Geeky  Character   

6 Teori Asal-Usul Rey Starwars

 
Author
Briantiko Aji
12 February 2016

Akhir tahun lalu kita dibikin tercengang dengan sosok misterius bernama Rey. Penampilan Rey yang memukau jadi obat KZL karena Kylo Ren dan Finn yang digemborkan di trailer belum sesuai ekspektasi kita. Kemunculan Rey jelas membuat fans Starwars bertanya-tanya. Kenapa dia bisa menggunakan force? Apa dia jeturunan jedi? Atau memang ditakdirkan sebagai jedi? Nah, dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, Viki pun mau beberin beberapa teori masuk akal yang mungkin baru bisa kita dapatkan jawabannya di akhir trilogi.

1. Adik Seperguruan Kylo Ren

Kylo Ren atau dikenal juga dengan sebutan Ben, merupakan ksatria Dark Side yang punya salah satu lightsaber paling unik di sepanjang seri Star Wars. Emang ViKi akuinkalo lightsaber-nya Kylo Ren itu keren. Pas banget sama tampangnya yang gahar dan misterius.

Teori yang berkembang bilang kalo Ben punya saudara seperguruan waktu berlatih bersama Luke Skywalker yang bernama Rey. Sementara Ben berubah menjadi pengagum kakeknya—Darth Vader—Rey yang kemudian “dibuang” di Jakku menjadi scavenger liar. Tapi, Rey kecil sepertinya ingatannya terhapus, makanya doi enggak ingat. Enggak heran pada akhirnya dua-duanya punya kekuatan yang sangat dahsyat, melihat guru mereka adalah jedi terakhir yaitu Luke Skywalker.

2. Putri Luke Skywalker

Teori kedua yang mungkin saja benar adalah teori bahwa Rey merupakan putri dari Luke Skywalker. Seperti kita tau, Rey mendapatkan panggilan dari lightsaber milik Luke yang dulunya merupakan milik Anakin. Karena hal ini juga Rey akhirnya mendapatkan banyak gambaran mengenai R2-D2. R2-D2 merupakan droid yang sangat loyal kepada keluarga Skywalker. Anehnya ketika Rey menemukannya dalam keadaan mati atau tertidur, dengan seketika R2-D2 bangun. Bisa jadi karena dia merasakan kehadiran keluarga Skywalker. Teori ini sebenarnya lumayan didukung dengan pernyataan Maz Kanata yang bilang kalo dia sudah hidup cukup lama buat ngeliat mata yang sama pada tubuh orang yang beda.

3. Keturunan Obi-wan Kenobi

Ketika mendapatkan panggilan dari lightsaber milik Luke, Rey mendengar suara Obi-Wan Kenobi yang mengatakan kalo ini merupakan langkah awal buatnya. Obi-Wan memintanya untuk jangan takut menghadapi tantangan di depannya.

Roh Obi-Wan ini juga yang dulu sempat membimbing Luke sebagai jedi. Selain itu, dalam bimbingan force ini Rey melihat bayangan masa kecilnya di Jakku ketika ditinggalkan kedua orang tuanya tanpa alasan yang jelas. Gambaran lain yang muncul adalah peperangan antara jedi dan pasukan Kylo Ren. Ini merupakan petunjuk bahwa teori Rey keturunan Obi-Wan benar adanya. Seakan-akan roh Obi-Wan sedang membimbing Rey untuk mendapatkan gambaran mengenai masa lalunya. Jika dihitung secara usia, bisa jadi Rey merupakan cucu Obi-Wan Kenobi.

Hal tersebut didukung dengan aksen British yang digunakan Rey di Starwars. Cuma 2 karakter manusia yang menggunakan aksen British. Dan kecil kemungkinan itu cuma kebetulan karena artis Inggris yang bermain di Starwars bukan cuma Rey dan Obi-Wan. Qui-Gon Jinn (Liam Neeson) dan Finn (John Boyega) pun berasal dari Inggris tapi mereka beraksen Amerika. So, teori Rey adalah keturunan Obi-Wan tuh bisa aja benar adanya.

4. Reinkarnasi Anakin Skywalker (Darth Vader)

Jika teori ini benar, maka Abrams cuma mengulang cerita Anakin. Rey digambarkan kayak sosok Anakin pas kecil. Bisa menggunakan force tanpa ada yang ngajarin, suka dan bisa ngotak-ngatik mesin, dan jago gunain speeder. Tiga hal itu identik dengan Anakin yang digambarkan di episode 1. Pernyataan Maz Kanata ke Han Solo tentang Rey juga bisa dijadikan dasar teori reinkarnasi ini. Ya, meski pernyataan itu rada abu-abu karena bisa merujuk ke beberapa teori.

5. Putri Han Solo & Leia Skywalker

Teori terakhir ini agak benar juga sepertinya. Kisah keturunan kembar Han Solo dan Leia ada pada Expanded Universe. Di dalamnya diceritakan bahwa mereka berdua mempunyai keturunan kembar bernama Jacen dan Jaina Solo. Pada akhirnya Jacen jatuh ke tangan Dark Side sementara Jaicen mengikuti jalan Light Side.

Jika didasarkan pada kisah itu lantas ditambah cerita tentang Rey dan Ben sebagai padawan Luke, sebenarnya sudah terlihat sambungan ceritanya. Maka enggak heran kalo saat berbicara dengan Han Solo, Rey sangat nyaman dan memiliki kesamaan dalam banyak hal dengan Han Solo. Pertemuannya dengan Leia pada akhir film juga sangat mengharukan dan memperlihatkan gestur bahwa keduanya merupakan ibu dan anak. Satu-satunya keganjilan adalah mengapa tiga-tiganya enggak saling ingat. Mungkin ini juga disengaja oleh Abrams agar kita terus mencari tau kali ya.

6. Scavenger Biasa

Teori terakhir mungkin Viki anggap sebagai teori mentok. Viki rasa, bisa jadi Rey bukanlah keturunan jedi terdahulu. Dia hanya ditakdirkan untuk menjadi the next jedi in the galaxy. Yang mendukung teori ini cuma judul film yang diartikan sebagai force baru yang datang untuk menyelamatkan galaksi. Dan sebenarnya, judul itu pun masih jadi misteri. Apakah pengguna force yang dimaksud itu Rey? Atau malah Kylo Ren dan Finn yang lumayan disorot dari awal sama Abrams buat ngewakilin trailer-trailer Starwars: The Force Awakens? Hmmm, makin penasaran kan.

***

Menurut lo, masuk akal enggak enam teori di atas? Atau lo punya teori tersendiri? Kalo ada teori lain, obrolin bareng Viki di komunitas Starwars yang ada di Kincir yuk.