Epic Life   

5 “Tradisi” yang Menandakan Bulan Puasa Makin Dekat

 
Author
Nuel Andreas
17 May 2016

Lima hal ini dipercaya bakal “menyerang” lo ketika bulan ramadan semakin dekat. Tanpa kita sadari, hal-hal ini udah menjadi tradisi di Indonesia dari tahun ke tahun. Puasa tanpa dibarengi dengan hal-hal yang Viki jabarin di bawah bakal terasa janggal. Akan tetapi, bukan berarti semua tradisi ini bagus. Ada pun tradisi yang bikin kita kelimpungan. Apalagi buat yang sudah berkeluarga. Mau tau tradisi apa yang menandakan bulan puasa makin dekat? Kepoin yuk!

 

 

1. Kenaikan Harga Sembako

Pertanda pertama adalah naiknya harga sembako. Lo bisa perhatiin setiap kali mau bulan puasa pasti harga beras melonjak drastis. Bukan cuma itu, daging, ayam dan telur pun ikutan naik. Ya memang begitu. Harga itu kayak omongan, suka berubah-ubah. Karena harga sembako naik, harga kebutuhan lain seperti transportasi, tekstil, dan elektronik pun ada kemungkinan latah. Agak KZL kan sama tradisi yang satu ini.

 

2. Iklan Sirup

Sirup adalah minuman wajib di bulan puasa. Nah, umumnya saat menjelang puasa serangan iklan sirup bakal menghampiri visual semua orang. Tiap detik kita bakal melihat segarnya sajian sirup yang dikemas sedemikian rupa untuk menggoda kita. Menariknya, iklan tersebut biasanya dibarengi dengan cerita yang cukup menarik untuk diikuti. Hal itulah yang membuat tradisi ini selalu dinantikan di tiap tahunnya.

 

3. Iklan Biskuit

Sirup dan biskuit enggak bisa dipisahin. Sama halnya dengan Anang dan Ashanty, atau Viki dan Pevita Pearce. Seperti halnya sirup, kemunculan iklan biskuit di TV juga jadi salah satu pertanda kalo bulan puasa makin dekat. Biskuit adalah camilan paling fenomenal yang setiap lebaran enggak pernah absen. Yang sering jadi favorit keluarga Indonesia adalah merek biskuit yang di kalengnya terdapat gambar anak dan nyokapnya tanpa kehadiran si bokap. Dan sampai artikel ini ditulis, keberadaan si bokap pun masih menjadi misteri. Semoga saja di bulan puasa kali ini, si bokap menampakkan diri. Amin.

 

4. Sinetron Religi

Menjelang puasa banyak production house memproduksi sinetron bernuansa keagamaan. Langkah ini bertujuan untuk memberikan sensasi religi di bulan puasa, biar makin greget. Positifnya, nilai-nilai yang terkandung dalam sinetron religi ini jauh lebih bermanfaat ketimbang serial di bulan biasa. Enggak ada lagi tuh kita lihat ABG kebut-kebutan atau manusia serigala jajan bakso di pinggir jalan.

 

5. Single Religi

Musisi Indonesia juga enggak mau ketinggalan untuk menyambut bulan yang penuh berkah. Menjelang bulan puasa, kita bakal mendengar banyak penyanyi solo, duo, ataupun band yang membuat single baru bertema religi. Jadi kalo lo dengar berita infotainment ada musisi yang mempersiapkan lagu religi, berarti bulan puasa udah diujung mata. Asyik!