Chillax  Travel, Leisure, & Places   

Spot Foto Paling Kece di Gunung Bromo

 
Author
Liza Novirdayani Noor
07 August 2017

Siapa, sih, yang enggak kenal Gunung Bromo? Gunung Bromo termasuk dalam satu kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di Taman Nasional itu enggak hanya ada Gunung Bromo, tapi juga ada Gunung Semeru, Gunung Tengger, Gunung Batok, dan beberapa danau. Memiliki ketinggian 2.392 mdpl, Gunung Bromo menjadi gunung yang paling terkenal di Jawa Timur.

via GIPHY

Beberapa tahun belakangan ini, Gunung Bromo jadi salah satu objek wisata favorit orang-orang yang melancong ke Malang. Hamparan pemandangan yang indah diincar oleh wisatawan buat sekadar relaksasi mata atau nambah koleksi foto jalan-jalan. Namun, kalau enggak tahu di mana aja spot foto yang kece, kedatangan lo bisa aja sia-sia.

Nah, biar koleksi foto jalan-jalan lo makin kece, cari tahu dulu di mana aja lokasi tepat buat foto-foto selama berada di Gunung Bromo.

 

1. Gunung Pananjakan

Kalau lo ikutan open trip ke Gunung Bromo, Gunung Penanjakan jadi tujuan paling pertama yang ditulis di daftar kunjungan. Kenapa? Soalnya, lokasi ini adalah tempat paling populer dan jadi spot wajib buat ngelihat matahari terbit. Yap, Gunung Pananjakan terkenal dengan keindahan pemandangannya yang tersaput kabut.

Coba bayangin, sentuhan lembut cahaya matahari yang baru terbit berpendar dalam warna merah dan kuning di balik awan putih. Sungguh pemandangan yang indah, ‘kan? Foto dengan latar belakang matahari terbit dan gunung ini jadi foto yang paling banyak diunggah netizen yang berkunjung ke Gunung Bromo.

 

2. Pasir Berbisik

Pasir Berbisik adalah salah satu keunikan dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tempat ini berupa dataran yang sangat luas dan diselubungi pasir hitam. Pokoknya, mirip dengan gurun pasir.

Tekstur pasir yang kasar menimbulkan suara seperti berbisik. Masa, sih? Coba aja lo ke sana, ambil sejumput pasir, lalu jatuhkan perlahan ke tanah. Pasti muncul suara lembut seperti berbisik. Di Pasir Berbisik, lo juga bisa temuin beberapa batu besar yang bisa dipanjat atau sebagai tambahan latar belakang buat foto-foto.

 

3. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies bukan cuma spot memukau di Dieng, loh. Nyatanya, di Gunung Bromo pun ada. Bukit Teletubbies sendiri sejatinya merupakan sabana yang sangat luas dengan pemandangan hijau sejauh mata memandang. Bukitnya yang bergelombang itulah yang tampak seperti bukit di serial Teletubbies.

Keindahan dan keunikan Bukit Teletubbies bisa diabadikan dari kaki bukit. Pemandangannya indah dan menyejukkan mata. Enggak mengherankan kalau spot ini jadi jadi favorit banyak orang.

 

4. Mobil Jip Sewaan

Buat menyelusuri Gunung Bromo, sebenarnya, pengunjung perlu menyewa mobil jip. Apalagi kalau lo ke spot pertama yang Viki sebut, Penanjakan. Soalnya, Penanjakan memiliki tinggi 2.770 mdpl, lebih tinggi daripada Gunung Bromo. Makanya, kendaraan biasa enggak akan bisa mencapai spot ini.

Nah, penyewaan jip enggak cuma bikin perjalanan lo jadi lebih gampang. Nyatanya, lo bisa dapat foto-foto kece dengan mobil jip. Soalnya, jip bisa mengakomodasi lo ke semua spot yang ada di Gunung Bromo, termasuk PaBir berbisik dan Bukit Teletubbies. Makanya, sayang banget kalau lo enggak foto dari kendaraan ini. Atau, bisa aja lo foto bareng kendaraan ini biar kesannya lo adalah sosok petualang sejati.

 

5. Kawah Bromo

Buat bisa mencapai kawah Bromo, wisatawan harus mendaki ratusan anak tangga. Jadi, spot satu ini enggak wajib-wajib banget kayak beberapa spot sebelumnya. Banyak, kok, yang malas mendaki ratusan anak tangga tersebut. Namun, meskipun begitu, kawah yang berada di ketinggian 2.329 meter ini jadi salah satu pemikat tersendiri di Bromo. Enggak sedikit wisatawan yang masih mau menyempatkan diri buat naik dan berfoto dekat dengan area bekas letusan satu ini. Soalnya, nanggung amat kalau lo ke Gunung Bromo, tapi enggak nikmatin kawahnya. Capek sedikit enggak apa-apa, yang penting perjalanan lo maksimal hasilnya. Setuju, ‘kan?

 

6. Gunung Batok

Selain Gunung Bromo, dalam gugusan gunung tersebut sebenarnya terdapat gunung lain yang bernama Gunung Batok. Meski gunung ini enggak setenar Gunung Bromo atau pun Gunung Semeru, sebenarnya, penampakan Gunung Batok paling sering muncul dalam gambar Gunung Bromo. Bahkan, sebagian orang salah mengira kalau gunung inilah yang merupakan Gunung Bromo. Enggak mengherankan, sih, soalnya letak Gunung Batok ini bersebelahan dengan Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Kalau lagi di perjalanan menuju puncak Gunung Bromo, coba lo berhenti dulu buat ambil foto dengan latar Gunung Batok. Oh, iya, lo juga bisa nyewa kuda buat mencapai puncak. Jadi, jangan lewatkan kesempatan buat berfoto bareng kuda-kuda tersebut.

 

7. Pura Luhur Poten

Bisa dibilang, inilah lokasi paling eksotis di Gunung Bromo. Pura ini merupakan salah satu tempat beribadah masyarakat suku Tengger. Pura Tengger dibangun pada 2000 dengan arsitektur campuran dari adat Bali dan Jawa. Selain sebagai tempat beribadah, Pura Luhur Poten merupakan lokasi perayaan suku adat Bromo, yaitu Upacara Kasada. Upacara Kasada adalah upacara tahunan sebagai wujud memanjatkan puji syukur atas karunia yang diterima masyarakat. Upacara ini diadakan setiap tahun sekali pada bulan Kasada (bulan ke-10 dalam Penanggalan Jawa), tepatnya pada hari ke 14 dan malam bulan pertama.

Nah, panorama pura ini kece buat diabadikan. Apalagi, lokasinya berada di tengah-tengah kaldera yang luas dan ada pemandangan gunung sebagai latarnya. Lo pasti bakal lupa sama rasa capek yang melanda kalau udah ke sini.

***

Keindahan Gunung Bromo yang spektakuler dan dramatis membuatnya jadi salah satu tempat wisata paling digemari di Indonesia. Enggak cuma wisatawan lokal, turis mancanegara pun mau banget ke sini demi menyaksikan pemandangan alam yang menyejukkan dan memukau. Nah, kalau lo ke Gunung Bromo dan sekitarnya, ingat, ya, selalu jaga kebersihan demi menjaga keindahan alamnya.