Epic Life   

11 Camilan Jadul Ini Tak Lekang oleh Waktu

 
Penulis
Liza Novirdayani Noor
16 March 2017

Masa kanak-kanak memang masa yang paling indah. Masa yang penuh keceriaan, masa dimana kita dimanja habis-habisan sama orangtua, masa saat kita belum kenal sama yang namanya galau karena pacar, mantan, ataupun skripsi. Selain itu, pas kecil, anak-anak juga enggak pernah pusing soal uang buat beli kuota, bayar kosan, atau traktir teman pas ultah. Saat kecil, uang yang kita punya cuma ditujukan buat satu hal, yaitu buat jajan!

Karena hobi anak-anak, sedari dulu, itu jajan, kali ini Viki bakal ngulas jajanan yang tetap bertahan meski sudah bertahun-tahun digerus waktu. Rangkuman Viki kali ini sudah menjadi teman setia

 

1. Choki-Choki

Choki-Choki adalah camilan cokelat berbentuk pasta yang sampai saat ini masih bertahan di pasaran. Sekarang, merek ini punya banyak varian rasa. Beberapa orang punya cara khusus buat nikmatin jajanan yang satu ini. Ada yang gemar mengemutnya langsung, enggak jarang pula yang menjadikannya sebagai tambahan pas makan roti tawar. Akan tetapi, cara paling seru adalah dengan menaruh Choki-Choki ke kulkas sampai beku sebelum menyantapnya.

 

2. Jet-Z

Nah kalau makanan ringan yang ini biasanya dibacanya dengan “jetset”. Dulu, Jet-Z punya rasa yang paling berjasa yaitu rasa paprika. Kenapa berjasa? Soalnya, jajanan ini sering banget jadi senjata para ibu di saat anaknya susah makan. Jet-Z pun jadi pancingan supaya si anak mau makan. Ada yang pernah ngalamin?

Dulu, Jet-Z ini punya empat varian rasa, yaitu ayam bumbu mamamia (asin gurih), paprika (asin gurih agak pedas), choco fiesta (cokelat), dan choco berry (cokelat strawberry). Namun, sekarang rasa Jet-Z cuma ada tiga: capuccino, groovy cheese, dan choco fiesta.

 

3. Oreo

Dari jaman dulu kita kecil sampai sekarang Oreo enggak pernah punah, malah tambah banyak aja varian rasanya. Kalau dulu krim oreo cuma ada rasa vanilla, sekarang udah ada yang rasa cokelat, strawberry, dan ice cream. Bahkan di luar negeri variannya lebih banyak, dimulai dari variasi krimnya sampai ada eskrim oreo dan oreo chocolate candy bar. Sayang banget di Indonesia belum ada. Padahal kalau Viki lihat dari gambar-gambarnya yang tersebar di internet, sangat lezat dan bikin mupeng.

 

4. Happy Tos

Happy Tos merupakan makanan ringan tortilla jagung yang bentuknya hampir sama seperti nachos, yaitu makanan yang berasal dari Meksiko. Happy Tos juga termasuk makanan ringan yang udah bertahun-tahun lamanya bertahan di Indonesia dan masih mudah ditemukan sampai sekarang. Meskipun begitu, Happy Tos pun masih tetap disukai orang banyak.

 

5. Tini Wini Biti

Tini Wini Biti juga jadi salah satu makanan jaman dulu yang bertahan sampai sekarang, ya walaupun di minimarket udah jarang ditemui. Namun yang menjualnya secara online masih bisa lo temukan dengan mudah. Yah tinggal klik aja ‘tini wini biti snack’, nantinya akan muncul banyak e-commerce yang menjualnya. Biskuit imut ini memiliki berbagai varian rasa: manis, susu, asin, jagung manis, sate ayam, pizza, dan bawang.

 

6. Chiki Balls

Chiki Balls terbagi jadi tiga rasa, yaitu cokelat, ayam, dan keju. Kalau dulu anak-anak suka banget beli chiki balls dikarenakan di dalamchiki balls biasanya akan ada hadiah tazos, mulai dari gambar looney tunes, pokemon, hingga ragnarok online.

 

7. Astor

Astor merupakan stik wafer yang berisi krim cokelat. Entah kenapa dimanapun berada jika ada stik wafer, mau dari berbagai merek yang ada, orang-orang pasti akan menyebutnya dengan astor. Padahal astor sendiri merupakan merek dagang dari stik wafer itu sendiri yang udah ada dari jaman dulu.

 

8. Nyam-Nyam

Cara makan nyam-nyam ini kalau ada yang belum tau nih, dengan cara nyelupin sendok mini kedalam cokelat cair, terus setelahnya celupin lagi ke bulatan-bulatan snack kecil, terus habis itu di-nyam-nyam deh. Varian nyam-nyam tapi enggak cuma yang bulat-bulatan snack kecil aja, ada juga yang berbentuk mini stik, ditambah dengan krim cokelatdan mesis. Nyam-nyam juga bertahan sampai sekarang dan sering di temukan di toko-toko.

 

9. Jagoan neon

Nah ini permen paling digandrungi cowok-cowok jaman ‘90an, karena permen jagoan neon bisa memberikan warna pada lidah buat yang mengkonsumsinya. Disamping memberi warna pada lidah, permen ini dulunya sering menyuguhkan hadiah berupa sticker.

 

10. Taro

Snack satu ini masih eksis. Sebelum ada Cheetoz, Jet-Z dan Chiki, Taro lebih dulu ada. Rasanya yang khas enggak pernah berubah dari dulu hingga sekarang. Meski saat ini banyak varian rasanya, Taro rasa rumput laut tetep nomor satu! Makanan yang pernah jadi legenda karena rasanya yang itu-itu aja, tapi sekarang masih eksis dengan banyak varian rasa.

 

11. Mini Stick Cracker

Mini Stick Cracker merupakan makanan ringan berjenis biskuit, dan bentuknya stik panjang yang sekilas mirip pocky. Bedanya, mini stick cracker ini biasanya enggak ada tambahan krim rasa. Hanya sebatas rasa tawar dan asin. Dari dulu, desain kemasannya enggak pernah berubah, selalu ada gambar pemain rugby yang sedang berlari.

***

Sebenarnya sih masih banyak lagi makanan ringan jaman dulu yang belum dimasukin ke dalam daftar di atas. Cuma kebanyakan makanan ringan jaman dulu itu, Viki lihat udah jarang ditemukan di toko jajanan, minimarket ataupun supermarket. Tapi, mungkin teman-teman ada yang berbaik hati mau nambahin makanan ringan jadul versinya masing-masing? Silahkan tambahin di kolom komen ya.