Epic Life   

Misteri Foto Kadal Di Planet Mars Akhirnya Terungkap

 
Penulis
Nural
17 April 2017

Beredarnya gambar yang menyerupai kadal di Planet Mars sempat menjadi pembicaraan hangat di dunia maya beberapa minggu lalu. Dilansir dari ufosightingsdaily, terdapat gambar yang diambil oleh penjelajah Mars, Curiosity. Menariknya, terlihat kadal kecil berpegangan di kamera rover Curiosity Mars. Di Website tersebut, ada artikel berjudul "Lizard Crawling On @NASA Mars Rover This Week, March 2017", penulis Scott C Waring mengatakan bahwa kadal kecil tersebut terlihat memegang erat-erat pada kamera rover Curiosity. Hewan ini terlihat mirip seperti kadal dengan sirip tinggi ke belakang seperti salah satu jenis dinosaurus di Bumi, namun lebih kecil.

Dia juga mengaku bahwa ada gambar lain yang diambil oleh rover, 10 menit kemudian menunjukkan makhluk itu melompat.

"Foto sebelum dan sesudah terpisah sekira 10 menit sehingga cukup waktu bagi hewan untuk merangkak ke lokasi baru di sisi lain dari lengan kamera, Ini 100% bukti nyata bahwa ada kehidupan asing, meskipun kecil ada di Mars dan pada saat ada pada rover Mars," Ungkapnya pada Express.co.uk

Foto yang diambil rover Curiosity itu diyakini sebagai kadal alien yang naik di kendaraan. Dilansir dari Metabunk.org, mengatakan bahwa dugaan kadal itu hanyalah sebuah perangkat penghilang debut di ujung rover. Mick West dalam website tersebut melakukan penyelidikan lalu menyimpulkan bahwa dugaan kadal itu hanyalah sebuah perangkat penghilang debu di ujung rover.

Agar lebih meyakinkan, dia memberikan gambar close up dari alat di tempat pada rover. West mengatakan, itu merupakan kasus lain dari fenomena pareidolia, keadaan ketika trik otak mata dalam melihat benda-benda asing seperti wajah atau hewan dalam tekstur atau pola.

"Sebuah contoh lucu dari pareidolia, poster Youtube mengaku telah melihat kadal melompat ke Rover Curiosity Mars. Bahkan apa yang ia lihat merupakan tool penghilang debu," tulis West. Sementara itu, Scott Brando, sesama penyelidik UFO mengatakan, kasus itu kini telah resmi terbantah oleh West.