Epic Life   

Pohon Natal vs Kucing

 
Penulis
Grace Pranata
24 December 2016

Menyambut datangnya hari Natal, tentunya semua orang akan sibuk mendekor rumah, ruangan pribadi, kantor, enggak lupa juga dengan toko dengan nuansa Natal. Mulai dari hiasan dinding, pohon Natal, dan boneka sinterklas lengkap dengan kado, semuanya dipajang menjelang bulan Desember. Keseruan menghias pohon Natal bisa menjadi momen waktu berkualitas lo dengan keluarga di rumah atau ketika di kantor dengan teman.

Akan ada rasa puas ketika akhirnya pohon natal sudah berdiri kokoh lengkap dengan hiasan dan lampu yang menyala. Waktu santai lo ketika makan biskuit jahe dengan minum teh atau kopi semakin asyik saat memandangi pohon natal. Namun beda cerita nih kalau lo memelihara kucing di rumah. Usaha lo berjam-jam menyulap pohon cemara sintetis menjadi pohon natal bakal sia-sia karena ulah kucing yang gemaz dengan keberadaan pohon natal.

Gabungan beberapa video tersebut mengungkapkan kalau enggak cuma lo doang yang mengalami masalah perihal pohon natal yang diserang si mpus. Naluri alamiah kucing yang suka bermain memang sulit dihindari ketika pohon natal sudah mejeng dengan cantik di rumah. Pohon natal sering menjadi inceran si mpus karena ada aksesoris yang menggantung di dahan, kerlap-kerlip yang berasal dari lampu natal serta keseruan ketika mengunya pohon natal. Rata-rata kucing yang usianya masih muda demen banget gigit-gigit segala yang menempel di pohon natal.

Hebohnya Chris, si pemilik kucing Cole dan Marmalade yang menghias pohon natal ditemani kedua kucingnya, sengaja ia abadikan momen tersebut untuk vlog di Youtube. Menggunakan action camera dan kamera di sudut ruangan, lo bisa menonton kerusuhan yang dibuat Cole si mpus hitam dan yang satunya Marmalade si mpus jenis ginger nut. Pohon natal milik Chris sudah praktis dilengkapi dengan lampu natal, jadi tidak ada resiko kabel lampu ditarik si mpus. Baru hendak memulai melebarkan pohon dan menyalakan lampunya, eh si Marmalade udah heboh menyeruak pohon yang masih polos tersebut. Meskipun tambah lama karena digangguin kucing-kucingnya, tapi si Chris tetap sayang kok dan menikmati momen keseruan mendekor pohon natal bersama peliharaannya.

Kali ini kucing berikutnya yang eksis dengan videonya di Youtube yaitu Shorty dan Kodi yang populer dengan acaranya “The Shoko Show”. Wuih namanya seperti acara di tv ya, tapi sebenarnya pertunjukan yang diunggah pemiliknya yakni seputar vlog unik kegiatan si mpus. Duo kucing yang diadopsi Robert, sang pemilik, dari tempat panti hewan ini sangat aktif ketika ada pohon natal. Ornamen yang menggantung di pohon natal bagi Shorty dan Kodi emang menggoda banget untuk dibawa kabur. Lihat aja tuh keseruan mereka bermain bola-bola ornamen pohon natal yang berhasil dicomot.

Banyaknya para pemilik kucing yang mengunggah video kelakuan peliharaan mereka ketika bermain di pohon natal, muncul ide Robert untuk membuat lagu seputar kucing dan pohon natal. Liriknya yang sederhana, menjelaskan sudut pandang dari seekor kucing yang rusuh ketika melihat pohon natal. Video di atas merupakan gabungan video aksi kucing dan pohon natal dari netizen dan video Shoko tentunya. Lo juga bisa kepoin video “I’m Climbing Up The Chrismast Tree” versi 2012 yang hanya menampilkan Shorty dan Kodi. Emang agak nyebelin sih kalau lihat dekorasi nuansa natal yang udah disusun kemudian diberantakin sama si mpus. Akan tetapi para pemilik kucing ini pun memaklumi tingkah laku peliharaan mereka yang senang bermain ornamen pohon natal.

Mempertahankan pohon natal beserta ornamennya agar tetap diam di tempat mungkin agak sulit kalau si mpus enggak mau berhenti isengin pohon natal. Eits jangan putus asa dulu, akun Youtube ErinsAnimals bakalan ngasih tips jitu untuk mengurangi resiko pohon natal lo diusik sama mpus kesayangan. Tips-tips jitu ini bisa lo ikuti yang diantaranya lo bisa pilih pohon natal yang ramah kucing yaitu ukurannya lebih pendek dan langsing agar enggak mudah roboh. Selanjutnya, buat fondasi yang  kuat agar pohon tetap seimbang manakala si mpus manjat dan lompat ke pohon natal. Gunakan wewangian citrus di pada pohon, karena sebagian kucing akan kabur ketika menghirup aroma tersebut. Hindari ornamen pohon natal berbahan gelas atau keramik yang mudah pecah. Nah sebagai alaram, lo bisa menggantungkan ornamen lonceng atau bell sebagai suara pengingat lo ketika si mpus mau bermain di pohon natal.

Pola tingkah laku kucing yang bikin kzl ketika bermain di pohon natal sudah semestinya dimaklumkan. Di dunia ini enggak cuma lo sendiri yang merasakan pusingnya menjaga pohon natal agar tidak diusilin sama mpus. Yup, naluri alamiah si mpus yang suka bermain sejatinya bisa diatasi dengan tips-tips yang sudah Viki ulas. Hayoo sudah siapkah lo mendekor pohon natal bersama mpus kesayangan?