Chillax  Travel and Leisure   

Gunung Indonesia Favorit Pendaki

 
Author
Liza Novirdayani Noor
16 May 2017

Pegunungan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini memang jadi magnet yang kuat buat para pencinta jalan-jalan alias traveler. Selain lebih adem dari pantai, orang-orang mungkin milih gunung karena mau menguji adrenalin. “Kira-kira, gua sanggup, enggak, ya, jalan jauh untuk naik gunung?” Mungkin begitu pikir sebagian orang. Namun, ada juga, loh, yang naik gunung karena ngikutin tren aja. Ya, biar dibilang kekinian gitu. Atau, buat nambah-nambahin stok foto yang instagram-able. Nah, lo berada di sisi yang mana, nih, guys?

Kalau menurut Viki, sih, baiknya, walaupun hanya ingin ngikutin tren, seenggaknya lo juga harus bisa sadar diri untuk ngejaga kebersihan di gunung tersebut. Ya, kurang lebih seperti kutipan anak pencinta alam yang biasa kita dengar, “Jangan ninggalin sesuatu kecuali jejak dan jangan ngebawa sesuatu kecuali gambar.”

Maka dari itu, Viki bakalan ngebahas soal beberapa pegunungan di Indonesia yang paling sering dijadiin destinasi. Berikut adalah 10 gunung yang menjadi favoritnya para pendaki.

1. Gunung Papandayan (2.665 mdpl)

Gunung Papandayan merupakan gunung yang pas sekali buat para pemula. Selain pas, Gunung Papandayan ini seperti racun untuk para pendaki pemula. Dijamin, deh, sekali mendaki Gunung Papandayan, bakalan ketagihan mendaki gunung lainnya. Selain itu, jalur Papandayan juga santai banget dan hanya butuh waktu dua jam untuk bisa sampai di puncaknya. Gunung Papandayan juga punya padang edelweiss yang masuk dalam daftar “4 Padang Edelweiss Terbaik Se-Indonesia”. Terus, area berkemahnya sangat luas dan lengkap dengan fasilitas, mulai dari MCK, warung, hingga pasokan air berlimpah. Jadi, enggak susah, deh, kalau lo butuh air. Pemandangan hutan matinya pun juga indah dan enggak kalah kece buat jadi tempat lo foto-foto.

2. Gunung Gede Pangrango (3.019 mdpl)

Lokasi Gunung Gede Pangrango enggak begitu jauh untuk dijangkau para pendaki dari Jabodetabek. Gunung yang merupakan salah satu dari lima taman nasional ini nyajiin pesona alam yang akan bikin lo enggan beranjak dan ngelanjutin pendakian. Salah satu pesona alam Gunung Gede Pangrango yang bisa bikin lo jadi malas untuk lanjut jalan ke puncak yaitu Alun-alun Suryakencana. Pesona alam di sana merupakan salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk nikmatin keindahan bunga edelweiss. Soalnya, enggak semua gunung di Indonesia punya pemandangan seperti ini.

3. Gunung Prau (2.565 mdpl)

Dengan ketinggian segitu, Gunung Prau ini memang enggak terlalu tinggi untuk para pendaki pemula. Selain itu, lo pun akan tersihir dengan pemandangannya yang indah karena banyak banget kejutan yang bisa lo dapat saat lo ngedaki di Gunung Prau. Sebut aja padang rumput berbunga dan bukit-bukit kecil seperti bukit di acara serial Teletubbies, pemandangan indah trio gunung Sindoro-Sumbing-Merapi, Kawah Sikidang, golden sunrise, sampai kejutan view Milky Way yang biasanya nampakin diri pada malam hari. Ayo, mau apa lagi?

4. Gunung Merbabu (3.142 mdpl)

Gunung Merbabu merupakan gunung berapi yang udah enggak aktif sehingga pendakian sampai puncak gunung ini sangat aman. Jika cuaca lagi bagus, pemandangan di puncak benar-benar terlihat istimewa. Gumpalan awan putihnya akan ngebentuk seperti gelombang pantai yang menawan. Salah satu kecantikan terkenal dari Merbabu adalah pemandangan matahari terbaliknya. Sebenarnya enggak benar-benar terbalik, penampakannya aja yang seperti terbalik saat terbenam. Selain itu, juga ada sabana cantik yang bisa lo lewati saat ngedaki.

5. Gunung Semeru (3.676 mdpl)

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pencinta alam, apalagi setelah booming-nya film 5 cm beberapa tahun silam. Gunung yang berada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini punya panorama alam yang sangat indah. Ditambah, ada beberapa danau cantik yang ada di trek pendakian, salah satunya Danau Ranu Kumbolo yang bikin betah berlama-lama dan (hampir) bikin batal muncak! Ada juga Tanjakan Cinta yang legendaris banget, loh. Konon, kalau kita bisa sukses ngelewatin Tanjakan Cinta tanpa noleh ke belakang, cinta kita bakal berbalas. Hmm, percaya enggak percaya, sih.

6. Gunung Andong (1.726 mdpl)

Gunung dengan tipe perisai ini merupakan gunung yang sangat ideal untuk pemula. Soalnya, gunung ini enggak terlalu tinggi dan hanya butuh waktu dua jam untuk lo sampai puncak. Gunung yang enggak memiliki aktivitas vulkanik ini berlokasi di Kampung Sawit, Magelang. Pasalnya, gunung ini bisa dibilang enggak terlalu ekstrem dan cukup aman dibanding gunung lainnya. Letaknya yang ada di sebelah barat Gunung Merbabu bikin gunung ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Enggak hanya itu, lo pun juga bisa menikmati keindahan lanskap Kota Salatiga dan Solo dari puncaknya.

7. Gunung Merapi (2.968 mdpl)

Gunung Merapi adalah gunung yang tergolong sebagai gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang. Gunung ini juga mengundang rasa penasaran para pendaki karena banyak sekali kejadian aneh dan penuh misteri. Gunung Merapi termasuk gunung yang unik, jadi enggak seperti gunung lainnya yang mudah dideteksi oleh para ahli vulkanologi soal kapan gunung ini akan meletus atau tidak. Nah, loh, bahaya juga, ya.

8. Gunung Rinjani (3.726 mdpl)

Gunung Rinjani adalah gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia. Gunung ini juga jadi gunung favorit bagi para pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Rinjani pun menjadi tempat yang cocok untuk menguji kesungguhan cinta. Dua treknya maut banget. Tujuh Bukit Penyesalan-nya adalah trek yang tanpa bonus alias nanjak terus, tapi jalurnya enggak begitu panjang. Nah, kalau Sembilan Bukit Penderitaan, ada bonusnya, sih, tapi jalurnya panjang banget, guys! Pokoknya, hanya orang yang punya kesungguhan hati, deh, yang bisa ngeewatin ini. Pemandangannya pun sungguh indah dan juara! Pemandangan Kaldera Rinjani, Gunung Agung, sebagian sisi Pulau Lombok dan Sumba, adalah suguhan spektakular yang disediain oleh Gunung Rinjani.

9. Gunung Sumbing (3.371 mdpl)

Kondisi alam di sekitar kaki Gunung Sumbing sangat subur sehingga banyak dimanfaatin masyarakat setempat sebagai perkebunan. Seperti halnya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang berdekatan dan disebut gunung kembar, Gunung Sumbing juga memiliki kembarannya sendiri, yakni Gunung Sindoro. Letaknya pun saling berhadapan. Tingginya enggak jauh beda, kondisi alam gunung juga hampir sama. Namun, bagi para pendaki yang sudah naik dua-duanya, trek Gunung Sumbing lebih berat ketimbang Gunung Sindoro. Namun, dua-duanya sama-sama punya pemandangan yang indah sekali.

10. Gunung Sindoro (3.136 mdpl)

Sebagai kembarannya Gunung Sumbing, Gunung Sindoro memiliki bagian spesialnya sendiri. Lokasinya yang ada di antara dua Kota Temanggung dan Wonosobo bakal ngasih lihat pemandangan yang bervariasi buat para pendaki. Di puncaknya, kita bisa melihat jejeran gunung Sumbing, Merbabu, Merapi, Ungaran, Slamet, dan Ciremai.

***

Nah, lo udah pernah ngedaki gunung yang mana nih, guys? Boleh, yuk, bagi pengalaman lo sama Viki di kolom komentar.