Chillax  Travel, Leisure, & Places   

6 Spot di Dieng dengan Panorama Memukau

 
Author
Nural 
02 August 2017

Pelancong Indonesia mana, sih, yang enggak tahu Dataran Tinggi Dieng? Tempat ini beberapa tahun belakangan jadi tempat yang instagramable dengan kecantikan alam yang luar biasa. Bisa dibilang, jadi salah satu destinasi liburan idaman di Indonesia. Dieng yang berada di antara Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara ini mampu mengadirkan pemandangan alam yang sungguh luar biasa. Pasalnya, lokasinya berada persis di sebalah barat Gunung Sindoro dan Sumbing. Kalau lo pernah ke sana, pasti pengen balik lagi.

via GIPHY

Kabarnya, Dieng sering disebut sebagai tempat dewa. Namanya merupakan penggabungan dari kata di dan hyang, bermakna sebagai tempatnya para dewa. Jadi, kebayang, dong, bagaimana indahnya alam Dieng?

Nah, buat lo yang belum pernah ke Dieng dan berencana ke sana, berikut Viki kasih tahu spot mana aja yang bikin lo betah dan terpukau.

 

1. Telaga Warna

Dari namanya aja udah ketahuan kalau air telaga ini memiliki warga yang berbeda-beda. Menurut cerita yang berkembang, warna di permukaan telaga tersebut muncul karena pernah ada cincin sakti milik bangsawan yang jatuh ke telaga tersebut. Namun, kalau secara ilmiah, warna yang berbeda dari telaga tersebut terjadi karena pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga.

Telaga Warna jadi salah satu destinasi wisata andalan di Dieng. Menariknya, air dalam danau ini bisa berubah-ubah karena sinar matahari dengan dominasi warna hijau, biru laut, dan putih kekuningan. Kalau ingin melihat keseluruhan telaga ini, lo bisa mendaki ke puncak bukit yang ngelilingin telaga tersebut. Di daerah tepian telaga, ada balkon yang bisa digunain buat duduk-duduk santai nikmatin keindahan telaga ini.

 

2. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah di Dieng yang jadi tujuan favorit para pelancong. Sebenarnya, Sikidang bukan satu-satunya kawah di Dieng. Ada juga kawah Kawah Sileri dan Kawah Candradimuka. Kawah ini terbentuk dari letusan gunung api pada zaman dulu. Namun, baru-baru ini, salah satu kawah tersebut ditutup karena ada letusan material dari kawah tersebut yang berbahaya.

Diberi nama Sikidang karena kolam magma di kawah ini sering berpindah-pindah seperti kidang (bahasa Jawa hewan kijang). Kawah Sikidang jadi favorit karena kawah ini cukup aman buat dikunjungin. Soalnya, kandungan belerangnya enggak setinggi Kawah Sileri dan Candradimuka. Apalagi, pemandangan asap yang senantiasa mengepul ke udara jadi pemandangan alam yang cukup menarik buat disaksikan. Kalau ke sini, lo bakal ngerasa kayak di welcome signSilent Hill atau Hutan Mirkwood yang berkabut dalam film The Hobbit.

 

3. Batu Ratapan Angin

Selanjutnya, Batu Ratapan Angin merupakan tempat wisata dengan sebuah tebing yang terletak berdekatan dengan Telaga Warna kawasan Dieng Plateau. Tempat ini juga jadi salah satu favorit wisata Dieng. Selain pemandangannya yang indah yang cocok buat feeds Instagram lo, di tempat ini lo bisa melihat Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Bisa kebayang, dong, bagaimana memukaunya panorama dua buah telaga dari ketinggian?

Sayangnya, butuh tenaga ekstra buat mencapai tempat ini. Memang, sih, enggak mudah buat mencapai tempat yang luar biasa tanpa pengorbanan. Setelah sampai di atasnya, semua perjuangan lo sampai di atas bakal terbayar dengan keindahan yang tersaji di tempat ini. Batu Ratapan Angin juga sering disebut dengan Batu Pandang Dieng.

 

4. Bukit Teletubbies

Gunung Prau dikenal sebagai puncak paling tinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Dari sini, lo bisa ngelihat bukit-bukit lain yang lebih rendah dalam kawasan Dataran Tinggi Dieng. Gunung Prau memiliki puncak yang sangat indah berupa padang rumput yang berbentuk memanjang.

Nah, menariknya, di Gunung Prau ada kumpulan bukit hijau yang sering disebut sebagai Bukit Teletubbies. Disebut demikian karena memang persis kayak latar di serial TV Teletubbies yang pernah tayang di Indonesia akhir 1990-an. Kalau lo tertarik pengen bikin program acara Teletubbies versi Indonesia, lokasi ini cocok banget buat syuting!

 

5. Kompleks Candi Arjuna

Selain pemandangan alamnya yang memukau, Dataran Tinggi Dieng juga nawarin wisata sejarah dan budaya lewat bangunan-bangunan candi yang tersebar di beberapa titik. Nah, salah satu tempat yang cukup terkenal buat ngelihat bangunan candi di Dieng adalah Kompleks Percandian Arjuna. Kompleks percandian ini terdiri atas beberapa candi. Candi yang paling terkenal adalah Candi Arjuna yang masih berdiri kokoh.

Dulunya, tempat ini merupakan kompleks percandian Hindu. Letaknya yang berada di lembah dan dikelilingin banyak bukit bikin suasana dan pemandangan di sana sangat indah. Enggak panas kayak di Candi Prambanan atau Borobudur. Apalagi, antara Juni hingga Agustus setiap tahun, tempat ini digunain buat pelaksanaan Dieng Culture Festival, tradisi yang spektakuler yang berfilosofis.

 

6. Bukit Sikunir

Terakhir, tempat paling terkenal di Dieng dan jadi idaman para traveler adalah puncak Bukit Sikunir. Yap, tempat ini merupakan tempat terbaik buat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang indahnya luar biasa. Saking indahnya, banyak yang menyebut sunrise di Bukit Sikunir ini sebagai Golden Sunrise. Bahkan, digadang-gadang sebagai sunrise terbaik di Indonesia.

Sebelum mencapai Bukit Sikunir, lo bakal dihadapkan dengan pemandangan luar biasa dari Danau Cebongan. Di sekitar danau ini, terdapat camping ground, tempat para traveler berkemah sebelum mendaki ke Bukit Sikunir buat ngelihat matahari terbit. Di tempat ini, ada Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa. Di tempat ini juga, lo bisa lihat Bimasakti yang memukau. Makanya, jadi tempat komunitas astronomi kayak HAAJ ngadain acara kemah bintang.

Lo bakal dimanjain dengan pemandangan yang spektakuler berupa cahaya jingga matahari pagi yang memancar melalui puncak-puncak bukit dan gunung, ditambah gumpalan awan yang terlihat kayak deburan ombak di kejauhan. Saking bagusnya, demi mendapatkan pemandangan Golden Sunrise, para pengunjung rela ngelawan hawa dingin dengan suhu 6—10 derajat Celcius.

***

Dari enam tempat tersebut, semua jadi favorit para traveler. Kalau berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng, lo wajib datang ke destinasi-destinasi ini. Jangan lupa, siapin diri dengan maksimal biar enggak kedinginan. Nah, dari enam spot yang udah Viki sebutin, mana yang lo pengen banget kunjungin?

via GIPHY