Chillax  Travel, Leisure, & Places   

Pulau-pulau Indonesia yang Instagramable

 
Author
Liza Novirdayani Noor
24 May 2017

Kayak yang kita udah tahu, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kurang lebih 17.508 pulau. Dari banyaknya pulau yang Indonesia milikin, ada beberapa pulau yang punya keindahan alam dan pantai yang sangat menakjubkan. Bahkan, beberapa pulau ini banyak diincar buat jadi destinasi menghabiskan waktu berlibur wisatawan lokal dan mancanegara. Pulau-pulau apa aja, sih, yang jadi impian bagi para wisatawan?

1. Pulau Padar

Dari seluruh kawasan NTT, enggak cuma Pulau Komodo yang layak disambangi. Pulau-pulau kecil di sekitarnya pun punya daya magisnya sendiri. Salah satunya adalah Pulau Padar. Pulau ini udah pasti enggak asing lagi buat lo yang sering banget nge-scroll lini masa Instagram. Banyak banget orang yang udah berhasil ngabadiin momen di pulau ini. Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Di Pulau Padar, juga terdapat hamparan Pantai Merah Muda yang cocok buat sekadar berenang, bermain air, atau pun ber-snorkeling ria. Pengunjung juga bisa naik bukit buat nikmatin keindahan panorama dari atas. Biru laut dan jajaran pulau di sekitarnya bakal menghipnotis pengunjung.

2. Pulau Derawan

Terletak di bagian timur Pulau Kalimantan, pulau ini memiliki berbagai macam flora dan fauna laut yang langka di dunia. Nama Pulau Derawan saat ini tengah naik daun di kalangan wisatawan sebagai salah satu pulau paling indah di Indonesia, loh. Perairan di sekitar pantainya begitu bersih dan jernih sehingga keindahan terumbu karang dan ikan warna-warni di bawah laut bisa lo lihat dari atas permukaan. Berenang di pantai pulau ini bakal bikin lo lupa daratan.

3. Gili Trawangan

Wah, pulau yang satu ini pasti udah enggak asing lagi, dong, di kuping lo. Memang enggak bisa dimungkiri kalau keindahan alam, pasir putih, dan suasana damai di Kepulauan Gili patut diacungin jempol. Pulau Gili Trawangan terkenal dengan air lautnya yang sangat jernih serta alam bawah lautnya yang bagaikan surga. Pokoknya banyak banget titik di Gili Trawangan ini yang instagramable abis, guys.

4. Pulau Wakatobi

Kalau belum pernah ke Wakatobi, wajar aja lo masih ngerasa bingung sama tempat wisata mana yang bagus buat bermain. Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi adalah yang paling pertama direkomendasiin di sini. Di Pulau Wakatobi, ada banyak titik taman laut yang punya beragam spesies dari 25 gugusan terumbu karang yang tersebar di seluruh daerah Wakatobi. Pokoknya, kalau punya kesempatan berlibur ke pulau ini, lo enggak akan nyesel karena pemandangan bawah lautnya sangat indah dan manjain mata.

5. Pulau Pahawang

Sebagai primadona baru di Bandar Lampung, Pulau Pahawang juga layak masuk ke dalam jajaran pulau indah di Indonesia. Terlebih, terdapat dua pulau Pahawang di kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran ini. Pulau Pahawang Besar bisa jadi tempat terbaik buat snorkeling. Sementara, untuk photo shoot, lo bisa coba berlayar ke Pulau Pahawang Kecil. Di sini masih sepi dan enggak ada penghuni sama sekali. Jadi, sesi pemotretan lo enggak keganggu, deh.

6. Pulau Onrust

Pulau Onrust merupakan salah satu pulau kecil dalam gugusan pulau di Kepulauan Seribu. Selain pesisir pantainya yang bersih dan sering dijadikan tempat memancing oleh para wisatawan, pulau ini juga menyimpan situs bersejarah peninggalan Belanda. Sebuah bangunan mirip pondasi mercusuar tertambat di tengah pulau ini. Coba, deh, foto dengan latar belakang bangunan ini. Kece banget! Ternyata banyak juga, loh, orang yang milih pulau ini buat jadi tempat foto prewedding.

7. Pulau Waigeo

Gugusan pulau di ujung timur Nusantara ini patut lo banggain, guys! Enggak cuma warga lokal yang suka berlibur ke Pulau Waigeo ini. Banyak juga turis asing yang melancong ke pulau yang beribukota Raja Ampat ini. Di pulau ini terdapat sebuah pembudidayaan mutiara yang sayangnya dikelola oleh negara tetangga, Australia. Nah, di pulau inilah surganya para penyelam. Banyak sekali koral dan biota laut asing yang pasti jarang lo temuin di laut mana pun. Enggak percaya? Langsung aja cek di Raja Ampat!

8. Pulau Belitung

Pulau Belitung mendapat julukan sebagai “Pulau Laskar Pelangi” lantaran jadi tempat syuting film Laskar Pelangi. Pulau ini fenomenal dan instagramable banget, loh. Batu-batu granit di sepanjang garis pantai jadi daya tarik buat wisatawan untuk ngunjungin pulau indah ini. Pulau Belitung juga memiliki berbagai pantai yang indah dan menarik, salah satunya Pantai Tanjung Tinggi.

9. Pulau Karimunjawa

Di Pulau Karimunjawa banyak terdapat tempat wisata yang indah. Di antaranya adalah Pulau Menjangan Besar yang terkenal sebagai tempat penangkaran hiu dan Pulau Menjangan Kecil dengan terumbu karang dan ikan warna-warni. Lo pun bakal ngerasain sensasi yang menyenangkan jika nyelam di sini. Alam bawah laut Pulau Karimunjawa dan sekitarnya ini sangat menakjubkan.

10. Pulau Nusa Penida

Pulau Nusa Penida merupakan salah satu pulau dari jajaran dua pulau lain, yakni Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Pokoknya, hampir setiap jengkal dari Pulau Bali bisa dijadiin sebagai tempat wisata yang menakjubkan, begitu pun Nusa Penida. Di pulau ini, banyak terdapat perbukitan dan tebing sehingga menjadi daerah wisata yang unik dan berbeda dari biasanya. Buat lo yang ngerasa bosan di Bali, lo harus coba berkunjung ke Nusa Penida.

***

Nah, bagaimana? Udah tahu, ‘kan, mau rencanain liburan ke pulau yang mana?