Epic Life   

Semangat Solidaritas Para Musisi dan Warga Jakarta dalam Ngamen Solidaritas

 
Penulis
Nural
18 April 2017

Di tengah isu politik yang mengancam kebhinekaan, banyak pemuda Indonesia yang masih peduli akan persatuan dari masing-masing perbedaan. Salah satunya, musisi ternama Giring Ganesha, vokalis grup band Nidji yang mengadakan aksi bernama “Ngamen Solidaritas”. Aksi solidaritas ini dikemas dalam bentuk mini konser, guna mengingatkan masyarakat akan makna kebhinekaan.

"Saya sendiri punya agenda, namanya Ngamen Solidaritas. Itu saya ke kampung-kampung, di sana nyanyi lagu-lagu Indonesia, seperti Indonesia Pusaka, Garuda di Dadaku, Gebyar-gebyar. Tujuannya untuk mengingatkan lagi tentang Bhineka Tunggal Ika, persatuan, dan hal-hal positif yang indah tentang Indonesia," ungkap Giring.

Pada aksi ini, enggak terlihat anggota Nidji lainnya. Karena memang, kegiatan ini dilakukan tanpa membawa nama Nidji. Aksi ini dilakukan bersama para musisi lain yang namanya belum terkenal di dunia hiburan. Giring sangat terbuka jika para pelaku dunia hiburan Tanah Air ingin bergabung dengannya dalam aksi “Ngamen Solidaritas”.

Giring selalu tampil dengan mengenakan kaos andalannya yang bertuliskan “Hiduplah Indonesia Raya”. Aksinya ini selalu disambut meriah oleh warga. Makin meriah saat sejumlah lagu dia nyanyikan di tengah-tengah kerumunan warga.

"Yuk kita sama-sama nyanyi bareng ngerayain persatuan dan ke-bhinnekaan, luain cucian dirumah ibu-ibu bapak-bapak, lupain harga cabe. Mending kita seneng-seneng aja ya!" ujar Giring kepada warga.

Awalnya Giring dan kawan-kawan musisi menentukan sendiri titik-titik aksi Ngamen Solidaritas. Mereka biasanya bertandang ke area rural, seperti daerah pinggir kali dan dekat pasar. Seriring berjalannya waktu, “Ngamen Solidaritas” ini mulai menerima undangan menghadiri berbagai acara.

Selain ke daerah rural, Giring bersama para musisi solidaritas juga mengajak warga Jakarta untuk bertamasya ke tempat-tempat wisata di DKI Jakarta. Serunya, mereka mengadakan di dalam bus sambil sama-sama bernyanyi lagu persatuan selama perjalanan menuju temat wisata.

Para warga di daerah-daerah yang jadi titik aksi “Ngamen Solidaritas” selalu menyambut baik kegiatan ini. Enggak hanya anak muda, tapi juga para orangtua antusias dan ikut memeriahkan kegiatan ini.

“Bagus, membuat kita jadi semangat dan moga-moga para warga kini jadi lebih memahami arti dari persatuan,” ungkap warga Pasar Manggis, Jakarta Selatan.

Dilansir dari Kapanlagi, Giring rupanya ingin mendinginkan suasana Indonesia yang saat ini sedang memanas di acara “Ngamen Solidaritas”. Dia mengajak masyarakat agar enggak mudah terpengaruh dengan berita sosial media yang belum tentu benar.

“Seru banget, ini kan lagi masa-masanya pilkada, jadi momen yang cocok buat anak muda supaya lebih melek politik, enggak cuma komplen-komplen dari apa yang enggak mereka suka,” kata Founder Kaskus.

Dalam aksi solidaritas ini, Giring rela enggak dibayar. Karena yang penting Giring ingin masyarakat Indonesia bisa ingat kembali dengan Bhinneka Tunggal Ika, lewat Ngamen Solidaritas. Dia menilai, acara ini merupakan sebuah tindakan untuk Indonesia menjadi lebih damai.

"Nggak (dibayar), ini pribadi. Karena saya merasa terinspirasi pemimpin-pemimpin kita yang jujur sama rakyat yang mengedepankan perdamaian," kata pemain Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea ini.

Aksi “Ngamen Solidaritas” ini tujuan utamanya adalah untuk mengingatkan kita pada perdamaian, Bhinneka Tunggal Ika, persatuan, dan pancasila. Karena akhir-akhir ini, kita lupa dengan pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Penanaman nilai-nilai ke-Bhinneka Tunggal Ika-an harus dilakukan melalui tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Bukankah hidup berdampingan dengan perbedaan membuat harmoni NKRI lebih indah? Adanya perbedaan di tiap wilayah menjadikan keunikan tersendiri. Ditengah-tengah perbedaan ini diharapkan kehidupan bangsa tetap berjalan dengan apa yang telah dicita-citakan bersama.