Epic Life   

Fakta Di balik Nama Manis Seri Android

 
Penulis
Nural
16 April 2017

Buat yang sering mengikuti perkembangan Android , lo pasti tau fitur ajaib di smartphone Android . Bahkan, lo pasti udah enggak asing lagi dengan seri Android yang pake nama-nama makanan manis. Seperti, Gingerbread, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, hingga yang terbaru adalah Nougat. Mungkin, terdengar menarik. Tapi, lo tau fakta di balik alasan kenapa Google selalu menggunakan nama makanan untuk semua seri Android nya ?

 

1. Hidup Jadi Sweet

Enggak cuma pacar yang bikin hidup lo manis, alasan di balik pembuatan seri android ternyata manis juga loh. Dilansir dari IndianExpress, ketika Google meluncurkan Kitkat, Randall Sarafa, juru bicara dari Google menyatakan bahwa Android adalah sistem operasi yang memiliki kekuatan lebih dari 1 milyar smartphone dan tablet di seluruh dunia. Karena perangkat ini, membuat hidup jadi begitu manis.

Makanya, setiap versi Android dinamai dengan nama dessert seperti, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jellybean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow, dan Nougat. Hal ini karena, semua orang di dunia ini pasti suka dessert manis layaknya enggak bisa jauh dari olahan cokelat. Maka, mereka memutuskan untuk menamai seri Android layaknya nama dessert.

 

2. Kebiasaan Kru Teknisi

Saat perilisan Android KitKat, Google sempat memberikan pernyataan. Kabarnya alasan KitKat jadi nama Android 4.4 karena pada saat itu teknisi Android yang mengembangkan Android 4.4 hingga larut malam selalu mengambil KitKat sebagai cemilan. Ada-ada aja ya!

 

3. Keunikan Penamaan

Tiap rilis versi baru Android , dibuat patung Android raksasa dari bentuk makanan penutup yang sesuai dengan nama tiap versinya di halaman depan Google Campus untuk dipamerkan. Selain itu, coba lo perhatiin huruf pertama dari tiap penamaan versi Android .

Nama-namanya berurutan sesuai abjad, yakni C,D,E,F,G,H,I,J,K,L,M,N. Versi Android 1.0 dan 1.1 seharusnya memiliki nama yang diawali huruf A dan B sebelum 1.5 yang dinamai dari huruf C, Cupcake. Sebelumnya hanya dinamai Alpha dan Beta, kini telah diberi nama Apple Pie dan Banana Bread. Sebenarnya, tiap nama makanan yang digunakan sebagai kode nama Android tersebut memiliki makna masing-masing. Sayangnya, Google enggak mau membocorkan alasannya.

 

4. Desainer Maskot Android

Irina Blok adalah wanita yang menjadi pencetus lahirnya robot hijau maskot dan logo Android. Irina bekerja sebagai desainer di Google ketika perusahaan itu mulai mengembangkan Android. Tahun 2010, irina memulai proses pembuatan logo bersama timnya di Google pada tahun 2010. Irina memikirkan sebuah logo yang mudah diingat publik.

Inspirasi Irina dalam pembuatan logo Android adalah piktogram yang biasa jadi logo di pintu WC. Bentuk sederhana piktogram cukup mampu menjelaskan mana toilet perempuan dan laki-laki. Irina pun membuat gambar yang bisa menunjukkan bentuk robot. Padahal, sebelumnya Irina mengaku sempat mencari berbagai bentuk karakter dari film dan mainan bertema science fiction maupun luar angkasa. Namun pada akhirnya, dia kembali ke bentuk sederhana piktogram, yaitu robot berbadan kaleng dengan antena di kepala.

 

5. Bukan Hanya Google

Google bukan satu-satunya perusahaan yang pakai nama unik dalam penamaan teknologinya. Selama bertahun-tahun, Apple menamai platform MacOs X nya dengan nama spesies kucing besar seperti Puma, Snow Leopard, Jaguar, dan Tiger. Mungkin mereka menamai teknologinya biar gampang diinget oleh orang-orang dan keinginan untuk mengoleksi dan merasakan semua versinya.

***

Mungkin ini berkaitan dengan imajinasi masyarakat yang pastinya menyukai makanan lezat dan manis. Sehingga produk teknologi pun akan menimbulkan daya tarik kuat bagi konsumen, saat namanya sama dengan makanan favorit mereka. Kalo lo, versi android apa yang digunakan di smartphone lo?