Epic Life   

FOBIA-FOBIA INI BIKIN BANYAK ORANG ENGGAK PERCAYA

 
Penulis
Riyandi Andesma
15 December 2015

Ketakutan terhadap sesuatu tentunya akan sangat membatasi kita dalam melakukan apapun yang kita inginkan. Disebut sebagai fobia, ViKi bakal kasih informasi buat lo semua kalau ada beberapa jenis fobia yang termasuk aneh tapi juga berbahaya buat pengidapnya.

 

1. Chronophobia

Orang yang mengidap fobia ini selalu merasa kalau waktu berjalan terlalu cepat. Salah satu penyebab utama dari fobia ini adalah stress yang berlebihan. So, take your time. Jangan pernah memforsir semua kegiatan lo sampai akhirnya lo mengalami ketakutan yang seperti ini. Santai tapi terencana, itu lebih baik.

 

2. Nyctophobia

Orang yang menderita fobia ini sangat anti sama yang namanya gelap. Saking takutnya, orang yang mengidap fobia ini lebih memilih untuk tidur di siang hari dan rela terjaga di malam hari dengan membiarkan lampu-lampu menyala terang.

 

3. Photophobia

Kebalikan dari nyctophobia, penderita fobia ini sangat takut dengan cahaya. Pengidap fobia ini lebih memilih tinggal di tempat yang gelap selama sisa hidupnya. Kasihan ya. Padahal banyak hal-hal indah yang hanya bisa dinikmati jika terang.

 

 

4. Lalophobia

Baru niat ngomong aja takutnya setengah mati. Itulah yang dialami oleh pengidap fobia ini. Alhasil, komunikasi pun tak berjalan. Fobia ini dapat berkembang menjadi sociophobia (ketakutan untuk menjalin hubungan atau berinteraksi). Dan akhirnya, selama sisa hidupnya, orang ini lebih memilih sendiri.

 

5. Anthrophobia

Sebagai manusia, mengalami fobia ini memang sungguh aneh. Pengidap akan takut saat bertemu orang lain. Bahkan sekadar bertatap mata pun mereka tidak berani. Salah satu penyebabnya adalah trauma tertentu yang setiap orang kemungkinan berbeda-beda. Ciri-ciri yang paling menonjol dari anthrophobia adalah sangat pemalu. So, buat lo yang merasa sebagai pemalu, coba latih untuk bersosialisasi biar fobia ini enggak berkembang di dalam diri lo.

 

6. Urophobia

Pengidap urophobia sangat takut untuk pipis. Mereka akan selalu merasa ada yang mengawasi saat mereka pipis. Umumnya, fobia ini dialami oleh cowok yang punya pengalaman buruk di toilet umum. Entah itu diisengin teman saat pipis di toilet sekolah ataupun mereka yang pernah dilecehkan di toilet umum oleh orang dewasa.

 

7. Anemophobia

Orang yang mengidap fobia ini bakal takut saat ada hembusan angin melewati kulitnya. Pengalaman buruk dengan badai di masa lalu merupakan salah satu penyebab utam fobia ini.

***

Kasihan juga ya orang-orang yang mengalami fobia-fobia tersebut. Sebagian besar kelainan mental tersebut terjadi akbiat trauma di masa lalu. So, kalau ada tanda-tanda fobia tersebut di diri lo, buru-buru konsultasi ke psikolog biar enggak makin menjadi.