Epic Life   

Peggy Whitson, Wonder Woman di Luar Angkasa

 
Penulis
Nural
08 June 2017

Ngomongin Wonder Woman enggak terlepas dari peran cewek yang punya kemampuan lebih dibanding yang lain, cowok sekalipun. Namun, memang itu yang digambarin dalam filmnya. Sosok wanita tangguh dan pemberani serta punya keinginan buat bikin dunia aman dan tenteram.

Setelah Viki bahas tentang aktris Indonesia yang cocok meranin Wonder Woman, kali ini Viki bakal ngenalin lo pada seseorang yang juga pantes disebut Wonder Woman di dunia nyata. Kalau di film, Wonder Woman tinggal di Themyscira, pulau yang enggak semua orang bisa temuin. Nah, sosok cewek perkasa yang Viki mau kenalin sekarang tinggalnya di luar Bumi. Yap, sosok ini merupakan astronaut wanita.

Peggy Annette Whitson namanya. Astronaut ini beberapa waktu lalu dapat penghargaan rekor atas prestasinya. Nah, lebih lengkapnya, yuk, kenalan sama sosok Wonder Woman luar angkasa ini.

“It is one of those rides, that you hope never ends” -Peggy Whitson

Lahir pada 9 Februari 1960 di Iowa, Amerika Serikat. Dibesarin oleh keluarga petani, Peggy udah ngerti arti ketekunan dan kerja keras sedari kecil.

Di usia 9 tahun, Peggy bercita-cita jadi astronaut saat ngelihat Buzz Aldrin dan Neil Armstrong berhasil mendarat di Bulan buat pertama kalinya.

Ketika Sally Ride jadi cewek astronaut pertama, Peggy makin yakin buat ngewujudin cita-citanya.

Pada 1978, Peggy kuliah di bidang biokimia, dapat gelar Ph.D. pada 1984. Karena prestasinya, Peggy banyak dapat penghargaan.

Walaupun para profesor ngebujuk dia buat kuliah lagi di bidang kedokteran, Peggy tetap kekeuh jadi astronaut.

Lulus kuliah, Peggy bekerja untuk NASA di beberapa posisi ilmu kedokteran dan penelitian biokimia. Akhirnya, dia terpilih sebagai calon astronaut pada 1996.

Sebelum bergabung bersama NASA, Peggy pernah jadi pengusaha ayam bersama sang suami.

Peggy sempat ditawarin kerja di sebuah institusi elit. Namun, dia menolak dan lebih memilih bekerja di NASA.

Bahkan, institusi tersebut bilang kalau Peggy udah bikin kesalahan terburuk karena menolak kesempatan ini.

Rupanya takdir berkata lain. Pilihannya itu berhasil bikin dia mecahin rekor yang luar biasa.

Atas prestasinya, Peggy telah nerima medali “Pelayanan Luar Biasa” dari NASA pada 1995, 2003, dan 2006.

Pemilik mata cokelat ini juga dapat penghargaan “NASA Outstanding Leadership Medal” pada 2006.

Pada 2011, Peggy dapat penghargaan “Medal For Merit in Space Exploration” dari pemerintah Rusia untuk kontribusi luar biasa dalam penerbangan antariksa berawak.

Sebagai astronaut ilmuwan NASA, Peggy pertama kali bertugas di Stasiun Ruang Angkasa Internasional pada 2002 selama 6 bulan.

Jadi cewek pertama yang memimpin Stasiun Ruang Angkasa Internasional pada 2008—2012.

Peggy kembali mencatatkan namanya dalam sejarah dengan rekor “Manusia Paling Lama Berada di Luar Angkasa”, yakni selama 650 hari.

Peggy Whitson, Wonder Woman di Luar Angkasa

Satu lagi prestasi Peggy. Dia udah ngejalanin enam kali spacewalk dengan total waktu 39 jam 46 menit. Wah, Peggy benar-benar cewek perkasa di antariksa!

Peggy menikah dengan Clarence F. Sams yang saat ini jadi manajer di Laboratorium Penelitian Sel dan Molekuler di NASA Johnson Space Center. Mereka dikaruniai dua anak.

Seharusnya, Peggy udah kembali ke Bumi pada Juni 2017. Namun, dia memperpanjang waktunya hingga September 2017.

Tahun ini, Peggy berusia 57 tahun, menjadikannya astronaut perempuan tertua di antariksa.

***

Nah, kisah hidup Peggy Whitson ngajarin kita buat terus berusaha buat menggapai cita-cita. Jangan pernah berhenti bermimpi. Bayangin aja, Peggy udah punya cita-cita jadi astronaut sejak usia 9 tahun. Mimpinya pun tercapai di usia 36 tahun. Nilai-nilai kerja keras dan ketekunannya sejak kecil ngebuahin hasil hingga ngejadiin namanya tercatat dalam sejarah. Benar-benar wonder woman, deh!