Chillax  Travel, Leisure, & Places  Food & Resto   

Kelezatan Autentik yang Tersimpan di Napoli

 
 
Claudia Jasmine
16 July 2017

Banyak kabar burung yang bilang kalau kota terbesar ketiga di Italia ini bukanlah destinasi wisata yang menyenangkan. Napoli atau Naples—nama lain kota ini—bagai lautan manusia. Lalu lintas di sana kacaunya enggak jauh beda sama Jakarta. Spot buat pejalan kaki dihakmilikin sama pengendara sepeda motor dan mobil. Pengemis ada, copet juga banyak. Yap, Napoli adalah salah satu kota miskin di Eropa dengan angka penggangguran mencapai 11%.

via GIPHY

Meskipun ruwet, Napoli ternyata menyimpan kecantikan dan pesona tersendiri. Makanya, ada pepatah yang bilang “Rome is Italy’s heart and that Naples is its soul”. Yap, kecantikan kota ini bukan cuma dari peninggalan budaya yang luar biasa. Makanan juga jadi topik yang enggak boleh dilewatin kalau bicara soal Napoli. Bisa dibilang, semua makanan terbaik Eropa, khususnya Italia, berkumpul di Napoli.

Hmm. Coba, yuk, tengok pesona kuliner yang disimpan di kota penuh kejutan ini.

 

1. Piza

Piza adalah makanan khas Italia. Di seluruh penjuru Italia, lo bisa aja nemuin makanan ini. Namun, Napoli dikenal sebagai rumahnya piza, loh! Di Napoli, piza tercipta pada abad ke-19. Ke mana pun kaki melangkah di sini, pemandangan yang lo bakal lihat adalah oven atau tungku batu. Aroma wangi piza yang lagi dipanggang bakal menggoda indra penciuman lo hingga ke setiap sudut kota.

Dibandingin sama Roma dan Milan, memang Napoli masih kalah gede. Yap, kota ini bukanlah kota mahal nan elit. Namun, itulah yang bikin Napoli jadi destinasi terbaik buat penggemar piza. Lo bisa banget nemuin piza terbaik di tempat yang enggak lo sangka-sangka. Misalnya aja rumah makan pinggir jalan yang tampilannya biasa aja.

 

2. Pasta

Selain piza, Napoli punya banyak varian pasta. Kalau lo penggemar pasta, wajib datang ke daerah Gragnano. Di sini, semua pasta dibuat secara rumahan dari bahan mentah. Enggak ada, tuh, yang buat pasta dari pasta instan.

Di sini, lo enggak cuma bisa ngerasain pasta asli dari tepung dan bukan buatan pabrik. Produksi tomat dan keju juga melimpah. Yap, keduanya merupakan bahan wajib buat hampir semua makanan khas Napoli. Aneka ragam pasta yang autentik di kota ini dijamin bakal menyegarkan jiwa dan raga lo yang kelelahan setelah mengelilingi penjuru kota.

 

3. Gelato

Napoli adalah kota pesisir. Iklim di sana pun jauh lebih panas daripada kota-kota lain di Italia. Makanya, enggak mengherankan kalau orang-orang Napoli tergila-gila sama es krim. Yap, es krim jadi teman dekat bagi orang-orang Napoli.

Nah, es krim Italia, biasa disebut gelato, bukan sembarang es krim. Beda dari es krim umumnya, gelato punya rasa yang lebih kaya dan intens. Yang bikin gelato makin disukain, khususnya cewek-cewek, kandungan lemak dalam gelato lebih rendah dibanding es krim.

Napoli diklaim sebagai kota kelahiran gelato, loh! Soalnya, gelato terbaik memang ada di sini. Salah satu yang wajib lo coba adalah neapolitan. Gelato ini punya tiga rasa dalam satu wadah.

 

4. Kopi

Kopi memang komoditas populer di seluruh dunia. Indonesia pun digadang-gadang sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik. Namun, kalau lo benar-benar penikmat kopi sejati, wajib hukumnya buat mencicipi kopi di Napoli.

Di jalan utama Napoli, Via Roma, berkumpulnya kedai kopi terbaik. Di sana, lo bakal dibuat “mabuk” sama aroma kopi yang bercampur dengan aroma manis dari toko pastry. Kopi tradisional buat orang Napoli adalah espresso. Karena kecintaan mereka sama kopi, minum kopi satu kali sehari rasanya enggak cukup. Mereka bisa menenggak kopi sebanyak empat kali dalam sehari. Wow! Kira-kira, kayak apa, ya, lambung mereka?

Bukan cuma kelezatan kopinya yang bisa memikat lo. Orang-orang Napoli punya tradisi buat mentraktir orang lain secangkir kopi. Caranya, mereka membayar dua cangkir kopi. Secangkir diminum sendiri, lainnya buat orang lain, biasanya orang kurang mampu. Biasanya, struk pembayaran bakal ditempel supaya bisa diklaim sama orang itu. Jadi, siapa pun bisa menikmati kopi terbaik dengan kebaikan orang lain.

 

5. Jajanan Pinggir Jalan

Bukan Jakarta aja yang punya tempat makan pinggir jalan. Napoli pun punya makanan-makanan unik nan murah yang harus banget lo cicip. Selain pengalaman kuliner yang enggak terlupakan, lo juga bisa cari tahu karakter orang-orang Napoli dari makanan pinggiran. Misalnya, mereka punya Wallet Pizza. Sejenis piza, tapi bentuknya kayak dompet. Makanan ini jadi menu sarapan mereka, loh. Berat banget, ya?

Ada pula Panino Napoletano. Ini roti lokal yang isinya salami, keju, telur rebus, dan lada hitam. Makanan ini biasanya dijadiin menu pagi menuju siang setelah menyantap piza.

Masih ada lagi jajanan yang enggak boleh dilewatin. Namanya Cuppetiello. Ini merupakan sekumpulan makanan ringan yang terdiri dari mozzarella bites, kroket kentang, dan zeppoline (tepung piza yang digoreng). Isian ini dibungkus dengan kertas cokelat, semacam kertas yang dipakai abang tukang kacang yang kerap lo lihat pinggir jalan.

Karena udara panas, mereka butuh yang segar-segar. Es lemon adalah solusinya! Yap, di Napoli banyak banget gerobak penjaja es lemon. Tentunya, minuman ini bukan lemon sasetan kayak yang kita sering temuin. Mereka menggunakan lemon, air, dan gula alami, tanpa bahan pengawet. Jadi, lo enggak perlu khawatir bakal batuk-batuk setelah meminumnya.

***

Nah, itu dia pesona kuliner Napoli yang enggak bisa ditemuin di tempat lain. Mungkin banyak hal enggak menyenangkan di kota ini, tapi kalau udah mencoba makanan-makanan khas di atas, bisa jadi lo enggak mau pulang. Di antara makanan-makanan yang udah Viki sebutin, mana yang bisa menggoda lo buat buru-buru cari tiket pesawat ke sana?

via GIPHY