Epic Life   

5 Kegiatan Seru untuk Menyemarakkan Semboyan Bhineka Tunggal Ika

 
Penulis
Teman Rakyat
12 January 2017

Siapa yang tau arti dari semboyan Bhineka Tunggal Ika? Wah, harusnya sih pertanyaan ini bisa dijawab dengan mudah, karena sejak sekolah dasar pasti lo sudah mempelajarinya. Semboyan yang berasal dari bahasa Jawa Kuno ini berarti “berbeda-beda tetapi satu jua”. Semboyan tersebut sejalan dengan Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa, agama, dan golongan.

Indahnya kehidupan yang damai dan tentram di Indonesia memang sepatutnya kita jaga. Menjaga keutuhan NKRI adalah kewajiban kita semua sebagai warga negara. Enggak selalu orang tua yang harus turun tangan berperan di balik kedamaian Indonesia. Anak muda pun berhak menyebarkan semangat positif Bhineka Tunggal Ika.

Agar semangat yang terkadung dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika bisa melekat di hati lo, tentunya membutuhkan niat sebagai pupuk agar hal tersebut bisa tumbuh dengan baik. Jika lo pernah atau sedang tinggal di kota besar, lo akan berjumpa dengan keberagaman. Dari pengalaman hidup di tengah-tengah keberagaman, pastinya lo mampu mengenali dan memahami perbedaan yang ada. Agar tetap terjaga kedamaian negara Indonesia, berikut ini adalah kegiatan seru yang tentunya bisa melanggengkan keberadaan semboyan Bhineka Tunggal Ika di dalam diri masyarakat Indonesia.

1. Senyum Tulus dan Menyapa

Tidak hanya negaranya yang hangat karena beriklim tropis, orang-orang Indonesia pun terkenal dengan sifat ramah kepada turis. Pastinya lo pernah dengar kalau Indonesia mendapatkan predikat sebagai negara yang penduduknya super ramah kepada wisatawan. Memberikan senyum tulus memang kegiatan sederhana, tetapi berawal dari senyum kepada orang lain akan membawa rasa damai di hati. Nah, lebih baik lagi kalau keramahan itu diterapkan ke semua orang, termasuk sesama bangsa Indonesia. Enggak cuma ke turis aja.

2. Bakti Sosial

Kegiatan bakti sosial merupakan wujud nyata dari kepedulian terhadap sesama. Dengan terjun langsung melakukan kegiatan ini, akan timbul solidaritas dan memperat hubungan dengan sesama manusia. Lo bisa menjadi pengajar pendidikan nonformal untuk anak-anak jalanan, melakukan kunjungan ke panti asuhan, menghibur kakek dan nenek penghuni panti jompo, atau bisa juga sebagai relawan ketika terjadi musibah bencana alam. Pengalaman baru tentunya akan lo dapat dari mengikuti kegiatan bakti sosial yang menjadi salah satu semangat dari semboyan Bhineka Tunggal Ika di hati lo.

3. Piknik Lintas Budaya

Adanya kesamaan hobi di dalam diri manusia biasanya akan membentuk sebuah komunitas. Lo pastinya memiliki hobi yang sedang didalami atau malah lo sedang menjalani hobi yang mendatangkan penghasilan. Piknik lintas budaya tentunya bisa lo lakukan untuk menyemarakkan semboyan Bhineka Tunggal Ika dari hobi lo tersebut. Lo bisa berkunjung pribadi atau bersama dengan komunitas lo untuk mengunjungi komunitas serupa di daerah lain. Yap, berbagi pengalaman dan menemukan keluarga baru tentunya enggak kalah mengasyikan dari ngeceng di mal.

4. Mencoba Tinggal di Daerah Baru

Sekadar membaca dan menonton karakter suku bangsa di Indonesia memang rasanya kurang puas buat lo yang berjiwa muda. Rasa penasaran lo bisa diatasi dengan menginap di rumah penduduk di daerah. Tentunya enggak langsung numpang bobok dan seenaknya di rumah orang, loh. Lo harus mendapatkan izin dari tuan rumah, kepala daerah atau kepala adat atas tujuan kunjungan lo di sana. Menikmati suasana baru, gaya hidup di desa, mencari makan ke hutan, dan ingin berkebun di hamparan ladang luas, bisa jadi pengalaman baru lo ketika tinggal di pelosok daerah Indonesia. Pengalaman lo akan membuktikan sendiri dari apa yang selama ini lo ketahui dari internet tentang budaya Indonesia.

5. Melakukan Parade Budaya

Kalau lo belum sempat bepergian ke berbagai daerah di Indonesia untuk mengenal kebhinekaan budaya di Indonesia, lo bisa mengikuti parade budaya. Pertunjukan kebudayaan Indonesia bisa praktis ditampilkan dalam satu lokasi. Pentingnya pelaksanaan parade budaya adalah untuk menyadarkan masyarakat kalau Indonesia itu ada karena keberagaman. Salah satu kegiatan yang paling rutin dilaksanakan adalah festival yang dijalankan oleh Kedutaan Besar Indonesia di negara-negara luar. Dari kegiatan tersebut, orang luar pun jadi tau kalau keberagaman di Indonesia itu keren.

***

Pembelajaran semangat Bhineka Tunggal Ika tentunya enggak berhenti ketika lo sudah lulus sekolah, melainkan tetap di pertahankan sebagai patokan gaya hidup sehari-hari. Predikat menjadi negara dengan penduduk yang ramah sudah kita dapatkan, tentunya kita masih menanti predikat-predikat positif lainnya agar Indonesia semakin dikenal dengan kerukunan yang berasal dari semboyan andalannya. Yuk, sebarkan semangat Bhineka Tunggal Ika agar negeri kita tercinta semakin damai. (GP)