Chillax  Travel, Leisure, & Places   

6 Lokasi Paling Mematikan di Dunia

 
Author
Ezra Caya
01 June 2017

Memang, Bumi ini seakan enggak pernah berhenti ngasih kejutan. Terkadang, kita dibuat takjub akan keindahan berbagai lokasi wisata yang kita kunjungi. Ada pula saatnya kita dibikin bergidik dengan misteri yang disimpan. Salah satu tempat misterius yang sering kita dengar adalah Segitiga Bermuda. Nah, berikut ini Viki akan ngasih contoh lokasi lain yang menyeramkan. Mudah-mudahan lo enggak ke sini, ya.

1. Danau Natron, Tanzania

Kalau lihat foto-fotonya di Google, mungkin lo bakal tertarik buat bisa ke sana suatu hari nanti. Namun, lo harus buang mimpi itu jauh-jauh. Soalnya, danau ini berbahaya banget!

Kerak garam alkali yang terkandung di air danau bisa bikin makhluk hidup jadi mengeras dan kering layaknya batu. Selain itu, bau hidrogen sulfidanya yang sangat kuat juga berbahaya buat pernapasan. Jadi, tempat ini amat enggak disaranin buat lo kunjungin. Kalau lo maksa buat berkunjung ke sana, siap-siap aja jadi batu kayak Malin Kundang.

2. Gurun Danakil, Ethiopia

Yang satu ini disebut-sebut sebagai nerakanya Bumi. Soalnya, suhu panasnya ngelewatin 50 derajat Celcius. Di gurun ini juga terdapat gunung berapi Erta Ale yang sangat aktif dan danau lahar panas terbesar di Dunia.

Meski dianggap mematikan, Gurun Danakil tetap ada penghuninya, yaitu Suku Afar. Suku itu adalaj salah satu suku asli yang hampir punah. Beberapa petualang serta ahli geologi ternama juga pernah mencoba datang untuk merasakan suhu ekstrem Gurun Danakil secara langsung. Hasilnya? Mereka merasa tersiksa. Lo tertarik?

3. Blue Lakes, Rusia

Apa rasanya menyelami danau yang gelap dan dingin, tanpa lo tahu ujungnya di mana? Nah, inilah gambaran sederhana betapa menyeramkannya danau karst (batuan kapur yang berpori) ini. Enggak ada sungai yang mengalir ke danau ini. Sumber airnya, ya, dari danau ini sendiri.

Hingga saat ini, enggak ada yang tahu pasti kedalaman Blue Lakes karena belum ada satu penyelam pun yang bisa ngukur. Banyak yang nyerah, bahkan beberapa orang menghilang alias enggak pernah kembali ke permukaan. Informasi yang bisa didapat hanyalah ada banyak sekali saluran gua bawah air.

4. Taman Nasional Tsingy de Bemaraha, Madagaskar

Taman nasional ini bukan tanaman cantik dengan binatang yang unik di dalamnya. Seluruh area di Tsingy de Bemaraha dipenuhi oleh hutan batu tajam seperti jarum. Di beberapa titik, tingginya bisa mencapai hingga 120 meter. Seram banget, ‘kan?

“Batu jarum” tersebut terbentuk akibat kikisan air hujan yang sering melanda area tersebut. Lama-lama, terbentuklah hutan batu kayak sekarang. Di sana, nyawa kita enggak hanya terancam oleh bebatuan tersebut, tapi juga spesies liar dan berbahaya yang bisa lo temui sewaktu-waktu.

5. Tambang Hodge Close, Inggris

Tambang batu tulis yang satu ini lama dikenal sebagai area penyelaman bagi mereka yang mau menantang maut. Mengapa? Soalnya, area tersebut punya jaringan ratusan gua yang cuma memiliki satu akses yang berfungsi sebagai jalan masuk sekaligus jalan keluar.

Enggak heran banyak banget orang jadi korban maut area ini. Misteri pun seakan makin menyelimuti Hodge Close tatkala beredar foto tampak atas wilayah ini yang disebut-sebut menyerupai bagian tengkorak kepala manusia.

6. Taman Nasional Madidi, Bolivia

Penduduk lokal yang mendiami area Taman Nasional Madidi ini seakan-akan bertarung dengan maut. Pasalnya, area tersebut penuh dengan hewan dan tanaman beracun yang mematikan. Jadi, kalau lo ke sini, jangan sembarangan pegang-pegang sekeliling lo.

Pada 1999, fotografer Joel Sartore beserta kru ekspedisi ngunjungin tempat ini buat mengabadikan kehidupan penduduk lokal. Di sana, Joel nemuin cewek yang ngeluarin larva lalat dari dalam kulitnya. Joel dan krunya pun terjangkit jamur parasit akibat kontak fisik dengan tanaman beracun di sana. Joel sendiri kemudian diketahui mengidap leishmaniasis, yakni penyakit larva lalat yang hidup di sekujur tubuh manusia dan menggerogoti bagian tubuh kita.

***

Enam lokasi yang di atas cuma sebagian kecil dari banyaknya lokasi berbahaya lain di Bumi. Buat lo yang bernyali tinggi, berani buat coba datangin salah satunya?