Style  Fashion   

Model Celana Cowok yang Kece dan Nyaman saat Ramadan

 
Author
Nural 
16 June 2017

Ramadan jadi bulan yang spesial buat umat muslim di dunia. Selain merupakan momen berkumpul bersama keluarga, juga menjadi momen reuni dengan teman-teman lama walau sekadar “bukber”. Enggak heran kalau bulan Ramadan ditunggu-tunggu kedatangannya.

Nah, enggak mungkin, dong, pas lagi kumpul-kumpul, penampilan lo biasa aja? Pastinya, lo bakal nunjukin kekecean lo ke orang lain. Apalagi, bukbernya jadi ajang reuni ketemu mantan gebetan. Malu, lah, kalau penampilan lo biasa aja!

Aktivitas saat Ramadan bisa dibilang sama aja kayak biasanya. Hanya aja, saat Ramadan tubuh lo bakal gampang capek. Nah, soal celana, lo harus mikirin model mana yang nyaman kalau dibuat ibadah dan aktivitas lainnya. Nyatanya, celana nyaman bisa ngebuat lo fokus puasa dan beraktivitas, kaki lo juga bisa “bernapas”.

Nah, kali ini Viki bakal ngasih rekomendasi celana kece yang nyaman lo pakai selama bulan puasa.

1. Chinos

Model celana kece dan nyaman yang satu ini pasti udah enggak asing, ‘kan? Pasalnya, sempat ngetren banget sekitar 2014. Buat yang belum tahu, chinos merupakan celana berbahan twill, 100% katun. Chinos berasal dari kata Chinese. Soalnya, celana ini awalnya berbahan twill dan diproduksi di Tiongkok sebagai pakaian militer abad ke-19.

Chinos sengaja dibuat buat para tentara agar nyaman saat berlari, merangkak, atau pun berenang. Ini salah satu celana laki-laki paling klasik yang pernah ada. Modelnya kasual, tapi juga bisa dibawa formal. Saat Ramadan, aktivitas yang banyak bikin tubuh jadi sering keluar keringat. Kalau udah gerah, biasanya berdampak pada emosi lo. Jadinya, enggak fokus ibadah. Nah, celana ini cocok buat lo yang suka beraktivitas, tapi enggak mau kegerahan dan lepek. Modelnya longgar, simpel, dan cukup antigerah.

2. Khaki

Ditinjau dari asal bahasanya, nama khaki sebenarnya diambil dari bahasa Hindi, yaitu khak yang berarti warna debu. Oleh karena itulah, model celana khaki ini biasanya banyak dibuat dari bahan kain berwarna cokelat. Model satu ini kerap dimiripin sama chinos. Fungsinya pun sama, buat kebutuhan militer. Bedanya, celana khaki memiliki karakteristik yang sedikit lebih berat dibanding khaki.

Banyak yang susah ngebedain antara chinos dan khaki. Kalau lo nemuin celana yang mirip dengan chinos tapi tekstur bahannya cenderung lebih tebal, berarti celana tersebut berjenis celana khaki. Celana khaki selalu hadir dalam warna-warna cokelat pucat, warna tanah. Soalnya, asalnya memang terinspirasi dari warna celana tentara Inggris. Kalau lo punya aktivitas luar ruangan yang lebih banyak, celana ini cocok digunakan. Apalagi, buat lo yang mau tampil kece dan nyaman saat bagi-bagi takjil. Selain nyaman, khaki memiliki banyak kantong. Makanya, ada khaki punya versi cargo-nya. Sedangkan, chinos enggak punya versi cargo.

3. Celana Wol

Bahan wol merupakan serat yang diambil dari bulu domba dan hewan tertentu lainnya. Sifat dari bulu domba ini sangat unik sehingga cocok digunakan buat bahan produksi tekstil. Pada sekitar 8000 SM, bahan ini digunakan pada tenun atau pun rajut.

Bahan wol mungkin kurang cocok digunakan pada siang hari saat cuaca panas. Namun, justru cocok dipakai saat lo harus beraktivitas malam hari. Misalnya, ketika salat Tarawih atau pun saat melakukan sahur on the road bersama teman-teman. Soalnya, lo bakal terlindungi dari penyakit “masuk angin”.

Sebenarnya, wol adalah tekstil yang bisa mengolah panas dengan baik. Dengan tekstur yang biasanya lembut, bahan wol ini udah banyak diolah menjadi celana kantor yang bisa dipakai buat kesempatan santai. Berguna banget ketika musim hujan!

4. Celana Jogger

Celana jogger atau jogger pants yang lagi hit ini merupakan desain yang belum pernah ada sebelumnya. Sebenarnya, celana jogger terinspirasi dari celana training. Namun, berkat kejelian seorang desainer, kini celana yang modelnya mirip dengan celana training ini bisa juga menjadi pilihan dalam gaya lo. Apalagi, celana ini menggunakan karet pada opening leg-nya, jadi bakal ngasih perhatian lebih pada sepatu lo.

Celana jogger dengan bahan apa pun sebenarnya nyaman aja, tapi celana jogger dengan bahan kaus adalah yang sangat pas buat nongkrong keren di akhir pekan. Apalagi buat acara bukber. Selain bahan kaus, bahan jersey juga nyaman dan cocok dipakai olahraga. Memang, celana ini sengaja dibuat agar pemakainya bebas bergerak karena mempunyai ruang yang besar pada kaki kita.

Kalau pengen gaya lo beda pas bukber, lo bisa memadukannya dengan kemeja atau cardigan agar terlihat casual-sporty. Di saat santai, cocok juga lo gunakan dengan kaus atau pun kemeja.

5. Celana Linen

Kain linen merupakan jenis kain yang terbuat dari serat alami. Jenis kain ini adalah yang tertua di dunia. Kain ini dihasilin dari proses menenun serat tanaman rami dan mulai muncul sejak peradaban Mesir Kuno dan Mesopotamia.

Celana linen jadi paling cocok buat tempat yang bercuaca panas. Linen punya kesan yang adem, jadi cocok buat beraktivitas. Apalagi, makin sering lo pakai, celana ini makin nyaman karena makin lentur dan adem. Enggak bikin gerah, nyaman dipakai saat salat Tarawih, bagi-bagi takjil, atau pun sahur on the road.

***

Kalau lo udah punya atau berencana beli model celana di atas, jangan lupa buat nyimpan dan ngerawat dengan baik. Semuanya bakal jadi pakaian yang sering banget lo pakai, bahkan enggak cuma pas bulan puasa. Soalnya, model-model celana ini cocok banget buat kita yang tinggal di wilayah tropis.

via GIPHY