Chillax   

Bawaan Irit Biar Gesit Saat Travelling

 
Penulis
Cynthia Amanda M.
12 October 2016

Apa sih yang jadi hakikat utama saat traveling? Apakah mempersiapkan segala sesuatunya (tujuan dan barang bawaan) masuk dalam hakikat travelling? Menurut pengakuan beberapa orang, kalo lo menentukan tujuan selama lo keluar kota/negeri, berarti lo bukan traveling, tapi liburan. Padahal, (kalo dipikir-pikir) makna keduanya sama. Ya, cuma beda istilah yang digunain aja. Setuju?

Ditentukan ataupun enggak, sebuah perjalanan adalah sesuatu yang berarti buat yang menjalaninya. Tempat baru bakal selalu ngasih hal-hal yang baru setiap harinya. Bisa dibilang, inti dari travelling adalah pengalaman baru. Mendapatkan pengalaman baru di sebuah tempat tentu bakal jadi hal yang menarik buat diceritakan ke teman atau keluarga.

Untuk mendapatkan pengalaman maksimal saat travelling, tentu dibutuhkan persiapan yang matang. Enggak jarang sebuah perjalanan jadi kacau gara-gara salah membawa barang. Akhirnya, lo jadi KZL sendiri dan enggak bisa menikmati perjalanan lo tersebut. Nah, biar pengalaman travelling lo lancar jaya, Viki bakal berbagi pengalaman tentang barang bawaan yang paling tepat saat travelling.

1. Tulis dan Kelompokin

Untuk lo yang biasa traveling, mungkin enggak terlalu butuh untuk menulis barang bawaan karena sudah hafal dan terbiasa. Nah buat pemula, hal ini bisa lo lakukan untuk mempermudah mencari barang saat perjalanan. Caranya, setelah lo tulis barang yang akan lo bawa, lo bisa mengelompokkan barang bawaan lo dan dimasukkan ke tas/kantong/mini pocket yang berbeda-beda. Misalnya, charger ponsel dikelompokkan dengan charger kamera, atau bekal lo bisa langsung dimasukkan ke dalam tempat makan/minum dan kemudian dimasukkan ke dalam satu kantong khusus untuk peralatan makan.

2. Eliminasi Barang yang Enggak terlalu Penting

Eits, sebelum lo memasukkan barang-barang ke tas/kantong/mini pocket, lo perlu cek lagi barang-barang bawaan lo. Lo bisa mengurangi barang-barang yang sekiranya enggak terlalu dibutuhkan. Selain bikin ribet, barang tersebut juga bakal menambah estimasi waktu lo untuk siap-siap pergi maupun merapihkan barang. Misalnya, lo enggak perlu bawa catokan dan pengering rambut. Soalnya, selain bikin berat, lebih baik memanfaatkan “AC alam” alias angin dan jepit atau ikat rambut andalan lo untuk hair styling. Kamera SLR pun enggak penting dibawa saat travelling, kecuali kalo tujuan travelling lo adalah mencari gambar yang bagus buat dikirim ke lomba foto. Kalo memang mau mendokumentasikan perjalanan lo, gunakanlah kamera yang tersedia di hape. Lagi pula, kualitas foto di hape-hape terkini enggak jelek kok. Selain itu, foto yang diambil menggunakan hape juga bisa langsung lo edit menggunakan aplikasi yang ada di hape.

Dengan menyisihkan barang yang enggak terlalu penting, beban yang lo bawa saat travelling pun bakal berkurang. Alhasil, lo pun bisa meresapi pengalaman di tempat baru secara maksimal. Selain itu, ruang kosong yang ada di tas lo bisa dimanfaatkan buat menaruh oleh-oleh yang lo beli. So, lets your hands free!

3. Sedia Kantong Plastik

Sure, besides it’s a waste, it is also useful! Kalo lo malas membeli kantong plastik khusus travelling, lo bisa pakai kantong bekas belanja. Selain untuk menampung baju kotor, manfaatkan plastik buat naruh baju bersih sebelum dimasukkan ke dalam tas.

Saat bepergian, gulung baju yang sudah disetrika dan dilipat. Pakaian yang sudah digulung bisa lo masukkan ke dalam kantong plastik biasa atau khusus traveling. Setelah itu baru masukkan ke dalam tas ransel. Biar lebih ringkas, tekan baju lo biar udara yang ada di sela baju keluar. Cara tersebut bakal bikin baju lo tetap rapih walaupun tergoncang dalam perjalanan.

4. Prefer Backpack than Any Other Kind of Bag

Because backpack is travel friendly! Dengan ransel, tangan lo bebas dari bawaan yang bikin lo lebih capek karena beban yang lo bawa ada di tangan. Lo pun lebih bebas bergerak dan berpindah-pindah tempat tanpa khawatir tas tertinggal. Perlu dicatat, saat perjalanan jauh, usahakan tas ransel yang lo bawa memadai. Maksudnya, memadai dari segi ukuran dan kualitas. Carilah ransel yang busanya cukup tebal pada bagian pundak. Soalnya, kalo ransel lo tipis, pundak lo bisa lecet.

***

Setelah lo ngasih perhatian lebih sama barang-barang yang mau lo bawa, Viki jamin perjalanan lo bakal jadi salah satu momen terindah dalam hidup lo. Biar makin seru, gunain waktu dan beban yang terselamatkan setelah barang terorganisir buat eksplor hal-hal seru di sekitar tempat lo berada. Entah jalan-jalan ke berbagai tempat wisata, jalan ke tempat oleh-oleh, wisata kuliner, kenalan dengan orang baru, atau cuma duduk di tepi sawah sambil menghirup udara segar. Pokoknya, apapun itu, manfaatkan waktu yang lo punya, untuk sesuatu yang menurut lo berharga. Karena, cuma lo yang akan tahu seberapa berharganya sesuatu, dan cuma lo yang bisa menuangkan hal itu menjadi suatu bentuk komunikasi yang bisa dibagi dan dipelajari. Keep yourself excited to explore!