Chillax  Travel, Leisure, & Places   

7 Barang Sehari-hari yang Multifungsi saat Traveling

 
Author
Nural 
30 July 2017

Akhir pekan telah tiba! Banyak yang mikir bahwa traveling itu butuh waktu liburan yang lama alias enggak cukup kalau dilakuin pas akhir pekan. Nyatanya, walaupun akhir pekan cuma sebentar, lo udah bisa traveling singkat, loh. Lumayan buat ngurangin kepenatan lo selama lima hari sebelumnya.

via GIPHY

Biasanya, ketika nyiapin perlengkapan traveling, lo mungkin bakal berpikir harus bawa kacamata hitam, topi, kamera, dan sebagainya. Namun, ada kalanya lo lupa kalau lo juga harus bawa barang-barang yang bisa mudahin lo saat traveling. Enggak bisa dimungkirin, traveling yang menyenangkan pun dibutuhkan kehati-hatian. Soalnya, kejahatan atau bahaya bisa aja mengintai lo.

Nah, kali ini, Viki mau kasih masukan buat lo yang bakal ngelakuin traveling. Lo butuh nyiapin enam benda sehari-hari ini biar jalan-jalan lo makin menyenangkan.

 

1. Pakaian atau Kain

Pakaian udah pasti dibawa ketika traveling. Kebanyakan nganggap pakaian hanya sebagai ganti ketika baju yang dikenakan udah kotor. Nyatanya, bukan sekadar salinan. Pakaian juga punya manfaat buat ngelindungin barang-barang lo. Lo bisa nutupin barang-barang berharga lo di tas biar enggak gampang dicuri orang lain.

Sebenarnya, selain pakaian, lo juga bisa pakai kain syal, kain buff, atau selimut. Caranya, tutupin atau selimutin barang berharga lo di dalam tas dengan kain. Nah, kalau kain buff (sejenis bandana multifungsi) enggak hanya bisa dijadiin sebagai pelindung barang berharga, tapi juga bisa lo gunakan buat fungsi-fungsi lainnya, kayak alat pengikat.

 

2. Kantong Sampah

Kantong sampah atau yang biasa dikenal dengan trash bag biasanya cuma digunakan buat ngumpulin sampah-sampah yang lo hasilkan kalau enggak ada tempat sampah di sekitar. Selain itu, biasanya benda ini bisa dijadiin buat tempat naruh pakaian kotor atau jas hujan darurat, juga sebagai selimut darurat ketika suhu dingin. Soalnya, bahan kantong sampah bisa nyerap panas.

Nyatanya, kegunaan kantong sampah enggak sesederhana itu. Banyak traveler, khususnya yang bepergian ke alam liar, ngerekomendasiin kantong sampah sebagai pelapis perban luka karena bisa nahan darah biar enggak keluar. Selain itu, lo bisa jadiin sebagai bantal dadakan dengan cara mengisinya dengan dedaunan. Kreatif, ya!

 

3. Selotip Lakban

Barang ini biasanya jarang dibawa oleh para traveler. Soalnya, selain enggak ada kegunaannya, juga ngeberatin tas. Jangan salah, nyatanya, kegunaan selotip lakban enggak cuma ngerekatin sesuatu, tapi juga berfungsi buat keamanan dan kesehatan.

Lo bisa gunain selotip lakban buat ngerekatin perban, ngelindungin sepatu biar jadi tahan air, atau nandain jalan lo ketika menyusuri hutan. Kalau enggak mau jejak lo terlacak, lo bisa gunain dengan cara nutupin telapak sepatu menggunakan selotip lakban. Ini berguna saat lo ngerasa diikutin orang asing. Nah, buat lo yang senang traveling di hutan dan alam liar, benda ini bisa digunain buat ngelindungin tubuh biar enggak digigit ular, lecet, atau tertusuk duri.

 

4. Kunci atau Pulpen

Kunci atau pulpen merupakan benda yang sering dibawa saat traveling, tapi dinilai sekadar menuh-menuhin tas. Benda tersebut hanya digunakan sesuai fungsinya. Padahal, ada kegunaan lain yang bisa dimanfaatin, khususnya sebagai perlindungan diri.

Ketika harus berjalan sendirian di malam hari, lo bisa nyelipin benda tajam ini di sela-sela jari. Jadi, saat ada orang jahat yang nyerang, lo bisa langsung ngelawan dengan ngarahin tinju di bagian tubuhnya yang vital kayak tenggorokan dan mata. Selain buat ngelindungin diri, kunci dan pulpen juga bisa ngebantu lo motong plastik atau kain pada saat diperlukan ketika lo enggak punya benda tajam lain buat motong.

 

5. Peluit

Benda satu ini jarang banget dipikirin para traveler. Biasanya, benda ini dibawa oleh pemandu wisata kelompok anak-anak buat ngatur komando. Nyatanya, buat lo yang traveling cuma berdua atau sendirian, benda ini juga berguna, loh!

Sama kayak kunci atau pulpen, peluit bisa lo bawa buat alasan perlindungan. Ketika ngelihat ada potensi kejahatan di sekitar, lo bisa niup peluit sekencang-kencangnya biar bunyi nyaringnya bakal menarik perhatian orang banyak dan bikin pelaku kejahatan panik. Nah, kalau lo sedang bertualang di hutan, bunyi peluit juga bisa bikin hewan-hewan yang mengancam lo jadi stres dan kabur.

 

6. Insting

Terakhir, ini adalah hal yang harus lo bawa saat traveling dan bisa jadi “barang” yang paling multifungsi, ditambah enggak menuh-menuhin tas lo. Yap, insting. Setiap orang pasti punya insting. Kalau lo enggak yakin dengan insting lo, lo bisa ngandalin insting partner traveling lo. Hal itu bakal mantapin langkah ketika tersesat.

Kalau lo ngerasa ada yang enggak beres dengan tempat traveling lo atau ada hal yang bikin lo enggak nyaman selama perjalanan, enggak perlu maksain diri buat ngelanjutin perjalanan. Bagaimanapun, keselamatan dan kesehatan itu jauh lebih penting. Walaupun terkesan misterius, insting merupakan pelindung terbaik kalau lo bisa menggunakan dan memercayainya.

***

Sebenarnya, traveling bukan hanya ngelepasin rasa penat. Lebih dari itu, lo juga butuh persiapan lebih biar lo tetap nikmatin perjalanan dengan rasa aman dan nyaman. Barang-barang yang udah Viki sebutin di atas gampang, kok, didapatinnya. Pasti ada di rumah lo. Enggak perlu repot pergi ke toko alat-alat keselamatan, jadiin aja enam benda di atas sebagai daftar perlengkapan traveling lo!

via GIPHY

Akhir kata, selamat bertualang, guys!