Chillax   

Ini yang Bisa Lo Lakuin kalau Hemat Starbucks Setahun

 
Author
Metta Anggriani
11 August 2017

Lo termasuk orang yang doyan ngopi-ngopi di kafe? Yap, kafe memang selalu jadi tempat nongkrong yang asyik. Dan, Starbucks adalah yang paling terkenal. Gerai kopi asal Amerika ini udah banyak tersebar di seluruh penjuru Ibukota. Makanya, Starbucks sering dijadiin meeting point buat bersenda gurau sama teman-teman atau tempat kerja buat para entrepreneur muda dan freelancer.

via GIPHY

Pada akhirnya, nongkrong di Starbucks udah jadi bagian dari gaya hidup. Padahal, enggak sedikit, loh, uang yang kita keluarin buat secangkir kopi di sana. Apalagi, belum tentu kita minumnya cuma satu cangkir.

Nah, coba, yuk, kita hitung-hitung. Anggap aja rata-rata harga kopi di Starbucks adalah Rp40.000 per cangkir. Kalau selama seminggu (lima hari kerja) beli secangkir kopi di Starbucks, lo menghabiskan Rp40.000 x 5 hari = Rp200 ribu buat biaya kopi. Mungkin belum berasa, ya. Namun, coba lo hitung akumulasi sebulan atau setahun.

1 bulan: Rp200 ribu x 4 minggu = Rp800 ribu

1 tahun: Rp800 ribu x 12 bulan = Rp9,6 juta

Yap, Rp9,6 juta lo habiskan cuma buat secangkir kopi dalam setahun. Banyak, ya! Padahal, gaya hidup itu pilihan, loh. Enggak harus ngopi-ngopi, ada banyak gaya hidup lain yang bisa dilakuin dengan dana segitu. Apa aja, sih?

 

1. Jalan-jalan ke Bali

Jalan-jalan selalu jadi pilihan tepat buat ngebebasin diri dari pekatnya rutinitas. Salah satu tempat yang cocok banget jadi destinasi jalan-jalan lo adalah Bali. Sebagai destinasi favorit Indonesia, Pulau Dewata nyajiin keindahan alam dan budaya yang pas banget buat lo yang muak sama polusi Ibukota.

Nah, sekali weekend trip ke Bali, paling enggak perlu Rp2 juta. Kalau pergi berdua, bisa Rp4 juta. Namun, kalau pergi beramai-ramai dan ambil paket tur, bisa lebih murah. Itu baru hitungan buat perjalanan udara pergi-pulang aja, loh. Belum biaya hidup, oleh-oleh, dan simpanan darurat di sana. Biaya yang diperluin malah bisa jadi enggak terbatas.

 

2. Main Game Pakai Laptop Canggih

Setiap gamer mendambakan pengalaman bermain game yang maksimal. Kalau punya laptop gaming dengan spesifikasi tinggi, lo bisa puas main game tanpa takut laptop jebol. Dengan prosesor yang kuat, kartu grafis yang baik, mekanisme pendinginan yang baik, dan kapasitas baterai yang besar, main game bakal lebih seru!

Laptop gaming dengan spesifikasi tinggi tentu punya harga yang enggak kalah tinggi. Nah, kisaran harganya sendiri di pasaran sangat luas, mulai dari Rp4 juta sampai Rp45 juta. Lo bisa pilih merek Asus, Lenovo, Acer, HP Pavilion, atau MSI. Kalau lo berani nurunin level gaya hidup lo, ngedapatin kepuasan bermain game kayak para gamer yang sering lo lihat di YouTube bukan lagi mimpi semata.

 

3. Beli Sneakers Kece

Sneakes selalu jadi andalan buat tampil kece. Bakal lebih kece lagi kalau lo bisa beli Adidas Yeezy. Yap, Inilah salah satu sneakers yang paling dicari. Harganya sendiri bisa senilai sepeda motor! Harga asli sneakers kolaborasi Adidas dan Kanye West ini sebenarnya sekitar 200 dolar Amerika. Namun, karena produksinya sangat terbatas dan banyak dipakai selebritas papan atas, sneakers ini menjadi ngehit banget. Karena langka, para pemasok pun ngejualnya lagi dengan harga berkali-kali lipat.

Di Indonesia, harga Adidas Yeezy baru yang dijual di toko daring berkisar antara Rp7,5 juta sampai Rp16 juta. Kalau barang second, bisa jadi lebih murah. Nah, kalau lo bisa hemat Starbucks selama setahun, kesempatan memiliki sneakers bergengsi tinggi ini pun terbuka lebar. Asal masih ada stoknya, loh.

 

4. Ngelengkapin Koleksi Action Figures

Kalau lo geeks sejati, action figures karakter favorit udah tentu jadi barang wajib koleksi. Apalagi, action figures bukan sekadar barang pajangan, loh. Koleksi ini bisa juga jadi investasi lo. Sebagai barang koleksi bernilai lebih, udah tentu action figures punya harga yang lumayan nguras kantong. Kalau lo lihat di toko-toko daring, harganya ada yang berkisar ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Salah satu merek action figures yang enggak perlu diraguin lagi adalah Hot Toys. Misalnya, lo demen banget sama Star Wars, mereka punya sepasang action figures Han Solo dan Chewbacca yang harganya sekitar Rp6 juta. Atau, kalau lo lebih suka sama komik Batman, ada koleksi eksklusif karakter Joker yang dihargain Rp7 jutaan. Yap, action figures adalah koleksi bernilai tinggi. Makanya, lumayan sulit buat dapatin dengan harga yang murah. Pokoknya, hati-hati sama barang KW. Kelihatannya, sih, mirip sama barang asli dan harganya pun lebih murah. Namun, kualitasnya tentu beda sama barang asli.

 

5. Beli Kamera buat Vlogging

Menjamurnya media sosial dengan segala sarana dan prasarananya bikin kaum milenial tertarik buat bikin video blog alias vlog. Nah, kalau mau turut berkontribusi dalam fenomena vlogging, lo tentu butuh kamera yang bisa mengakomodasi keinginan lo itu. Bukan sekadar kamera, tentunya, yang lo perluin adalah kamera mirrorless yang punya kemampuan mumpuni dan bikin lo kelihatan kece kalau lo bawa ke mana-mana.

Sebenarnya, lo hemat Starbucks setahun belum tentu bisa beli kamera mirrorless paling canggih. Soalnya, harganya mencapai belasan juta rupiah! Namun, kalau lo pemula, enggak disaranin buat beli kamera-kamera mahal ini. Salah satu produk kamera keluaran Fujifilm yang beredar tahun ini, yaitu X-A3, bisa jadi pilihan tepat. Harganya sesuai banget sama yang lo simpan-simpan karena enggak ke Starbucks selama setahun, sekitar Rp9 juta. Kalau cari toko-toko daring, lo bisa dapat barang second dengan harga lebih murah.

***

Ternyata, ada banyak pilihan gaya hidup yang bisa dijalanin dengan harga kopi Starbucks. Kalau lo enggak bisa enggak ngopi-ngopi, coba aja turunin level gaya hidup lo. Misalnya, lo beralih ke kedai kopi lokal yang harganya bisa separuh dari harga Starbucks. Maka, lo bisa berhemat Rp4,8 juta dalam setahun. Kalau mau lebih ekstrem, beli aja kopi saset. Satu bungkus—dengan harga rata-rata Rp15.000—biasanya berisi 10 saset. Artinya, biaya yang keluarin buat ngopi-ngopi selama setahun Rp360 ribu aja.

Pilihan-pilihan di atas bukan berarti lo jadi enggak gaul karena enggak nongkrong di Starbucks, loh. Namun, lo jadi bisa nentuin prioritas lo. Gaya hidup itu enggak ada batasnya. Jadi, lo sendiri yang nentuin, mau ngopi setiap hari, jalan-jalan ke luar kota, atau beli barang mewah yang lo dambakan? Yang penting, apa pun gaya hidup yang lo jalanin sesuai sama kemampuan lo supaya lo enggak dicap sebagai social climber. Setuju, ‘kan?

via GIPHY

 

*Tulisan ini udah disunting dan disesuaiin sama gaya bahasa Kincir.com.


Metta Anggriani, CFP® adalah seorang Certified Financial Planner dan Founder dari Anggriani & Partners yang telah membantu sejumlah kliennya membuat perencanaan keuangan sejak 2016. Dia memiliki pengalaman kerja dan reputasi yang mumpuni selama lebih dari 15 tahun kariernya di bidang akuntansi, audit internal, dan SDM. Dalam kesehariannya, Metta juga seorang yogini dan senang menggunakan waktu luangnya untuk membaca dan traveling.