Epic Life   

Deretan Selebritas Internasional yang Ketularan Virus “Om Telolet Om”

 
Author
Tanri Raafani
21 December 2016

Baru-baru ini dunia internet dihebohkan sama fenomena "Om Telolet Om". Yup, meme ini jadi Viral lewat rekaman video di socmed yang konon berlokasi di Jepara, Jawa Tengah, menunjukkan bocah-bocah yang lagi menunggu bus di pinggir jalan sambil memberikan kode pada supir bus agar klakson bus yang terdengar unik itu dibunyikan. Bunyi klakson yang kerap disebut telolet ini ternyata membuat bocah-bocah ini senang dan excited abis.

Ternyata hal yang terlihat receh seperti ini enggak cuma dinikmati oleh anak-anak, tetapi juga orang dewasa yang mungkin memang sedang butuh hiburan. Mungkin lo udah liat beberapa video "Om Telolet Om" yang tersebar di berbagai kanal socmed, yang memperlihatkan tingkah laku orang dewasa yang juga ikutan antusias sama fenomena ini. Seiring berjalannya waktu, idiom "Om Telolet Om" ini jadi viral di jagat maya, bahkan hingga menjadi trending topic pengguna Twitter di seluruh dunia dengan jumlah tweet lebih dari 430 ribu.

Mungkin lo penasaran kenapa "Om Telolet Om" bisa jadi se-viral ini. Jawabannya bisa lo temukan dalam akun-akun socmed DJ terkemuka dunia, mulai dari DJ Snake, DJ Marshmellow, The Chainsmokers, Martin Garrix, Zedd, Firebeatz, dan segelintir DJ lainnya. Coba lo kepoin postingan-postingan mereka, dan lo akan menemukan akun-akun socmed milik orang Indonesia membanjiri kolom komentar para DJ ini. Mereka lalu jadi penasaran dan mereka kepoin langsung apa itu sebenarnya "Om Telolet Om". Para DJ ini juga ikutan menikmati fenomena ini dengan memposting "Om Telolet Om" atau hal terkait lainnya di akun socmed-nya sendiri. Hasilnya bisa ditebak, orang Indonesia makin antusias ketika fenomena "Made in Indonesia" ini juga diikuti orang asing, lalu membanjiri socmed dengan "Om Telolet Om".

Enggak cuma DJ aja, selebritas lain juga udah ketularan virus “OmTeloletOm. Siapa aja selebritas Internasional yang terkena "virus" #OmTeloletOm? Cekidot!

1. DJ Snake, DJ Marshmello, Dillon Francis, Firebeatz, DJ Soda, dan DJ-DJ lainnya.

Dari banyak DJ yang ikut #OmTeloletOmMovement ini, sepertinya DJ Snake jadi yang paling antusias layaknya bocah-bocah Indonesia yang nungguin bus di pinggir jalan. Enggak cuma nge-tweet aja, DJ kelahiran Perancis ini juga ikutan membanjiri kolom komentar akun socmed para koleganya sesama DJ, seperti Calvin Harris dan Steve Aoki, bahkan juga seorang Donald Trump dengan "Om Telolet Om".

Sama kayak DJ Snake, duo DJ Firebeatz ini juga jadi korban keganasan virus "Om Telolet Om". Bedanya, Firebeatz menunjukkan dedikasinya kepada fans dengan membuat remix yang bisa lo liat di akun resmi YouTube dan socmed @Firebeatz.

DJ Marshmello juga ikut tertular wabah "Om Telolet Om".

Om Telolet Om

A photo posted by marshmello [✖‿✖] (@marshmellomusic) on

Sementara itu, sepertinya Dillon Francis udah kena virus "Om Telolet Om" stadium 3 dengan ikutan nge-remix bunyi suara klakson bus ini. Btw.. ada Skrillex juga nampang di videonya..

DJ Soda juga enggak mau kalah dong!

Dan DJ-DJ lainnya..

Ada juga yang baper..

Tentunya DJ asli Indonesia enggak mau kalah dong sama DJ-DJ luar. Buktinya aja DJ Joana juga ikutan "Om Telolet Om"!

2. Artis Korea

Ternyata wabah “Om Telolet Om” juga cepat menyebar ke negara ginseng ini. Ini dia buktinya…

3. Dawin

Wah, semoga lagu barunya cepet rilis ya mz!

4. Michael Clifford (5 Seconds of Summers)

Personil band asal Australia ini juga enggak mau kalah sama anak-anak Indonesia dengan mencoba melakukan tantangan #OmTeloletOm. Sayangnya enggak ada bus/truk yang ngerespon. Coba lagi besok ya mz!

5. Marc Marquez

Coba deh bayangin kalo motornya Marc dikasih klakson telolet.. Pasti epik banget!

6. Michael Ballack

Pesepakbola legendaris asal Jerman ini sepertinya masih bingung..

7. Real Madrid

Biar enggak kalah gaul, klub sekelas Real Madrid juga ikutan “Om Telolet Om” loh!

8. Karim Metwaly (YouTubers)

Youtubers asal Amerika Serikat, Karim Metwaly juga ikutan nyebut “Om Telolet Om” dan kelihatannya dia antusias banget. Coba aja kepoin akun Twitter-nya!

9. Polisi Indonesia

BTW, enggak cuma DJ doang lho, tapi para polisi Indonesia juga enggak mau kalah gaul sama DJ-DJ luar dengan ikutan nge-posting video kocak "Om Telolet Om". Polisi Indonesia emang termasuk gaul abis karena selalu up-to-date dengan tren-tren baru seperti #MannequinChallenge dan #BusChallenge

10. Billboard

Saking viralnya, Billboard juga ikut-ikutan dengan postingan artikel terbarunya yang membahas fenomena ini dari sudut pandang orang barat.

***

Satu hal yang bisa kita pelajari dari fenomena ini: Bahagia itu sederhana! Semua ini berawal dari kebahagiaan anak kecil yang mendengar klakson bus. Di tengah penatnya timeline socmed yang lagi rame soal kebencian serta hate speech yang jadi topik utama seperti sekarang ini, fenomena "Om Telolet Om" datang layaknya hujan yang mencairkan suasana dan membuat semua orang kembali tersenyum. Apa salahnya sekali-kali menikmati hal yang terkesan sepele seperti ini kalo emang kita semua bisa tertawa karenanya?