Chillax  Sex & Relationship   

Pentingnya Mencintai Diri Sendiri Sebelum Menyayangi Orang Lain

 
Author
Liza Novirdayani Noor
06 August 2017

Lo ingat, enggak, kapan terakhir kali lo ngelakuin sesuatu buat diri sendiri? Banyak orang yang sibuk mencari pasangan sehingga lupa nikmatin masa-masa jomblonya. Parahnya, enggak sedikit dari mereka terjebak dalam siklus hubungan yang negatif. Friendzone, PHP, ngarep, dan lain sebagainya adalah penyakit yang sering banget hadir pada kisah percintaan muda-mudi saat ini. Cinta yang mestinya terasa membahagiakan malah bikin menderita. Kenapa, tuh, kira-kira?

via GIPHY

Yap, banyak orang yang lupa buat memelajari cinta secara positif. Karena ngebet punya pasangan, akhirnya gebetan didempet terus, sampai-sampai enggak sadar kalau ujung-ujungnya belum tentu jadian. Padahal, kalau bisa menghargai diri sendiri, lo enggak bakal nyakitin diri sendiri buat sesuatu yang enggak jelas. Makanya, mencintai diri sendiri terlebih dahulu sebelum mencintai orang lain itu penting banget.

Apa aja, sih, manfaat mencintai diri sendiri? Nih, Viki jabarin, ya.

 

1. Bisa Menghargai Diri Sendiri

Ada kalanya, saat enggak sengaja ngelakuin kesalahan dalam bentuk apa pun, kita mencemooh diri sendiri karena menyesal itu. Padahal, kesalahan bisa jadi proses pembelajaran agar nantinya kita bisa ngelakuin sesuatu yang benar. Namun, masih banyak orang yang justru jadi kecil hati dan ragu pada diri sendiri karena ngelakuin kesalahan.

Nah, coba lihat lagi diri lo sendiri. Kesalahan itu wajar, kok, guys. Menurut penelitian yang dilakukan Scientific American, kalau bisa menerima kesalahan lo dan enggak nyalahin diri sendiri, kesehatan mental lo bakal terjaga. Jadinya, badan lo pun bisa bersemangat buat ngelakuin sesuatu dengan lebih baik. Kalau lo mulai ngeraguin kualitas diri lo, coba minta teman dekat lo buat nyebutin hal-hal baik apa apa aja yang lo miliki.

Lo jangan anggap remeh penilaian teman lo, ya. Soalnya, bagaimanapun juga, yang ngelihat tindak-tanduk kita adalah orang-orang di sekitar. Kita justru sering enggak kenal sama diri sendiri, loh, apalagi kalau lo punya pikiran negatif yang bikin lo enggak sadar sama potensi yang sebenarnya lo miliki.

 

2. Enggak Gampang Galau

Dengan mencintai diri sendiri, lo jadi pribadi yang selalu optimis. Dalam urusan percintaan, lo enggak gampang nyia-nyiain waktu lo buat hal yang enggak pasti. Enggak sedikit-sedikit galau atau sebentar-sebentar ngarep.

Kalau benar-benar sayang sama diri lo sendiri, lo enggak bakal mau dibuat nungguin terlalu lama. Apalagi kalau lo sampai dikendaliin ekspektasi yang berlebihan. Lo justru jadi orang yang percaya diri. Nah, keuntungan orang yang percaya diri, menurut Psychology Today, bisa narik perhatian siapa aja dan ninggalin kesan yang baik serta positif.

 

3. Enggak Mudah Terjebak pada Pikiran yang Dangkal

Enggak sedikit orang yang terjebak dalam pemikiran bahwa asmara adalah segalanya. Kalau enggak punya pacar, hidup bakal hampa. Seakan-akan, hanya romantikalah aspek terpenting dalam hidup. Padahal cinta masih bisa diraih dari keluarga dan teman-teman. Masa enggak cukup, sih?

Padahal, masih banyak yang layak diraih selagi masih muda selain asmara. Misalnya aja prestasi di sekolah, indeks prestasi kumulatif di kuliah, dan karier yang meningkat. Kalau bisa fokus hal-hal yang lebih berfaedah, lo enggak bakal tertekan dalam berbagai masalah asmara dan lebih bisa nikmatin hidup.

 

4. Semangat Menambah Kualitas Diri

Kalau punya teman yang jomblo dan bisa nikmatin masa-masa kesendiriannya, lo harus belajar banyak dari dia. Soalnya, teman lo bisa manfaatin waktu buat nambah kualitas dirinya sendiri. Ini juga bentuk mencintai sendiri, loh. Ya, masa, lo puas begitu aja, sih, dengan pencapaian diri lo sekarang? Lo pasti mau, dong, buat jadi orang yang lebih cerdas, berbakat, atau karismatik.

Lo jangan cuma punya kriteria ideal buat calon pasangan. Coba, lihat diri lo sendiri, kira-kira, lo udah masuk standar buat lo sendiri, belum? Malu, ‘kan, kalau lo segitu-gitu aja, tapi ntar lo dapat pasangan berkualitas tinggi yang bisa segala hal? Nah, makanya, mumpung belum punya pacar, luangkan waktu sebanyak-banyaknya buat ngembangin diri agar kualitas lo makin bertambah.

 

5. Jujur pada Diri Sendiri dan Lebih Bahagia

Kalau bisa mencintai diri sendiri, lo bakal tahu apa aja yang bisa lo kompromiin dan mana yang enggak. Lo tahu betul apa yang lo mau. Lo enggak akan mudah berkorban demi secuil harapan yang sia-sia.

Orang yang mencintai dirinya sendiri tentu menghargai dirinya luar-dalam. Dia enggak akan pernah mau berubah demi orang lain agar bisa dicintai dan pura-pura bahagia. Orang yang bisa mencintai diri sendiri bakal jujur sama dirinya sendiri dan ke orang lain. Makanya, dia akan benar-benar bahagia secara lahir dan batin.

***

Menghargai diri sendiri bisa jadi pengingat bahwa lo tetap mencintai diri sendiri dan berhak dapat yang terbaik. Nah, hal positif apa, nih, yang udah lo lakuin buat ngebahagiain diri lo sendiri?