Epic Life   

Hijab, Fashion Item yang Berevolusi

 
Penulis
Liza Novirdayani Noor
14 June 2017

Hijab saat ini jadi bagian dari dunia fashion yang enggak bisa lepas dari perubahan. Tren hijab kini makin mendominasi dengan hadirnya banyak selebgram hijab yang gaya dan penampilannya menarik buat diikutin. Sebelum ngetren kayak sekarang, hijab dulunya lebih dikenal dengan kata jilbab atau kerudung.

Ngikutin perkembangan mode, hijab pun dari masa ke masa berevolusi. Mulai dari yang sebatas selendang dan rambut masih terlihat ke mana-mana sampai jilbab yang benar-benar nutupin rambut dan memakai ciput (dalaman kerudung).

Biar lo bisa diajak pacar atau nyokap lo belanja hijab, Viki mau kasih wawasan soal pakaian ini. Berikut adalah revolusi hijab dari masa ke masa berdasarkan pengamatan Viki.

 

1. Jilbab ala Selendang

Di era 1990-an, ada model hijab sebatas selendang yang dikaitin ke kepala, tanpa ciput. Walaupun kurang nutupin aurat, model ini pun sempat hit di masanya, loh. Apalagi, beberapa selebritas Indonesia bergaya hijab kayak begini. Misalnya aja Yenny Wahid dan Halimah, mantan istri Bambang Trihatmodjo, putra dari Bapak Soeharto.

Kalau zaman sekarang, sih, cewek-cewek yang pakai model hijab identiknya kalau enggak lagi ngelayat, ya, lagi naik ojek. Buat nutupin rambut, biar enggak kotor pakai helm bekas orang. He-he-he.

 

2. Jilbab Klasik (Pakai Ciput)

Kalau model hijab klasik ini awalnya dipeloporin artis cantik Inneke Koesherawati pada era 2000-an awal. Model hijab kayak ini banyak banget ditiru masyarakat karena modelnya yang simpel dan praktis. Bahkan, model ini pun sempat ngehit juga. Bedanya, kalau zamannya Inneke, ciputnya masih yang kaku dan rada maju gitu kayak topi.

 

3. Jilbab ala Dian Pelangi

Awalnya, Dian Pelangi merupakan selebgram Indonesia yang terkenal akan fashion hijabnya. Cara berbusana dia bisa dibilang unik. Bahkan, dia pernah menciptakan sebuah gaya berhijab yang akhirnya banyak diikutin orang-orang karena kesederhanaannya. Model hijab ini diberi nama model hijab ala Dian Pelangi. Soalnya, model hijab ini memang dikenal merupakan gaya khas dari Dian.

Nah, di awal 2010, model hijab Dian Pelangi akhirnya dikenal oleh para hijabers hampir seluruh penjuru Tanah Air. Modelnya memang beda daripada model-model sebelumnya. Padahal, sih, cuma jilbab segitiga biasa. Namun, Dian berhasil ngubahnya jadi model yang terlihat elegan tapi tetap simpel. Jadi, enggak bosan, deh, dengan gaya hijab yang itu-itu aja.

 

4. Jilbab Turban

Hijab model turban ini mulai terkenal di kalangan hijabers pada awal-awal 2013. Model hijab turban diadaptasi dari model penutup kepala para cowok di Arab dan Pakistan. Pasti enggak asing, dong, kalau lihat sebagian cowok di Arab sana nutupin kepalanya dengan ngelilitin sebuah kain atau sorban gitu. Nah, versi hijabnya hampir sama juga seperti itu.

Sebelum pakai jilbab turban, disaranin pakai dalaman kerudung “ninja”. Biar lehernya bisa ketutupan. Lalu, bisa juga setelahnya dipadupadanin dengan syal. Model satu ini sangat direkomendasiin buat hijabers yang suka dengan tampilan simpel dan sporty. Model turban ini juga bisa terlihat elegan saat dipakai di pesta atau acara spesial, loh.

 

5. Jilbab Instan Modifikasi

Makin ke sini, cewek-cewek pun kayaknya kembali menyukai jilbab instan. Meski instan, tetap kekinian. Para produsen serta desainer hijab pun mulai memodifikasi jilbab instan agar terlihat semakin modern. Banyak bermunculan hoodie instan yang praktis digunakan, tapi tetap modern. Atau, hijab dengan model pashmina yang udah dijahit bagian bawah dagunya, jadi tinggal pakai aja tanpa ribet masang peniti/jarum pentul.

Jilbab instan modifikasi ini mulai populer pada 2014. Makin ke sini makin banyak rancangan jilbab instan, ngikutin perubahan zaman. Hal ini bikin mudah hijabers yang punya jadwal superpadat dan minim waktu buat pakai hijab modern dengan tatanan yang rumit.

 

6. Jilbab Kekinian

2015, banyak hijabers yang mulai beralih dari kerudung paris model segitiga ke pashmina. Uniknya, ada satu model penggunaan pashmina yang sangat familiar dan banyak digunakan di kalangan hijabers. Penggunaannya cukup dengan mengenakan jilbab pashmina. Satu sisi panjang, satu sisi pendek. Lalu, sisi hijab pashmina yang panjang ditarik ke belakang kepala kemudian ditarik ke arah depan dengan sisi yang sama panjang. Memang, sih, gaya hijab yang satu ini sangat mudah sehingga enggak heran banyak hijabers yang menggunakan model hijab seperti ini di kesehariannya.

7. Jilbab Ikat

Sebenarnya, model berjilbab ini udah ada sejak lama. Bahkan, bisa dibilang jilbab ikat ini merupakan jilbab klasik versi kekinian. Yap, gaya hijab masa kini sepertinya kembali lagi ke gaya hijab dahulu, yaitu hanya dengan menggunakan hijab segiempat yang dibentuk segitiga.

Nah, awalnya jilbab ikat ini populer lagi semenjak Laudya Cynthia Bella mulai mengenakan hijab. Bella kerap kali menggunakan model jilbab klasik yang diikat dibelakang leher. Kemudian, entah kenapa, para selebgram yang mengenakan hijab juga keseringan memakai model hijab kayak Bella. Bahkan terkadang modelnya dimodif dengan kedua sisi diikat kayak pita di bagian depan. Tahu, ‘kan, model jilbab anak-anak madrasah zaman dulu? Nah, kayak gitu, deh. Entah kenapa juga, saat ini malah jadi banyak cewek berhijab ikut-ikutan pakai model jilbab ikat.

***

Nah, udah tahu, ‘kan, ada berapa bentuk hijab? Selera nyokap sama selera cewek lo belum tentu sama. Dengan punya wawasan soal hijab, peran lo sebagai cowok makin bisa diandelin buat para cewek. Soalnya, lo jadi bisa kasih saran, apa model hijab yang cocok buat cewek-cewek di sekitar lo. Ini penting, loh. Nunjukin rasa sayang, pakai apa lagi kalau bukan kepedulian? Oke sip?