Chillax  Travel, Leisure, & Places   

7 Festival Musik Paling Seru di Jepang

 
Editor
Tanri Raafani
16 July 2017

Jepang enggak pernah bisa lepas dari yang namanya festival. Selama musim panas, ada ratusan festival yang diadakan di negeri matahari terbit ini. Dari ratusan jumlah festival itu, salah satu yang paling diminati dan selalu ramai dengan pengunjung adalah festival musik.

Sama kayak festival-festival musik di Barat, festival musik ini biasanya ramai dengan orang-orang yang ingin santai, berjemur, dan tentunya ingin jingkrak-jingkrakan nikmatin musik yang asyik. Musik yang disajikan juga bergantung festivalnya. Ada festival yang khusus buat genre tertentu, ada juga yang mendatangkan band-band populer dari berbagai genre.

via GIPHY

Ada kesamaan, ada juga perbedaannya. Meski enggak begitu populer kayak Coachella atau Woodstock, festival musik di Jepang dikenal punya budaya yang lebih terbuka dibanding festival-festival musik lainnya. Keterbukaan ini bisa dilihat dari keberagaman genre serta banyaknya musisi indie yang bisa manggung di sana.

Nah, di antara banyak festival musik yang ada di Jepang, Viki bakal pilih tujuh festival musik terbaik yang bakal bikin lo enggak sabar buat rencanain liburan ke Jepang. Goran kudasai!

 

1. Fuji Rock

Fuji Rock jadi salah satu festival musik paling populer dan wajib banget didatangin kalau lo orangnya concertgoers banget. Sesuai dengan namanya, festival ini biasanya diadakan pada 25—27 Juli setiap tahunnya di lereng Gunung Fuji. Festival ini pertama kali diadain pada 1997.

Pada 1999, festival ini berpindah venue ke Naeba Ski Resort di Yuzawa, Niigata, hingga sekarang. Fuji Rock ini selalu ditunggu kehadirannya karena selalu diramein sama musisi-musisi terkenal kayak Sigur Ros, Red Hot Chili Peppers, Beck, Bjork, dan Arcade Fire. Sedangkan, untuk tahun ini, Bjork kembali tampil dengan musisi-musisi beken lainnya, kayak Lorde dan Major Lazer.

 

2. Summer Sonic

Bisa dibilang, Summer Sonic ini jadi festival musik terbesar, terpopuler, dan yang paling "pecah". Makanya, penggemar musik dan pelancong dari seluruh dunia rela datang tiap tahunnya buat acara ini. Musisi yang datang pun dari beragam genre, mulai dari rock, pop, hingga elektronik.

Tahun ini, Summer Sonic kedatangan Calvin Harris, Foo Fighters, Black Eyed Peas, dan masih banyak lagi. Festival ini diadain secara serentak di Tokyo dan Osaka selama tiga hari pada Agustus. Gelaran ini "pecah" dan ramai banget! Saking ramainya, lo enggak bakal menyaksikan semua penampilan musisi yang ada di sana. Makanya, lo kudu ngerencanain siapa aja yang bakal lo tonton biar lo bsia dapat posisi enak pas nonton band favorit lo.

 

3. Tokyo Idol Festival

Sesuai namanya, festival ini didedikasikan spesial buat grup idol terkenal di Jepang dan jadi surganya para WOTA alias penggemar fanatik grup idol Jepang. Festival ini diadain sejak 2010 dan diadakan di Tokyo, Jepang.

Biasanya, TIF diadain setiap Agustus dan jadi salah satu yang bikin Tokyo jadi ramai sama WOTA. TIF juga dikenal dengan atmosfer hangatnya lewat dekorasi warna-warni serta jajaran idol yang bikin WOTA enggak mau pulang dari sana.

 

4. Rock in Japan Festival

Rock in Japan ini cocok banget buat penggemar J-Rock atau pun J-Pop. Genrenya memang sama kayak festival musik di Jepang yang lain. Bedanya, di saat festival lain ngedatangin musisi-musisi populer Barat, RIJ konsisten selalu ngejadiin band/musisi asli Jepang sebagai headliner. Contohnya seperti BABYMETAL, Capsule, dan Mr. Children. Festival ini diadain setiap Agustus dan berlangsung selama dua minggu dengan venue di Prefektur Ibaraki.

 

5. GreenRoom Festival

Festival musik yang diadain di Red Brick House Yokohama setiap Mei ini cocok banget buat lo yang anak pantai banget. Musik-musik yang bisa lo nikmatin punya ragam yang lebih "santai", kayak jazz, swing, reggae, dan musik ala-ala pantai, dibandingin sama mayoritas festival musik Jepang yang lebih "nge-rock".

Atmosfernya pun terasa lebih romantis karena penuh dengan dekorasi lampu yang indah dan warna-warni di malam hari. Di saat bersamaan, lo bisa nikmatin festival film kecil yang diadain di seberang venue GreenRoom festival ini.

 

6. Re:Birth

Beda sama festival-festival musik Jepang yang biasanya diadain pada Juli dan Agustus, Birth Music Festival termasuk yang lebih dulu diadain, tepatnya pada Mei. BMF ini nampilin musik EDM dan house.

Sama kayak GreenRoom Festival, BMF juga diadain di pinggir pantai, tepatnya pantai Futtsu Misaki di Chiba. Untuk tahun ini, pihak penyelenggara mindahin venue dari pantai ke pegunungan, tepatnya kawasan kuil Nihon-ji yang dikenal dengan patung Buddha raksasanya.

 

7. Sukiyaki Meets the World

Sesuai namanya, festival ini dikenal dengan keterbukaan serta keberagamannya. Hal itu bisa dilihat dari musisi-musisi dari ragam bangsa dan negara, seperti Asia, Afrika, hingga Amerika Latin.

SMTW ini juga termasuk festival "senior" di Jepang, dengan acara perdananya yang diadain pada 1991. Festival ini diadain setiap Agustus (biasanya tanggal 22—24) dengan venue Nanto Helios yang berada di Nanto-shi, Toyama.

***

Nah, di antara tujuh festival musik seru tadi, Viki saranin lo datang ke Summer Sonic tahun ini. Soalnya, Viki punya rekomendasi tiket murah dari HIS Travel. Penawaran tiket ini udah mencakup tiket pesawat, akomodasi, dan tiket masuk Summer Sonic 2017. Lo juga enggak perlu takut mati gaya di sana karena HIS Travel nyediain pocket Wi-Fi yang udah termasuk di dalam paketnya. BTW, lo enggak bakal nonton sendirian. Soalnya, HIS Travel juga udah mintain sejumlah sosok selebritas beken Indonesia buat nemenin lo. Asyik banget, 'kan?

Penawaran HIS ini juga bakal disesuain sama bujet dan kebutuhan lo. Biar lo enggak penasaran, lo bisa kepoin langsung detailnya di halaman ini. Biar lebih detail, lo juga bisa nelepon langsung ke nomor 021-5741701. Yuk, beli tiketnya dari sekarang sebelum kehabisan!