Epic Life   

Reaksi Unik Eksperimen Sosial di YouTube

 
Penulis
Grace Pranata
11 January 2017

Selama hidup, manusia tentunya selalu membutuhkan bantuan dan membantu makhluk hidup di dunia. Meskipun memiliki karakter kepribadian yang berbeda-beda, insting manusia untuk menolong pasti akan timbul jika melihat peristiwa yang mendorong nalurinya tersebut. Akan tetapi dari sebagian orang-orang yang tergerak hatinya untuk menolong hal kecil di sekitarnya, ternyata masih banyak juga loh orang-orang yang mager atau malah berbuat curang ketika menolong orang lain.

Untuk menguji seberapa peka kesadaran orang terhadap suatu kejadian yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat, saat ini banyak Youtuber yang membuat video eksperimen sosial. Video ini dirancang untuk melihat beragam reaksi orang-orang terhadap suatu masalah yang sudah dirancang sebelumnya. Kamera yang digunakan sengaja tersembunyi, agar masyarakat yang bereaksi atas skenario yang telah dirancang terlihat natural. Berikut ini Viki akan mengulas video-video eksperimen sosial dengan topik berbeda yang sudah diunggah oleh para Youtuber. Lo pasti akan tercengang melihat reaksi masyarakat yang menjadi sasaran dari skenario yang telah dirancang, penasaran? Langsung kepoin videonya di bawah ini.

 

1. Dompet Jatuh di Keramaian

Lokasi yang dipilih oleh pemilik akun YouTube Duckhead Bros untuk melaksanakan eksperimen sosial kali ini adalah di mal. Skenarionya, sih, sederhana, cuma ngetes kepedulian pengunjung mal ketika ada orang yang dompetnya jatuh. Gaga Muhammad dan Matthew menjadi pemilik dompet yang sengaja dijatuhkan di tempat ramai. Hasilnya? Hampir seluruh pengunjung yang menjadi sasaran, memiliki niat baik untuk menegor Gaga dan Matthew atas kelalaiannya menjatuhkan dompet.

 

2. Uang yang Tertinggal di ATM

Kalau tadi dompet yang jatuh di tempat keramaian, pemilik akun YouTube BuzzPranks membuat ide lain yang masih berhubungan dengan uang. Yap, uang menjadi sesuatu yang sensitif banget bagi umat manusia. Ide meninggalkan selembar uang di mesin ATM menjadi skenario dari eksperimen sosial pada video ini. Mesin ATM yang terletak di pinggir jalan ini menjadi saksi siapa saja orang-orang yang memilih jujur atau mengambil uang yang bukan miliknya. Penasaran kayak apa reaksi mereka? Langsung aja diputar videonya.

 

3. Orang Buta Meminta Tukar Uang

Dalam video ini, lo akan disuguhkan beragam reaksi orang ketika menolong tuna netra. Talent yang ada di video ini bukanlah tuna netra sungguhan. Skenario yang dirancang dalam eksperimen sosial ini adalah mengetes seberapa jujur orang lain ketika ada seseorang yang tuna netra berniat untuk menukarkan uang. Sang talent memiliki dua lembar uang dengan rentang nominal yang cukup jauh. Ada beberapa target yang bertindak curang yaitu memberikan uang pecahan yang tidak sesuai dengan jumlah nominal uang milik talent. Mereka yang bertindak curang dalam eksperimen sosial ini disensor wajahnya, nah penasaran seperti apa reaksi para target di video ini? Tenang, di video ini masih ada kok target yang tulus menolong.

 

4. Cewek Seksi vs Cowok Gelandangan

Menarik atau enggaknya seseorang meminta bantuan dapat memengaruhi orang lain yang hendak mengulurkan bantuan padanya. Seperti skenario di video ini, kebutuhan primer akan kalah dengan kebutuhan sekunder karena beda kemasan. Seorang pria yang duduk di pinggir jalan dengan memegang tulisan butuh uang untuk makan memang enggak bakal menarik perhatian orang yang lalu lalang di depannya. Sedangkan seorang cewek dengan pakaian seksi, banyak dihampiri orang dan mereka rela mendonasikan uang untuk operasi payudara si cewek. “Kemasan” seseorang mampu mengubah sudut pandang orang lain ketika menolong.

 

5. Kopi Darat ala Tinder

Skenario greget yang satu ini pasti bikin lo tercengang deh. Akun YouTube Simple Pickup mempersiapkan seorang gadis yang sebelumnya berkenalan lewat Tinder dengan orang yang belum dikenalnya. Melalui foto-foto cantiknya, banyak cowok yang terpincut dengannya dan bersedia mengadakan kopi darat. Eits tapi jangan ngarep dulu ya, jadi si cewek berambut pirang ini disulap menjadi gemuk. Dari seknario ini bakal ngetes, apakah penampilan menjadi alasan utama seseorang untuk berkenalan lebih jauh dengan orang asing. Apakah semua cowok pada keki karena merasa ditipu? Tonton aja, deh, videonya.

 

6. Hari Gini Masih Rasis?

Kalau dulu kasus rasis menajdi momok yang menakutkan bagi orang-orang yang memiliki kulit hitam. Cerita kelam tersebut sudah seharusnya hilang seiring perkembangan zaman. Nah kali ini skenario yang dirancang akun YouTube Pranks Network mau ngetes apakah zaman sekarang masyarakat bisa digoda dengan hal rasis? Dari video ini lo bisa lihat reaksi target yang syok masuk dalam jebakan ini. Tonton sampai akhir ya, karena reaksi target terakhir sangat berkesan.

 

7. Pitbull Dianggap Anjing Buas

Banyak rumor yang beredar di masyarakat tentang bahaya dekat dengan anjing pitbull. Stigma yang berkembang ini akhirnya membuat anjing pitbull menerima perlakuan yang berbeda dengan anjing ras lain. Pada dasarnya sih, semua anjing akan menyerang jika keberadaannya tidak aman atau ada yang sengaja mengusik. Jadi insting menyerang dan melawan sebenarnya dimiliki oleh semua ras anjing di dunia ini. Dari video dengan skenario super sederhana yaitu hanya sekedar jalan-jalan santai bersama anjing Pitbull vs anjing Australian Shepherd lo akan melihat kenyataan masyarakat yang menolak keberadaan si anjing pitbull. Fakta yang tersaji pada video ini emang bikin miris.

***

Deretan video tadi dibuat bukan untuk mempermalukan atau menyanjung niat baik pihak tertentu. Video ini dibuat dan dibagikan melalui YouTube untuk menyadarkan orang lain supaya lebih peka dengan kejadian di sekelilingnya.