kapan kawin" ini janganlah dibawa perasaan banget, karena toh abis lebaran, kerabat-kerabat lo ini juga akan lupa kalau lo masih jomblo, karena sesungguhnya mereka cuma nggak punya topik lain untuk diobrolin sama lo.