Epic Life   

Kelakuan yang Bikin Puasa Lo Sia-sia

 
Penulis
Liza Novirdayani Noor
02 June 2017

Udah mau masuk seminggu berpuasa, hal-hal berfaedah apa, nih, yang udah lo lakuin, guys? Dalam bulan penuh berkah ini, coba kurangin hal-hal yang sia-sia dan enggak ada manfaatnya. Lo pasti enggak mau, ‘kan, udah capek-capek puasa seharian, tapi ternyata puasanya enggak sah? Makanya, coba kurangi hal-hal berikut.

1. Ngomongin Orang

Di bulan puasa seperti ini, mungkin banyak dari kita suka bilang, “Eh, jangan gosip aja. Lagi puasa!” Padahal, bukan bulan puasa pun, gibah alias ngomongin orang itu bikin dosa. Enggak baik berburuk sangka atau ngomongin kejelekan orang lain. Cuma bikin setan-setan ketawa bahagia karena berhasil ngegodain lo.

Viki tahu, gosip memang menggoda dan nagih, sih. Makin digosok makin sip! Makanya, saran Viki, coba hindarin orang yang suka ngegosip biar lo enggak kepancing ikutan. Kalau apa yang kalian omongin itu ternyata enggak benar, bisa jadi fitnah, loh! Daripada fitnah, mendingan fitness, ‘kan, biar six pack?

2. Keseringan Bukber

Momen Ramadan biasanya paling bisa dijadiin ajang reuni dan nyambung tali silaturahmi. Nah, melalui kegiatan buka bersama (bukber) inilah, kegiatan reuni dari jenjang SD sampai kuliah bisa terlaksana. Seru, dong, kumpul sama teman-teman lama, apalagi yang udah enggak pernah ditemuin lagi dari lulus sekolah.

Sayangnya, semakin sering lo berbuka di luar rumah, enggak cuma waktu bareng-bareng keluarga aja yang berkurang, dompet pun kering kerontang. Iya, enggak, guys? Bahkan, terkadang kalau lagi bukber di luar, ibadah jadi dilewatin. Makanya, makan di rumah aja. Masakan mama udah paling enak, deh!

3. Pacaran/Berdua-duaan Melulu

Kalau lo enggak punya pacar atau gebetan, poin ini enggak usah dibaca. Nah, buat lo yang punya pacar, ada baiknya nentuin waktu kebersamaan dan rutinitas saat pacaran. Nonton berdua, gandengan tangan, duduk dempet-dempetan, itu semua dikurang-kurangin dulu, ya, guys.

Nah, biar enggak kelepasan gandengan tangan pas lagi jalan berdua, coba batasi komunikasi lo dengan pasangan. Komunikasi, ‘kan, bisa tanpa tatap muka alias lewat chat semata. Kalau memang enggak tahan mau ketemu, atur waktu ketemuannya habis buka aja, deh, selama sebulan ini. Misalnya, salat Tarawih bareng.

4. Tidur Seharian

Biasanya kalau lagi puasa, orang-orang jadi lemes dan suka bermalas-malas ria. Nah, biasanya, sih, hal yang paling sering dilakuin adalah tidur. Soalnya, tidur juga termasuk ibadah.

Nah, kalau tidurnya seharian? Itu, mah, bukan ibadah. Memang orangnya aja mager parah, sampai-sampai ibadah wajib pada ke-skip. Mana enggak ngerjain tugas, bolos kuliah, ya, udah kelar aja lah ente.

5. Nyinyirin Orang

Kalau lagi enggak ada kerjaan, tidur-tiduran aja di kamar, memang paling enak nyambi nge-scroll lini masa media sosial. Banyak postingan yang seru. Ditambah lagi, kalau ada postingan yang kontroversial, paling enak nyinyir bareng teman atau komentar dengan kesinisan level tinggi.

Duh, enggak bermanfaat banget, sih! Malah jadi kelihatan kasihan karena enggak punya kerjaan selain ngurusin hidup orang. Ngaku, deh, ada enggak yang begini? Rugi banget bulan yang penuh berkah ini dilewatin buat nyinyirin orang. Mending lo tobat, gih!

6. Makan dan Minum

...sebelum waktunya. Ya, iya, lah. Berarti puasa lo batal!

***

Semoga dengan kiat-kiat berguna ini, kegiatan lo selama bulan Ramadan bisa lebih bermanfaat. Ingat, bulan yang penuh berkah ini cuma datang setahun sekali . Jadi, udah sepantasnya lo manfaatin sebaik mungkin. Selamat ngejalanin ibadah Ramadan, guys!