Chillax  Travel and Leisure  What's On   

Facebook Bakal Bangun Kota di Dunia Nyata

 
Author
Nural 
10 July 2017

Kita tahu kalau Facebook adalah perusahaan pembentuk dunia maya yang populer. Dunia yang bisa menyatukan seluruh manusia di dunia. Selain itu, sebagai penyedia media sosial, Facebook udah sukses ngebentuk komunitas daring dengan jumlah pengikut sekitar 2 miliar di seluruh dunia.

Bagaimana jadinya kalau Facebook juga membangun dunia di dunia nyata? Yap, kabarnya, perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini berencana menguasai dunia nyata dengan membangun sebuah kota ala Facebook.

Dilansir The Guardian, Facebook bakal bangun sebuah “kota mandiri” yang di dalamnya sudah mencakup perumahan, kantor, pertokoan, hingga hotel. Katanya, ini bukan sekadar wacana karena telah terangkum lewat sebuah proyek besar. Rencananya, daerah Silicon Valley, California, menjadi sasarannya.

via GIPHY

Kabarnya, alasan Facebook membangun kota buatan ini adalah krisis perumahan yang melanda Silicon Valley semakin mengkhawatirkan. Area Silicon Valley memang dikenal mengalami masalah perumahan karena harga rumah yang enggak masuk akal, terkait banyaknya perusahaan teknologi yang terpusat di sana. Enggak hanya warga lokal, karyawan dengan gaji tinggi juga kadang harus pikir panjang buat membeli properti di sana.

Nah, baru-baru ini, perusahaan tersebut mengatakan ingin berinvestasi di Menlo Park, kota yang terletak di 72 kilometer selatan San Francisco, berdekatan dengan markas besarnya. Lahan seluas 56 hektar itu telah dibeli Facebook sejak 2015 lalu dengan biaya 400 juta dolar atau sekitar Rp5,4 triliun.

Dalam area ini, bisa dibangun sekitar 1.500 unit rumah. Nantinya, rumah tersebut bisa dimiliki siapa aja, bukan cuma karyawan Facebook. Sekitar 15% dari jumlah rumah tersebut bakal dijual dengan harga di bawah pasaran.

Membangun suatu kota memang enggak sebentar. Butuh waktu, seenggaknya, satu dekade agar lahan tersebut berubah wujud dari yang semula kosong jadi hidup. Pembangunan kawasan perkotaan Facebook ini bakal dilakuin secara bertahap. Tahap awal, perumahan dan pertokoan direncanakan selesai pada 2021 dan bakal terus dilanjutin hingga benar-benar selesai.

Kira-kira, Facebook punya rencana buat kota di Indonesia, enggak, ya? Soalnya, ‘kan, masih banyak desa tertinggal di Indonesia.

via GIPHY