Chillax  Travel, Leisure, & Places   

10 Ruang Terbuka Hijau yang Asyik Buat Rileks

 
Author
Liza Novirdayani Noor
18 April 2017

Idealnya sebuah kota harus memiliki ruang terbuka hijau untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melakukan segala aktivitasnya. Bahkan, adanya ruang terbuka seperti taman kota diharapkan dapat membantu mengendalikan kenyamanan iklim dan keserasian estetika kota. Maka dari itu adanya Program #AyoKeTaman yang dicanangkan oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman (DPP) Provinsi DKI Jakarta sejak 4 Oktober 2015 ini sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat luas. Hal ini pun juga merupakan wujud kepedulian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Adanya ruang tanah hijau di tengah-tengah kota sangatlah penting sebagai penyeimbang ekosistem bagi lingkungan yang telah banyak mengalami perubahan di perkotaan. Antara lain dikarenakan fungsi dari pepohonan dan tanaman hijau di taman kota diperlukan untuk menyaring polusi yang dihasilkan oleh knalpot kendaraan bermotor. Maka dari itu jangan main ke mal atau pusat perbelanjaan terus, guys. Coba deh dateng ke beberapa taman kota untuk rileksasi pikiran.

Nah, Jakarta punya beberapa taman kota yang asyik banget untuk disambangi bareng teman, keluarga, maupun pasangan lo. Berikut 10 taman kota atau ruang terbuka hijau yang asyik buat rileks.

1. Taman Ayodya

Di taman seluas 7.500 meter persegi ini, ada kolam ikan luas yang dikelilingi jogging track sepanjang 1,7 kilometer. Taman Ayodya ini juga didukung dengan fasilitas umum seperti toilet, gazebo-gazebo buat kongkow, bangku taman, area amfiteater, dan wifi. Semua fasilitas ini pun cukup terawat loh. Pagi hari menjadi pilihan banyak orang untuk olahraga atau sekedar ngobrol pagi bersama keluarga di Taman Ayodya. Kalau lo lagi kepengen lihat air mancur danau yang menyala, lo bisa datang sebelum pukul 08.30 pagi.

Lokasi: Jalan Lamandau III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

2. Taman Langsat

Tersembunyi di balik kios pedagang burung dan tanaman, Taman Langsat yang memiliki luas 3,5 hektar ini memiliki lumayan banyak fasilitas daripada taman Ayodya. Ada area bermain anak, jogging track yang mengelilingi danau, jalur refleksi, hingga auditorium yang diberi nama Gedung Bina Taman. Fasilitas lain seperti toilet umum, bangku taman, tempat parkir, hingga wi-fi di taman ini pun cukup memadai. Taman yang tengah dipercantik dengan perluasan area bermain anak ini buka pukul 05.00 pagi hingga 17.00 sore. Taman Langsat ini pun juga cukup sejuk karena banyak pohon-pohon rindang yang ada di taman ini.

Lokasi: Jl. Barito, RT.3/RW.1, Kramat Pela, Kebayoran Baru, RT.3/RW.1, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

3. Taman Kalijodo

Kalijodo memiliki luas 1,4 hektar ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas antara lain taman, monumen, lintasan jogging, lintasan sepeda, skate park, amphitheater, musholah, kios, outdoor fitness, toilet, dan sound system. Enggak hanya akan diubah menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH), tapi ada juga Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) seluas 5.000 meter persegi.

Wajah baru kawasan Kalijodo ini pun juga akan menghadirkan energi positif untuk para penggemar skateboard, BMX, scooter, dan inline skate. Kenapa? Karena di sini ada skate park dengan standar internasional yang diharapkan pemerintah DKI Jakarta bisa menjadi lokasi penyelenggaraan event internasional. Kece kan?

Lokasi: Jalan Pangeran Tubagus Angke No.19, Tambora, RT.4/RW.5, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Barat

4. Taman Menteng

Sebelum berwujud ruang terbuka hijau, lahan seluas 3,4 hektare ini adalah stadion tempat klub sepakbola Persija. Sejak diresmikan pada tahun 2007, Taman Menteng terus bertambah teduh karena pohon-pohon di sana semakin rimbun. Selain memiliki ruang pamer berdinding kaca yang menjadi ciri khasnya, Taman Menteng juga dilengkapi dengan lapangan futsal, arena bermain anak, juga jalur untuk jogging dan bersepeda.

Lokasi: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.03 / RW.05, Menteng, RT.3/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat

5. Taman Tabebuya

Taman Tabebuya ini dulunya bernama Taman Kahfi, lokasinya di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dinamakan Taman Tabebuya karena di taman ini banyak tanaman tabebuya (Chrysotricha). Selain ada aneka permainan seperti ayunan dan perosotan, di taman ini juga ada gazebo yang sangat cocok digunakan untuk bersantai saat kondisi udara yang panas. Di Taman Tabebuya ini pun juga terdapat danau, dan lo pun bisa duduk-duduk rileks melepas lelah di pinggir danau tersebut.

Lokasi: Jl. Moh. Kafi No.1, RT.1/RW.2, Ciganjur, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan

6. Taman Suropati

Taman Suropati memiliki luas 16.382 meter persegi dan diisi ribuan pot tanaman hias. Suasana yang sangat sejuk bisa lo temukan di sini karena Taman Suropati dikelilingi pohon-pohon rindang. Selain itu, lo pun juga bisa menemukan patung-patung hasil karya para seniman asal negara-negara Asia Tenggara. Taman yang terletak di depan rumah dinas Gubernur DKI pada malam harinya akan ramai oleh penampilan dari para seniman jalanan. Jadi, enggak cuma bisa olahraga dan bercengkerama aja, lo pun bisa menikmati musik yang syahdu di Taman Suropati ini.

Lokasi: Jl. Taman Suropati, RT.05 / RW.05, Menteng, RT.5/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat

7. Taman Honda Tebet

Taman Honda Tebet ini memiliki jogging track, jalur refleksi, sarana olahraga, area bermain anak, dan juga bangku taman beratapkan tanaman rambat yang sejuk. Fasilitas lain seperti toilet umum, wi-fi, dan mushola pun juga tersedia di taman ini. Selain menyuguhkan pemandangan hijau melalui tanaman dan pepohonan yang ada, di sini lo pun juga bisa berolahraga, karena ada alat-alat kebugaran yang bebas dipakai, arena bulutangkis, serta jogging track. Ada fasilitas terapi refleksi juga, loh!

Lokasi: Jl. Tebet Timur No.10, RT.1/RW.4, Tebet Tim, Tebet, Jakarta Selatan

8. Taman Cattleya

Taman Cattleya sangat adem dan sejuk karena dikelilingi pohon-pohon menjulang. Selain itu taman ini juga dilengkapi dengan jogging track dan bangku-bangku taman, yang dibuat mengelilingi danau buatan. Selain menjadi arena memancing, area berumput di tepi danau dapat dijadikan sebagai area berpiknik. Taman ini juga dilengkapi fasilitas internet nirkabel, toilet, dan tempat parkir. Enggak jarang, suasana taman yang sejuk dan rindang ini sering digunakan untuk sesi foto, baik foto santaimaupun foto pra-wedding loh.

Lokasi: Slipi, RT 15 / RW 01, Palmerah, RT.15/RW.1, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat

9. Taman Kota Waduk Pluit

Pemandangan yang kumuh dengan banyak sampah dan eceng gondok barangkali bukan hal yang asing di daerah Waduk Pluit. Namun, setelah dilakukan usaha relokasi dan normalisasi pada tahun 2013, tempat ini sudah jauh lebih bersih. Sisi barat waduk pun telah menjelma menjadi sebuah taman yang diberi nama Taman Kota Waduk Pluit. Dengan luas sekitar enam hektare, taman ini pun menyediakan berbagai fasilitas untuk warga beraktivitas. Taman ini dibagi menjadi beberapa zona, seperti zona parkir, zona olahraga, zona plaza utama, dan zona amphitheater.

Lokasi: Jl. Pluit Timur Raya No.12, RT.6/RW.5, Pluit, Penjaringan, RT.6/RW.5, Pluit, Penjaringan, Kota Jkt Utara,

10. Taman Jogging Summarecon Kelapa Gading

Taman Kota di Kelapa Gading terkenal dengan jogging track-nya yang asyik sekali dipakai olahraga. Dibuka sejak pukul 05.30 pagi hingga 22.00 malam. Selain terdapat jogging track yang bebas sepeda, lo juga bisa mencoba fasilitas jalur refleksi, sarana olahraga, area bermain anak, dan gazebo. Sarana pendukung lainnya seperti bangku taman dan toilet tampak terawat. Beberapa ekor burung merpati yang tinggal di rumah burung tampak meramaikan suasana taman tersebut. Di seberang taman ini pun juga udah dibangun sebuah taman kota bernama Taman Jogging 2. Taman Jogging 2 merupakan pengembangan Taman Jogging 1 yang sudah beroperasi terlebih dahulu. Fasilitas yang ada di Taman Jogging Kelapa Gading 2 pun hampir sama seperti fasilitas yang berada di taman jogging 1.

Lokasi: Jalan Raya Boulevard Blok. GT 3, Kelapa Gading, RW.16, Klp. Gading Tim, Klp. Gading, Jakarta Utara

***

Mengingat pentingnya fungsi dari ruang terbuka hijau ini, maka sangatlah perlu bagi kita untuk melestarikan dan ikut menjaga supaya ruang terbuka hijau ini terawat. Enggak merusak tanaman yang ada di taman tersebut dan jangan membuang sampah sembarangan di taman kota maupun di dalam kota itu sendiri merupakan salah satu bentuk kepedulian kita pada lingkungan dan negara.